Info Terbaru Harga Lem Epoxy Resin dan Hardener

No comment4186 views

Jika Anda hendak merekatkan permukaan kayu, seperti panel pintu, jendela, atau sambungan kayu pada perabotan , disarankan untuk menggunakan lem epoxy. Bahkan, lem ini juga diklaim dapat merekatkan logam serta kaca. Di pasaran sendiri, sudah tersedia beragam merk yang dapat Anda pilih, termasuk dari Avian dan Propan, dengan harga rata-rata puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Lem Epoxy (sumber: gorillatough)

Lem Epoxy (sumber: gorillatough)

Kelebihan Lem Epoxy

Lem epoxy dapat dikatakan sebagai sebuah material komposisi yang berbentuk composite dua komponen, yaitu komponen A dan komponen B, serta berfungsi untuk merekatkan benda atau material yang terbuat dari besi, keramik, plat, plastik, kayu, dan lainnya. Lem epoxy mempunyai corak warna bening kekuningan atau tidak berwarna, karena memang dibuat secara khusus dari resin epoxy.

Epoxy atau epoksi sendiri adalah istilah yang digunakan untuk menunjuk bahan dasar sekaligus hasil pemrosesan resin epoksi. Resin epoxy biasa disebut polyepoxides dan merupakan kelompok prepolymer reaktif yang mengandung gugus-gugus epoksi. Resin tersebut dapat direaksikan sendiri (membentuk ikatan cross linker) maupun direaksikan dengan bahan lain seperti amino dan asam. Bahan lain yang digunakan ini selanjutnya berfungsi sebagai hardener.

Hingga saat ini, epoksi dikenal sebagai bahan insulator alat elektronik, bahan pembuatan -produk metal, hingga adhesive kayu. Sebagai adhesive kayu, epoksi sering dimanfaatkan sebagai engineering adhesive atau lem struktural. Jenis lem ini biasanya digunakan bukan hanya sebagai perekat, tetapi juga pengisi gap antar media.

Karakter film lem yang terbentuk antara lain tahan panas dan tahan berbagai zat kimia. Lem ini bisa didesain dalam warna solid atau transparan dan diatur agar cepat kering maupun lambat kering. Pengeringan sendiri bisa dilakukan pada suhu ruangan, meski beberapa lem dari bahan epoksi harus dikeringkan dengan ultraviolet.

Kelemahan Lem Epoxy

Meski memiliki banyak kelebihan, tetapi sebagaimana produk lain pada umumnya, epoksi pun tidak luput dari kelemahan, apalagi epoksi memang bukan produk khusus untuk lem kayu. Dibanding berbagai adhesive lain, fungsi epoksi lebih spesifik. Misalnya sebagai bahan perekat untuk laminasi, lem kayu epoxy tak akan menghasilkan kualitas yang bagus karena berpotensi menciptakan film di antara kedua media. Hal yang berbeda ditunjukkan lem Crossbond yang akan kayu benar-benar melekat tanpa ada gap akibat film lem di antaranya. 

Ilustrasi: Penggunaan Lem Epoxy (sumber: masterbond)

Ilustrasi: Penggunaan Lem Epoxy (sumber: masterbond)

Kelemahan lainnya lem epoxy adalah sifat filmnya yang cenderung lebih keras dan kurang fleksibel. Hal ini membahayakan karena dapat membuat perekatan gagal akibat retaknya sambungan pada lem tersebut. Selain itu, dari segi ongkos produksi dan daya rekat lemnya pun, secara umum lem berbahan epoksi memiliki performa lebih buruk dari Crossbond.

Tips Menggunakan Lem Epoxy

  • Dalam menggunakan lem epoxy, sangat dianjurkan Anda untuk mengikuti rekomendasi pabrikan dan menggunakan takaran resin dan pengeras (hardener) yang tepat, guna memastikan lem bekerja dan mencapai kekuatan maksimal. Meski semakin banyak jumlah lem yang diberikan dan semakin banyak panas yang dihasilkan, akan lebih baik apabila Anda menerapkan lem secukupnya agar waktu bekerja Anda lebih optimal.
  • Gunakan epoxy yang cepat mengeras, kemudian tekan bagian ke area tempelan dengan tangan Anda, dan lem akan mengeras dalam beberapa menit. Kayu adalah material berpori yang dapat menyerap epoxy, sehingga berikan lem pada permukaan kedua bagian agar epoxy cukup untuk menempelkan kedua bagian kayu.
  • Untuk mencampurkan pengeras dan resin, gunakan wadah plastik karena epoxy tidak mudah lengket pada material tersebut, sehingga lem akan lebih mudah dikupas. 
  • Lem epoxy diketahui dapat merekatkan material seperti logam, fiber, kaca, ubin, beton, dan plester. Pada permukaan logam anoda, seperti aluminium T-Track, Anda harus ampelas bagian luar (seperti cat) terlebih dahulu sebelum menempelkannya karena lem ini tidak merekat dengan baik pada permukaan anoda.
  • Jika ingin memperbaiki lubang sekrup yang longgar, Anda hanya perlu mengisi lubang tersebut dengan epoxy. Saat epoxy mulai mengeras, pasang kembali sekrup dan engsel. Pada permukaan vertikal, akan lebih baik jika memakai lem epoxy yang tidak encer dan bentuk gel adalah pilihan yang terbaik.
  • Saat dipakai sebagai lapisan dasar atau sealer, epoxy cair diklaim dapat mengurangi ekspansi dan kontraksi pada kayu. Lapisi semua bagian sebelum perakitan dan pastikan lem epoxy masuk ke dalam lubang sekrup. Jika kayu menyerap banyak epoxy, ampelas lapisan tersebut dan berikan epoxy sekali lagi.

Nah, apabila Anda membutuhkan lem epoxy, tidak sulit mendapatkan bahan ini. Anda bisa membelinya di berbagai toko material bangunan atau bahkan situs jual beli online. Merk yang tersedia beragam, dengan harga yang bervariasi pula. Sebagai referensi, berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran harga lem epoxy di pasaran dalam negeri.

Lem epoxy (sumber: woodguide.org)

Lem epoxy (sumber: woodguide.org)

Harga Lem Epoxy

Merk Lem EpoxyHarga
Braxton Epoxy Steel 68 grRp8.800
Merikan Epoxy Steel 68 grRp11.000
Dextone 48 grRp11.500
Milan Epoxy Adhesive 400 grRp42.800
ALF Epoxy 250 grRp44.500 – Rp60.000
Avian 340 grRp48.000
Dextone Hardener + Resin Rp60.800
Epoxy Resin Non Sag 400 grRp70.000
PC Woody Epoxy 42 grRp104.900
Loctite Epoxy 14 mlRp111.500
Marine EWA-135Rp115.000
Strong Epoxy 600 grRp125.000
FOX Epoxy Resin + Hardener SetRp147.500
Crona 313 Resin + Hardener 1,2 kgRp154.500
Avian 2 kgRp167.500
Epoxy Resin Non Sag 2 kgRp180.000
Fulloc Resin + HardenerRp180.000
Weber Lem Epoxy 1 kgRp185.000

Harga lem epoxy di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah toko bahan bangunan dan situs jual beli online. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harganya ada yang naik dan turun. Epoxy resin non sag 400 gr misalnya, awalnya dijual Rp40 ribu dan kini menjadi Rp70 ribu. Sementara, Dextone 48 gr yang semula ditawarkan Rp12 ribu, sedikit turun menjadi Rp11.500. 

Baca juga  Info Manfaat dan Harga Bunga Rosella di Pasaran
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Lem Epoxy Resin dan Hardener"