Saat ini, semakin banyak pemilik sepeda motor yang memilih memakai ban tipe tubeless (sering juga ditulis tubles) untuk kendaraan mereka karena dinilai lebih awet dibandingkan tipe tubetype. Ban tubeless sendiri sudah tersedia untuk berbagai tipe kuda besi, termasuk skuter matik seperti Honda BeAT dan lainnya. Memiliki sejumlah keunggulan, harga ban ini ternyata tidak jauh berbeda dibandingkan tubetype.
Dilansir dari Wikipedia, ban bisa dikatakan sebagai piranti yang menutupi velg suatu roda. Ban adalah bagian penting dari kendaraan bermotor, yang berfungsi untuk menyangga beban, meneruskan daya dorong dan pengereman, kontrol arah kendaraan, serta meredam getaran dari permukaan jalan.[1] Berdasarkan empat fungsi ini, konstruksi ban dibuat.
Masih menurut sumber yang sama, sejarah ban bisa dimulai pada tahun 1839 silam ketika Charles Goodyear berhasil menemukan teknik vulkanisasi karet. Vulkanisasi sendiri berasal dari kata ‘Vulkan’ yang merupakan dewa api dalam agama orang Romawi. Pada mulanya, Goodyear tidak menamakan penemuannya itu dengan nama vulkanisasi, melainkan karet tahan api.
Untuk menghargai jasanya, nama Goodyear lantas diabadikan sebagai nama perusahaan karet terkenal di Amerika Serikat, yaitu Goodyear Tire and Rubber company yang didirikan oleh Frank Seiberling pada tahun 1898. Goodyear Tire & Rubber Company mulai berdiri pada tahun 1898 ketika Frank Seiberling membeli pabrik pertama perusahaan ini dengan menggunakan uang yang dia pinjam dari salah seorang iparnya.
Kelebihan Ban Tubeless
Secara umum, ban dapat dibedakan menjadi ban tubeless dan ban tubetype. Ban tubeless adalah ban yang dirancang tanpa memiliki ban dalam. Ban ini adalah ban pneumatik, memiliki tulang rusuk terus-menerus dibentuk secara integral ke dalam manik ban. Meski baru populer dipakai pada beberapa tahun belakangan, namun ban ini sebenarnya sudah diciptakan pada tahun 1990 silam. Dibandingkan ban tubetype, ban tubeless dikatakan punya banyak kelebihan.
Keunggulan pertama, meski tanpa menggunakan ban dalam, ban tubeless diklaim tetap bisa menampung udara untuk tetap mengembang. Berbeda dengan ban dalam dari ban tubetype yang langsung sobek, lapisan luar ban tubeless jauh lebih tebal sehingga tidak langsung kekurangan angin saat kebetulan tertusuk benda tajam.
Selain itu, ban tubeless dikatakan cenderung lebih stabil karena tekstur ban yang lebih keras sehingga mampu mencengkeram aspal. Saat digunakan dalam kecepatan tinggi untuk menikung, ban tubeless akan lebih ‘menggigit’ jika dibanding dengan ban tubetype. Ban ini juga memiliki umur yang lebih panjang, atau lebih awet, bahkan hingga pemakaian 1,5 tahun. Kebanyakan ban tubeless menggunakan tipe mid-compound sehingga bertekstur lebih keras dan awet meski sering melintasi aspal yang panas.
Saat ini, tidak sulit menemukan ban tubeless karena sudah banyak bengkel maupun toko otomotif yang menjual ban jenis ini. Semua model sepeda motor pun dapat menggunakan ban tersebut, termasuk Honda BeAT. Dilansir dari situs resmi PT AHM (Astra Honda Motor), ukuran ban yang cocok untuk salah satu skuter matik laris ini adalah 80/90-14 di bagian depan dan 90/90-14 untuk roda belakang. Sebagai referensi, berikut kami sajikan informasi kisaran harga ban tubeless untuk BeAT.
Harga Ban Tubles BeAT

Merk & Ukuran Ban Luar | Harga |
Corsa Ecomax H01 70-90-14 Tubeless | Rp109.000 |
Kingland Tiger 80/90-14 Tubeless | Rp143.000 |
Corsa Ecomax H01 80/90-14 Tubeless | Rp155.000 |
Zeneos ZN61 80/90-14 Tubeless | Rp156.000 |
IRC NF66 80/90-14 Tubeless | Rp156.000 |
Corsa Ecomax H01 90/90-14 Tubeless | Rp158.000 |
IRC Ziggy NR90 80/90-14 Tubeless | Rp180.000 |
Corsa V22 70/90-14 Tubeless | Rp186.501 |
IRC Enviro NR91 80/90-14 Tubeless | Rp205.000 |
Zeneos ZN33 90/90-14 Tubeless | Rp219.000 |
FDR Flemino 90/90-14 Tubeless | Rp224.000 |
Zeneos ZN61 90/90-14 | Rp224.000 |
IRC NR83 90/90-14 Tubeless | Rp226.000 |
IRC Enviro NR91 90/90-14 Tubeless | Rp230.000 |
Corsa Cross S 80/90-14 Tubeless | Rp238.000 |
Michelin City Grip Pro 70/90-14 Tubeless | Rp238.000 |
Pirelli Diablo Rosso Sport 80/80-14 Tubeless | Rp248.900 |
Aspira Premio Stretto 90/90-14 Tubeless | Rp249.000 |
Pirelli Diablo Rosso Sport 70/90-14 Tubeless | Rp253.000 |
Aspira Premio Stretto 90/80-14F Tubeless | Rp267.000 |
Corsa R46 80/80-14 Tubeless | Rp270.763 |
Aspira Premio Stretto 100/80-14 Tubeless | Rp275.000 |
Corsa R46 90/80-14 Tubeless | Rp299.848 |
Michelin City Grip Pro 80/90-14 Tubeless | Rp306.000 |
Michelin Sirac Street 80/90-14 Tubeless | Rp328.000 |
Pirelli Diablo Rosso Sport 90/90-14 Tubeless | Rp334.999 |
Pirelli Diablo Rosso Sport 90/80-14 Tubeless | Rp338.000 |
Michelin Pilot Street 80/90-14 Tubeless | Rp345.600 |
Michelin Pilot Street 90/90-14 Tubeless | Rp364.000 |
Michelin Pilot Street 2 R-14 Tubeless | Rp419.000 |
Michelin Sirac Street 90/90-14 Tubeless | Rp459.000 |
Michelin Pilot MotoGP 90/80-14 Tubeless | Rp485.000 |
Michelin Pilot MotoGP 100/80-14 Tubeless | Rp498.000 |
Michelin Pilot Street 110/80-14 Tubeless | Rp499.999 |
Pirelli Diablo Rosso Scooter 120/70-14 Tubeless | Rp570.000 |
Harga ban tubeless untuk Honda BeAT di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko ban dan juga situs jual beli online. Perlu dicatat bahwa harga ban tubeless tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Dibandingkan tahun lalu, harganya ada yang naik dan ada yang turun. Harga Pirelli Diablo Rosso Scooter 120/70-14 tubeless misalnya, awalnya Rp630 ribu dan sekarang turun menjadi Rp570 ribuan. Sebaliknya, harga Michelin Pilot Street 110/80-14 tubeless naik dari Rp410 ribu menjadi Rp499 ribuan.
[1] Handoyo, Yopi. 2014. Analisis Performance Ban dengan Alat Drum Test. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Universitas Islam Bekasi, Vol. 2(1): 17-26.
Bagai mahasiswa Unair, jangan sampai salah parkir,
http://news.unair.ac.id/2018/04/17/lokasi-parkir-motor-di-rektorat-unair-pindah-ke-belakang-perpustakaan/