Harga 1 Kg Gula Pasir dan Tips Memilih Gula Berkualitas

Ada banyak kebutuhan pokok yang harus ada di setiap dapur, tidak hanya , tetapi juga bumbu dapur. Salah satu jenis bumbu dapur dengan fungsi utama penambah rasa, yaitu . tidak hanya dijadikan sebagai perasa pada minuman saja, banyak resep masakan yang harus mencantumkan . Penggunaan yang serbaguna membuat konsumen gula juga semakin meningkat. 1 kg gula pasir di pasaran kini dibanderol mulai Rp11.850.

Gula pasir

Gula pasir

Sebelum kita membahas harga gula pasir di pasaran lebih jauh, Anda juga perlu mengetahui tips memilih gula pasir yang berkualitas. Penting bagi Anda untuk mengetahui kualitas dari gula pasir yang akan Anda beli. Hal ini juga terkait dengan rasa gula dan keawetan gula nantinya. 

Tips Memilih Gula Pasir Berkualitas

Perhatikan Gula Pasir

Tips pertama yang perlu Anda lakukan sebelum membeli gula pasir, yaitu memperhatikan warna gula pasir. Ini sangat penting untuk mengetahui apakah produk mengandung campuran bahan pewarna atau tidak. Perlu Anda ketahui terlebih dahulu, gula pasir berkualitas baik adalah gula yang terbuat dari sari tebu dengan kualitas baik pula.

Semakin baik kualitas tebu yang digunakan, warna airnya tidaklah putih jika diolah menjadi gula pasir. Untuk itu, lebih baik Anda memilih gula pasir dengan warna sedikit kekuningan. Jika Anda menemukan gula pasir dengan warna kuning gading, itu adalah jenis gula pasir berkualitas baik. Hindari gula pasir dengan warna putih dan tidak memiliki bercak kuning pada kristalnya.

Gula pasir dengan warna putih bersih, bahkan hampir menyerupai putih susu, biasanya diberi campuran pewarna. Tujuan mencampur warna putih pada gula pasir, yaitu agar gula pasir memiliki warna kristal lebih putih dan menarik. Biasanya banyak orang tertipu dengan memilih jenis gula pasir berwarna putih daripada kuning gading.

Perhatikan Tekstur Gula Pasir

Setelah Anda mengetahui kualitas gula pasir dari warnanya, Anda juga perlu mengetahui kualitas gula pasir dari teksturnya. Gula pasir berkualitas dan layak untuk harian adalah gula pasir yang memiliki tekstur kasar. Tekstur gula pasir yang kasar juga salah satu bukti bahwa gula tersebut memiliki kualitas yang baik.

Ada baiknya Anda tidak memilih jenis gula pasir yang terlalu halus dan berwarna putih terang. Jenis gula pasir ini biasanya disebut dengan rafinasi. Gula pasir rafinasi tidak layak untuk dikonsumsi harian, karena jenis gula ini biasanya digunakan sebagai salah satu pemanis buatan dalam beragam produk olahan yang dikemas. 

Mengonsumsi gula pasir rafinasi harian dapat menyebabkan berbagai penyakit dan penurunan . Ini tidak hanya berbahaya untuk orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak. Gula jenis ini juga salah satu jenis pemanis yang dapat memicu penyakit radang tenggorokan.

Butiran gula pasir

Butiran gula pasir

Perhatikan Kelembapan Gula Pasir

Ketika Anda memilih produk gula pasir, Anda juga perlu memperhatikan isi gula pasir. Pastikan gula pasir dalam keadaan kering dan tidak lembap. Salah satu ciri gula pasir mengalami penurunan kualitas, yaitu ketika terdapat air di dalam bungkus gula pasir. Gula pasir yang lembap dan berair tidak hanya berkualitas buruk, tetapi juga mudah basi.

Akan lebih baik jika Anda memilih gula pasir dengan keadaan kering dalam kemasannya. Jenis gula pasir seperti ini juga akan lebih awet ketika disimpan. Untuk penyimpanan pun, Anda juga perlu memperhatikan suhu ruang agar gula tidak mudah berair. Salah satu tips agar gula pasir dapat bertahan dalam waktu cukup lama, yaitu dengan menyimpannya di ruangan sejuk. Anda bahkan bisa menyimpannya di lemari pendingin.

Namun, jika gula pasir sudah terlanjur berair dan Anda sayang membuangnya, maka Anda bisa mendaur ulangnya terlebih dahulu. Caranya mudah dan sederhana, Anda hanya perlu menyiapkan air dan gula dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, campurkan kedua bahan tersebut ke dalam panci dan aduk hingga mendidih.

Setelah mendidih, Anda bisa menuangkannya ke dalam botol dan menyimpannya dalam lemari es. Ini merupakan salah satu jenis resep dalam membuat sirup sederhana. Anda bisa menggunakan gula cair tersebut untuk beragam keperluan. Tips-tips ini bisa Anda terapkan ketika Anda membeli gula. Dengan mendapatkan produk gula berkualitas, tidak hanya awet saja, tetapi gula akan terasa lebih manis dan tidak mengandung bahan berbahaya.

Mengenai harganya, harga gula pasir di pasaran beragam, tergantung dan kualitasnya. Jika Anda ingin membeli gula yang lebih murah, Anda juga bisa membeli jenis gula repack. Jenis gula seperti ini dibanderol mulai Rp11.850 hingga Rp13.500 per 1 kg.  Untuk Anda yang ingin membeli gula bermerek dengan kemasan 1 kg, berikut ini daftar harganya.

Daftar Harga Gula Pasir Berbagai Merek

Gula pasir kemasan 1 kg (sumber: jubi.co.id)

Gula pasir kemasan 1 kg (sumber: jubi.co.id)

Merek Gula PasirHarga per Kg
Gula Pasir SUS LokalRp12.000
Gula Pasir Save LokalRp12.450
Gula Pasir Alfamidi LokalRp12.500
Gula Pasir Alfamart LokalRp12.500
Gula Pasir Rose Brand TebuRp13.000
Gula Pasir Sugar ORp13.000
Gula Pasir Kristal Food Station (FS)Rp13.000
Gula Pasir PSM PremiumRp13.500
Gula Pasir Manis KitaRp13.500
Gula Pasir BintangRp14.500
Gula Pasir Gulaku Premium Hello KittyRp14.500
Gula Pasir Gulaku PremiumRp15.000
Gula Pasir Gulaku KuningRp17.000

Harga gula pasir di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan toko yang Anda kunjungi.

Baca juga  Harga Kerang Hijau per Kilo dan Cara Budidayanya
loading...
author

Leave a reply "Harga 1 Kg Gula Pasir dan Tips Memilih Gula Berkualitas"