Info Lengkap Pembuatan Bawang Merah Goreng beserta Harga di Pasaran

Bagi yang gemar masakan berkuah pasti tak ingin melewatkan untuk menambahkan sejumput bawang goreng di mangkuk Anda. Hal ini lantaran kehadiran bawang merah goreng yang krispi berperan sebagai pelengkap hidangan sekaligus mampu menambah selera makan. Biasanya bawang goreng merah juga dikemas dalam berbagai bentuk dengan harga yang bervariasi di pasaran.

Bawang goreng (sumber: titipku.com)
Bawang goreng (sumber: titipku.com)

Seperti namanya, bawang goreng terbuat dari irisan tipis bawang merah yang kemudian digoreng dengan minyak panas. Meski terlihat mudah, namun ternyata membuat bawang goreng memerlukan langkah dan trik khusus untuk menghasilkan bawang yang renyah. Jika Anda mengolah bawang kurang tepat, maka akan menghasilkan bawang goreng merah yang bertekstur lembek, berminyak, bahkan bercita pahit karena gosong.

Bacaan Lainnya

Beberapa tips yang perlu diperhatikan selama pembuatan bawang goreng meliputi pemilihan bawang hingga pembuatan adonan tepung. Anda harus memilih bawang merah yang berukuran besar dengan kadar air rendah. Dalam proses pemotongannya juga jangan sembarangan, sebab bawang yang diiris terlalu tebal akan membuat teksturnya menjadi lembek.

Untuk menghasilkan irisan tipis, Anda dapat menggunakan slicer atau alat pengiris bawang agar semakin praktis. Kemudian Anda dapat mendiamkannya dalam wadah secara merata selama selama satu hingga dua jam. Langkah ini untuk mengurangi kadar air dalam bawang tadi.

Baca juga  Info Terbaru Harga d’BestO (Satuan dan Paket)

Pembuatan adonan tepung bawang goreng, Anda perlu menyiapkan sejumlah bahan. Mulai dari air, garam, dan tepung maizena. Ketiga bahan ini harus disesuaikan dengan jumlah bawang merah yang akan digunakan. Untuk memulainya, pastikan irisan tipis bawang merah yang sudah disiapkan di wadah sebelumnya telah berkurang kadar airnya. Sehingga, bawang merah goreng Anda nantinya dapat dipastikan bertekstur renyah.

Langkah berikutnya, Anda dapat mencampurkan satu sendok garam dengan satu liter air, kemudian rendam bawang tersebut ke dalamnya setidaknya selama 30 menit. Setelah itu, taburkan secara perlahan tepung maizena sebanyak satu sendok untuk satu kilogram bawang merah dan diamkan selama beberapa menit.

Anda tak diperkenankan langsung menggoreng bawang, sebab Anda harus mengeringkannya kembali sekitar satu sampai dua jam. Seperti rumus di awal, kadar air dalam bawang harus benar-benar sedikit. Dalam menggorengnya pun, sejumlah hal perlu diperhatikan meliputi penggunaan api kecil agar tidak cepat gosong. Selama bawang merah digoreng, Anda harus mengaduk secara merata sampai terlihat keemasan. Anda juga wajib meniriskan bawang merah goreng, sehingga kandungan minyaknya berkurang.

Harga Bawang Goreng di Pasaran

Bawang goreng (sumber: whiskaffair.com)
Bawang goreng (sumber: whiskaffair.com)
Toko Online Ukuran Harga (Rp)
Blibli 100 gram 26.000 – 65.000
250 gram 30.000 – 60. 000
300 gram 63.000 – 65.000
500 gram 85.000 – 115.000
1 kg 119.000 – 150.000
Tokopedia 100 gram 22.000 – 32.000
250 gram 40.000 – 80.000
500 gram 45.000 – 115.000
1 kg 67.000 –  120.000
Shopee 100 gram 15.000 – 43.000
150 gram 30.000
250 gram 41.000
500 gram 48.000 – 68.000
1 kg 80.000 – 95.000
Baca juga  Fungsi dan Update Harga SikaBond NV (10 Kg & 200 Kg)

Daftar harga bawang di atas dirangkum dari sejumlah toko online dan produknya merupakan homemade asli sehingga terbilang cukup mahal. Nominal harga tersebut tergantung dari home industri yang memproduksi kualitas bawang merah goreng termasuk pengemasannya.

Sedangkan bawang merah goreng yang kerap digunakan sehari-hari di dapur mereknya BJ yang diproduksi di Sidoarjo. Dengan ukuran 100 gram dijual lebih murah hanya sekitar Rp5.000 – Rp6.000 saja. Anda dapat dengan mudah menemukannya di pasar, khususnya wilayah Jawa Timur. Namun, jika Anda berbelanja ke minimarket, 70 gram bawang merah goreng produksi Indomaret dijual seharga Rp19.000.

Manfaat Mengonsumsi Bawang Merah Goreng

Bawang goreng (sumber: okezone.com)
Bawang goreng (sumber: okezone.com)

Menurunkan Tekanan Darah

Zat quercetin yang terdapat dalam bawang merah, ternyata mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Sehingga seseorang yang terdiagnosa penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung koroner, stroke, gagal ginjal, dan diabetes melitus, dapat mengonsumsi bawang merah goreng.

Menormalkan Kadar Gula Darah

Selain tekanan darah, Anda dapat menormalkan kadar gula dalam darah dengan mengonsumsi bawang merah. Sebab, bawang merah mampu meningkatkan kandungan insulin sehingga membantu proses glikolisis pada penderita diabetes yang menyebabkan penurunan kadar gula darah.

Baca juga  Info Terbaru Harga Toren Penguin 500 Liter (Semua Tipe)

Mengontrol Diabetes

Seperti manfaat di atas terkait meningkatkan produktivitas insulin, bawang merah yang memiliki kandungan flavonoid efektif mengobati sejumlah penyakit seperti diabetes. Flavonoid mampu merangsang sekresi insulin, yang menurunkan respons inflamasi terkait dengan diabetes.

Mencegah Kanker

Quercetin adalah zat alami yang membuat bawang menjadi berwarna warna merah gelap. Zat ini memiliki peran penting melawan efek radikal bebas berbahaya dalam tubuh, seperti sel kanker. Kandungan zat ini juga sebagai antioksidan yang mampu menghambat pertumbuhan sel berbahaya tersebut.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Folat dalam bawang merah mampu berkontribusi terhadap kesehatan mental seseorang. Sebab, kandungan tersebut memiliki peran melindungi DNA dan RNA tubuh. Zat besi juga terdapat dalam bawang merah yang dapat melawan peradangan otak dan meningkatkan aktivitas neurologis.

Meningkatkan Imunitas

Protein dan peptida dalam kandungan bawang merah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Khasiat bawang merah mentah juga memiliki efek antioksidan yang membantu melawan penyakit dan infeksi umum. Sejumlah penyakit seperti pilek, flu, demam, dan bronkitis, dapat diredakan dengan mengonsumsi bawang merah.

Dari deretan manfaat tersebut, bawang merah juga dikenal kaya akan protein yang baik untuk memelihara kesehatan sel jaringan tubuh. Per porsi bawang dengan berat 148 gram hanya ada 1 gram protein saja. Meski memiliki segudang manfaat, Anda tetap tidak diperkenankan mengonsumsi bawang merah goreng secara berlebihan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *