Update Harga 1 Dinar Emas Hari Ini

Selain mata uang dinar yang digunakan beberapa negara kawasan Timur Tengah dan Afrika, seperti Aljazair, Bahrain, Kuwait, Libya, Makedonia, Yordania, dan Tunisia, dikenal pula dinar emas. Koin ini sering diburu para kolektor sebagai salah satu instrumen investasi. Pasalnya, harga 1 dinar memang sangat mahal, bisa mencapai angka Rp3 jutaan, bahkan lebih.

Koin dinar (sumber: breitbart.com)
Koin dinar (sumber: breitbart.com)

Dinar merupakan nama mata uang yang digunakan beberapa negara dunia, umumnya di negara-negara dengan mayoritas penduduk berbahasa Arab. Namun, di dalam hukum syariah Islam, juga dikenal dinar emas. Dinar emas adalah uang emas murni yang memiliki berat 1 mitsqal atau setara dengan 1/7 troy ounce. Sementara, dirham perak Islam berdasarkan ketentuan Islamic Mint Nusantara (IMN) memiliki kadar perak murni dengan berat 1/10 troy ounce, atau setara dengan 3,11 gram.

Bacaan Lainnya
Baca juga  Keunggulan dan Update Harga Cat Dasar Alkali Dulux

Jenis Koin Dinar

  • Dinar Dubai, dicetak oleh Uni Emirat Arab dengan Masjid Nabawi Madinah, sedangkan koin dirham menggunakan desain Masjidil Haram di Mekah.
  • Dinar Kelantan, dicetak dengan simbol wilayah bagian Kelantan, Malaysia. Dinar dan dirham sudah menjadi mata uang resmi wilayah ini, selain ringgit.
  • Dinar Wakala Induk Nusantara, hadir dalam dua seri, yaitu seri haji dan seri nusantara. Untuk seri haji, mirip dengan dinar yang dicetak di Dubai. Selain itu, Wakala Induk Nusantara juga mengedarkan koin dari Kesultanan Cirebon dan Kesultanan Ternate.
  • Dinar IMN, dicetak pertama kali di Indonesia pada tahun 2000. Pada tahun 2010, IMN mengeluarkan hasil penelitian sejarah, fikih, dan timbangan mitsqal yang diikuti dengan Fatwa Atas Berat dan Kadar Untuk Dinar dan Dirham. Dinar dan dirham dinyatakan murni, 1 mistqal adalah 4.44 gram (1/7 troy ounce) dan 1 dirham adalah 3.11 gram (1/10 troy ounce).
  • Dinar Mulia, dicetak oleh PT Logam Mulia dengan Masjidil Haram di Mekah.
  • Dinar 24 Karat, juga dicetak PT Mulia dengan kadar 24 karat dengan berupa tulisan.
  • Dinar Perhimpunan BMT Indonesia, dicetak dengan satuan berat 4,444 gram dengan kemurnian 9999.
Baca juga  Info Terbaru Harga Carbon Cleaner (Semua Merk dan Kemasan)

Harga Dinar

Dengan nilai yang tergolong tinggi, selain emas, dinar menjadi pilihan investasi yang banyak dilakukan berbagai kalangan. Harga koin tersebut sendiri bervariasi, tetapi memang relatif mahal. Dilansir dari logammulia.com, harga 1 koin dinar produksi Antam 91,7 persen dan berat 4,25 gram per tahun 2021 berkisar Rp3.582.007. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, harganya sekitar Rp3.319.425. Sementara, di beberapa situs jual beli online, dijual dengan harga Rp3.260.000 hingga Rp5.950.000, tergantung kebijakan penjual.

Selain 1 dinar, banyak juga orang yang menawarkan koin 2 dinar Antam 22 karat berat 8,5 gram dengan harga Rp11.409.000 hingga Rp12.092.000. Sementara, harga 1/2 dinar emas saat ini berkisar Rp1.960.599, dengan menampilkan gambar Masjidil Haram atau Masjid Aqsa. Adapun koin 1/2 dinar Antam sekarang ditawarkan dengan harga Rp2,4 jutaan, naik dari tahun sebelumnya yang berkisar Rp2,173 jutaan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.