Harga Ayam Kalkun Potong di Pasaran

No comment1585 views

Di Indonesia, mungkin tidak banyak orang yang mengenal ayam kalkun bronze atau pedaging sebagai hidangan harian. Namun, saat hari-hari tertentu seperti Natal, Tahun Baru, dan Idul Fitri, daging ayam kalkun potong menjadi incaran banyak orang. Meskipun harganya terbilang lebih mahal dibanding ayam biasa, toko daging kalkun hampir tak pernah sepi pembeli.

Ilustrasi: Ayam Kalkun (credit: ediblelongisland)

Ilustrasi: Ayam Kalkun (credit: ediblelongisland)

Cara Mengolah Ayam Kalkun Potong

Secara ilmiah, kalkun merupakan salah satu jenis ternak unggas dari ordo Galliformes dengan genus Meleagris dan memiliki keunggulan berupa daging lezat, mengandung protein tinggi, berlemak, dan berkolesterol rendah.[1] Selain itu, daging ayam tersebut diperkaya asam oleat dan omega 3 yang bermanfaat untuk menjaga jantung.

Ayam kalkun yang dikenal dengan turkey ini tentunya berbeda dengan ayam biasa. Ukuran unggas tersebut terbilang lebih besar dan gemuk dibanding ayam biasa, sehingga dagingnya lebih tebal dan berserat. Menurut sebagian orang, daging turkey juga lebih gurih, karena memiliki lapisan yang lebih banyak dibanding ayam biasa. Meskipun begitu, daging ayam ini tidak keras dan lembut jika diolah dengan benar.

Baca juga  Harga Tetra Chlor Antibiotik Unggas (Sachet dan Botol)

Sebelum Anda membeli ayam kalkun, pastikan Anda mengetahui cara mengolahnya supaya ayam tidak amis saat dimasak. Ayam tersebut biasanya dijual dalam bentuk potongan dan dibekukan. Daging ayam seperti ini harus dibersihkan dulu dan didiamkan di suhu ruang, supaya kandungan air dan esnya hilang.

Pilihlah potongan daging kalkun yang Anda sukai, seperti bagian dada, sayap, punggung, atau paha. Buka kemasan daging dan masukkan daging ke dalam mangkuk atau baskom. daging ayam hingga bersih menggunakan air mengalir dan tiriskan. Letakkan daging di atas talenan dan keringkan kulitnya menggunakan tisu atau handuk. Cara ini akan mengangkat air yang tersisa, sehingga daging akan terasa lebih segar dan tidak berbau.

Siapkan bahan untuk marinasi ayam. Anda bisa memakai jahe, jeruk lemon, garam, merica, dan cuka. Cuka tidak hanya membuat daging terasa segar, tetapi juga untuk mengempukkan daging. Beberapa orang juga ada yang memakai cabai bubuk, madu, parsley, oregano, dan serai sebagai bahan tambahan.

Biarkan ayam direndam bumbu selama 15 menit dan angkat. Apabila Anda ingin membuat ayam kalkun bakar, Anda juga bisa merendamnya dalam bumbu bakaran. Untuk membuat bumbu bakaran ini, Anda memerlukan kecap manis, kecap asin, dan saus tiram. Beberapa orang menggunakan saus tomat dan saus sambal.

Ilustrasi: Cara Mengolah Ayam Kalkun (cedit: bettycrocker)

Ilustrasi: Cara Mengolah Ayam Kalkun (cedit: bettycrocker)

Oleskan bumbu bakaran ke seluruh permukaan daging dan biarkan bumbu meresap selama 5 menit. Setelah itu, Anda bisa membakarnya di atas bara api atau arang. Beberapa orang juga menambahkan mentega atau margarin, supaya rasa kulit ayam lebih gurih dan krispi.

Baca juga  Terbaru, Daftar Harga Alat Laboratorium Kimia

Bagi Anda yang suka makanan berkuah, Anda juga bisa membuat sup kalkun. Siapkan bahan untuk membuat sup, antara lain 1 potong daging kalkun, 1 bawang bombay, 4 batang seledri, 4 buah , 3 siung bawang putih, 1 sendok makan kaldu ayam, 1 ruas jahe, garam, merica, dan air. Cuci semua bahan mentah hingga bersih dan tiriskan.

Potong daging kalkun menjadi kecil-kecil dengan pola dadu, atau Anda juga bisa membiarkannya utuh. Setelah itu, rebus daging hingga setengah matang. Sambil menunggu daging set, Anda bisa memotong sayur, rempah, dan bawang. Potong semua bahan sesuai selera. Khusus untuk bawang dan jahe, bisa dicincang kasar.

rebusan kalkun yang sudah set dan ganti dengan air bersih. Nyalakan kompor dengan api sedang dan tambahkan sayur. Tumis bawang putih, jahe, dan bawang bombay hingga harum, lalu masukkan ke dalam panci. Biarkan hingga kalkun matang dan tuang semua bumbu ke dalam panci sesuai selera.

Baca juga  Info Terbaru Harga Alat Sounding Meter di Pasaran

Biarkan sup kalkun hingga mendidih untuk kedua kalinya dan matikan kompor. Jangan lupa untuk mencicipi kuah sup sebelum Anda menghidangkannya. Sebagai garnish, Anda bisa menambahkan bawang goreng, irisan cabai, dan tomat. Sup kalkun akan lebih lezat jika dimakan selagi hangat dan didampingi dengan nasi yang pulen.

Harga Kalkun Potong

Meskipun tidak mudah mencari kalkun potong di pasar, Anda bisa membelinya secara online. Sudah banyak toko online yang menjual ayam kalkun potong dengan harga mulai Rp801 ribuan hingga Rp910 ribuan. Harga daging turkey tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Oktaviana, Elvany, Dyah Aring Hepiana Lestari, Yaktiworo Indriani. 2016. Sistem Ayam Kalkun di Desa Sukoharjo Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung. JIIA Universitas Lampung, Vol. 4(3): 262-268.

author

Leave a reply "Harga Ayam Kalkun Potong di Pasaran"