Info Terbaru Harga Anak Sapi (Pedet) Semua Jenis di Pasaran

Pemeliharaan anak sapi/pedet yang masih muda tidak seperti anak sapi yang lebih besar atau telah dewasa. Tak heran, jika anak sapi masih memerlukan perawatan yang intensif dan tepat agar tumbuh dengan sehat. Sebagian orang yang tidak mampu merawat pedet, biasanya memilih untuk menjualnya di pasar hewan. Harga pedet juga bervariasi tergantung jenis sapi yang dipilih.

Pemeliharaan anak sapi (pedet) pada usaha pembibitan perlu diperhatikan. Jika tidak, pedet akan lemah, sakit, dan mati. Pedet yang dipelihara tidak hanya pedet yang dilahirkan dari usaha sendiri, melainkan juga pedet yang dibeli dari tempat lain.

Bacaan Lainnya
Pedet/sapi anakan
Pedet/sapi anakan

Pada saat anak sapi lahir, bobot tubuh kurang dari 10%. kepala relatif besar, tubuh kecil, dan kaki belakang lebih panjang dibandingkan kaki depan. Anak sapi memerlukan perawatan yang intensif dan ekstra ketat, sehingga sistem pembesarannya pun harus tepat. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus dilakukan pada usaha pembesaran pedet susu (umur sekitar 7 hari), hingga pedet sapih (umur 3 bulan), yaitu sebagai berikut.

Baca juga  Update Syarat & Biaya Pengurusan Sertifikasi Halal BPJPH MUI

Usaha Pembesaran Pedet

  • Pembuatan konstruksi kandang sesuai kebutuhan anak sapi.
  • Pengadaan bibit umur sekitar 1 minggu (pedet susu).
  • Kebutuhan pakan untuk anak sapi berupa susu serta obat-obatan. [1]

Untuk membesarkan pedet dengan baik, fasilitas kandang harus disediakan. Kandang pedet sebaiknya disiapkan secara khusus, agar pengelolaannya lebih mudah dan tidak tercampur dengan sapi dewasa. Hal ini lantaran pedet merupakan anakan sapi yang masih membutuhkan perawatan ekstra.

Persiapan Kandang Pedet

Kandang anak sapi dengan tipe box stall dibuat untuk pedet baru lahir hingga umur 3-4 bulan. Kandang ini untuk menempatkan pedet secara individual. Kandang tersebut terbuat dari bilah kayu, bambu, atau logam dengan lantai yang dilapisi jerami sebagai penghangat tubuh pedet. Jenis kandang berikutnya yakni kandang tunggal yang dibuat sesuai kebutuhan pedet peliharaan Anda. Penempatan pedet dapat dilakukan dengan sekat-sekat di dalam kandang.[2]

Merawat sapi pedet ternyata lebih sulit dibandingkan sapi yang telah dewasa, terutama dalam penjagaan pakan dan kesehatannya. Perawatan pedet yang baik akan membantu pertumbuhan dan perkembangannya saat dewasa. Cara pemberian makanan yang tepat pada pedet juga perlu Anda perhatikan selama proses perawatan.

Baca juga  Update Harga Kain Abutai (per Kg dan per Meter) di Pasaran
Ilustrasi: Induk dan Anak Sapi (credit: onegreenplanet.org)
Ilustrasi: Induk dan Anak Sapi (credit: onegreenplanet.org)

Cara Pemberian Pakan Pedet

  • Susu harus diberikan kepada anak sapi setelah 3-4 hari mengonsumsi kolostrum.
  • Susu yang diberikan sebanyak 3 per selama 3 bulan (sampai anak sapi disapih).
  • Pakan sapi yang berkualitas harus diberikan pada hari kelima setelah kelahiran.
  • Pemberian pakan anak sapi sampai anak sapi berumur 3 bulan sekitar 1,5 kg (0,75 kg konsentrat dan 0,75 kg rumput).
  • Sejak umur 1 minggu, anak sapi harus selalu mendapatkan air minum dalam banyak dan segar.

Seiring waktu, anak sapi akan tumbuh dan berkembang secara normal seperti sapi dewasa. Pertumbuhan dan perkembangan anak sapi tergantung genotif, jenis kelamin, pakan, dan perawatan anakan sapi tersebut. Lalu, berapa harga anak sapi (pedet) saat ini di pasaran Tanah Air?

Harga Anak Sapi/Pedet

Jenis Anak Sapi/Pedet Harga per Ekor (Rp)
Anak Sapi/Pedet Friesian Holstein (FH) umur 1 bulan 5.000.000
Anak Sapi/Pedet Madura usia 3 tahun 8.000.000
Anak Sapi/Pedet Simental 10.000.000
Anak Sapi/Pedet Limousin 13.000.000
Anak Sapi/Pedet Bali umur 2 tahun 10.000.000
Anak Sapi/Pedet Brahman Cross (Bx) 11.000.000
Baca juga  Update Harga Kelapa Kopyor dan Bibitnya

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet, termasuk situs jual beli online. Perlu diingat, harga anak sapi atau pedet tentu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Jika dibandingkan dengan tahun 2020 dan 2021, harga pedet tahun 2022 cenderung mengalami kenaikan.

Sebagai contoh, anak sapi limousin yang dijual dengan harga Rp8,5 juta per tahun 2020 dan 2021, naik menjadi Rp13 juta per ekor tahun 2022. Meskipun begitu, harga anak sapi bali umur 2 tahun dan brahman cross (Bx) tahun 2022 masih sama seperti tahun 2020 dan 2021. Anda dapat menelusuri sejumlah situs online untuk membandingkan harga terbaik atau datang langsung ke pasar terdekat.

[Update: Almas]

[1] Cahyo dan Purnawan. 2010. Pembesaran Sapi Potong secara intensif. Jakarta: PT Niaga Swadaya, hlm. 110.

[2] Cahyo dan Purnawan. 2014. Beternak Sapi Limousin. Jakarta: Penebar Swadaya Grup, hlm. 89.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.