Harga Anak Kucing Anggora Asli dan Mix

No comment308 views

Kucing anggora tampaknya menjadi primadona di kalangan pencinta kucing, karena punya bentuk fisik yang imut dan menarik. Meskipun begitu, harga adopsi kucing anggora tidak semurah kucing domestik. Biasanya, untuk menghemat pengeluaran, owner anabul lebih anak kucing anggora, karena harganya lebih terjangkau dibanding yang dewasa.

Karakteristik Anak Kucing Anggora

Ilustrasi: Ciri Kucing Angora Anakan (credit: petinsurance)

Ilustrasi: Ciri Kucing Angora Anakan (credit: petinsurance)

Sama seperti kucing ras lainnya, kucing anggora beragam, tergantung tipe peranakannya. Morfologi anakan anggora cenderung berbeda-beda, seperti ciri bulu sedang-panjang, lebat dan tidak rebah, warna sejenis jingga tiga warna, postur tubuh ramping atau bulat, tulang tubuh dominan besar atau kekar, ekor panjang, memiliki garis bulu atau tidak, dan memiliki mata lebih besar atau membulat.[1] Keragaman ciri ini tergantung gen pembawa (resesif atau dominan) pada anak kucing.

Untuk mendapatkan anabul yang seratus persen anggora, mungkin agak sulit, karena Anda harus mencari pasangan indukan dari ras anggora yang tidak terputus. Bisa dibilang, dari nenek moyang anabul hingga anabul jantan dan betina, tidak boleh mix atau campuran. Ciri bayi kucing anggora yang berasal dari indukan dengan ras sama adalah bulunya yang lebat dan panjang dengan postur tubuh membulat atau kekar dan bentuk mata cenderung bulat. Selain itu, tidak ada bagian tubuh yang mirip dengan ras kucing lain (domestik, maine coon, persia).

Baca juga  Harga Akai MPK Mini MK2 dan MK3

Tidak mudahnya mencari indukan dari satu ras garis lurus, membuat sejumlah orang mengawinkan kucing anggora dengan ras lain. Indukan anabul anggora yang dikawinkan dengan kucing domestik misalnya, biasanya akan menghasilkan anakan kucing beragam. Ada kucing yang memiliki tubuh anggora, tetapi wajah kucing domestik, ada kitten yang terlahir sebagai kucing domestik, dan ada juga bayi kucing yang terlahir sebagai anggora, tetapi sifatnya seperti kucing kampung.

Hal tersebut juga berlaku jika Anda mengawinkan indukan kucing anggora dengan ras lain. Ini akan menciptakan keberagaman dengan ciri fisik yang berbeda-beda. Karakteristik yang dihasilkan dari perkawinan silang ini juga beragam. Secara umum, kucing anggora kitten memiliki sifat pemalas dan pendiam. Selain itu, kucing anggora biasanya kurang jago dan mengalami keterlambatan dalam mengeong jika dibandingkan kucing domestik.

Jika Anda mengawinkan kucing anggora dengan kucing domestik, bisa saja salah satu kitten anggora Anda memiliki sifat yang berlawanan. Kadang, hal ini membuat para owner kucing merasa kebingungan. Namun, karakteristik anakan anggora yang beragam juga bisa menentukan daya tariknya terhadap pemiliknya.

Baca juga  Update Kisaran Harga Keyboard Roland Juno-G dan Roland Juno-GI

Diketahui juga, kucing anggora peranakan domestik biasanya lebih lincah dibanding anakan anggora biasa. Kitten anggora yang seperti ini terbilang cocok untuk Anda yang memiliki banyak waktu luang, karena Anda harus aktif mengajaknya bermain. Bayi kucing anggora yang bersifat aktif memang harus diajak bermain secara rutin, sehingga mereka tidak stres.

Setelah mengetahui karakteristik anakan anggora yang beragam, apakah Anda berminat mengadopsinya? Jika iya, pastikan Anda memahami cara memelihara bayi kucing anggora. Termasuk kucing ras yang mahal, cara merawat anabul ini tidak bisa sembarangan dan berikut rinciannya.

Ilustrasi: Anakan Kucing Anggora (credit: nevabreeder)

Ilustrasi: Anakan Kucing Anggora (credit: nevabreeder)

Cara Merawat Anak Kucing Anggora

  • Perhatikan kebersihan anak kucing yang baru Anda adopsi. Anda bisa memandikannya jika kucing sudah berusia dua bulan ke atas. Untuk memandikannya, gunakan air hangat dan sabun khusus kitten yang mengandung anti-jamur dan kutu.
  • Jika bayi anggora sudah berusia tiga bulan ke atas, Anda harus memperhatikan jadwal vaksinnya. Mulailah dengan vaksin untuk meningkatkan daya imun anabul secara bertahap, diiringi dengan vaksin , jamur, dan penyakit.
  • Anak kucing anggora tidak bisa makan secara sembarangan. Anda harus memperhatikan umur mereka saat membeli pakan. Untuk kitten yang berusia satu hingga tiga bulan, Anda harus memberikan wet food halus yang mengandung banyak air dan cenderung lembek.
  • Setelah kitten berusia empat bulan ke atas, Anda baru bisa mulai memberikan pakan kering atau dry food yang diselingi dengan wet food. Pastikan juga Anda memberikan minum dari air mineral yang bersih dan matang.
Baca juga  Terbaru, Harga Gitar Taylor Original (Asli) Lengkap

Bagi Anda yang tertarik membeli anak kucing anggora untuk diadopsi, pastikan Anda mengetahui harganya. Berikut adalah referensi harga kitten anggora sesuai dengan variannya.

Harga Anak Kucing Anggora

Varian Anak Kucing AnggoraHarga per Ekor
Anak Kucing Anggora JantanRp1.500.000
Anak Kucing Anggora Mix Persia 4 bulanRp700.000
Anak Kucing Anggora Mix Maine Coon Belang Tiga BetinaRp2.000.000
Anak Kucing Anggora PutihRp750.000
Anak Kucing Anggora Turki Putih AbuRp1.000.000
Anak Kucing Anggora Mix Persia 1 bulanRp150.000
Anak Kucing Anggora MixdomeRp500.000

Harga anak kucing anggora di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs online. Harga kitten anggora tersebut tentu tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Nofisulastri. 2018. Karakter Morfologi Kucing Peranakan Anggora Hasil Perkawinan Silang Alam. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi IKIP , Vol. 6(2): 138-144.

author

Leave a reply "Harga Anak Kucing Anggora Asli dan Mix"