Hanya Memerlukan Sedikit Sampel Darah, Berapa Harga Alat Cek Gula Darah Omron?

Kadar darah normal dalam tubuh dapat menunjang kinerja tubuh dan membuat Anda tetap . Untuk patokan kadar darah yang normal, tidak berpatokan pada satu angka baku saja. Kadar tersebut dapat berubah seperti saat sebelum dan sesudah Anda makan, dan juga pada saat waktunya tidur.

Alat Cek Gula Darah

Alat Cek Gula Darah

Seusai makan, sistem pencernaan Anda akan memecah karbohidrat menjadi gula atau glukosa yang bisa diserap oleh aliran darah. Zat tersebut sangat penting untuk sumber energi sel-sel tubuh Anda. Darah mengalirkan zat gula ini menuju sel-sel tubuh guna menjadikannya energi.

Namun, zat gula ini harus melewati sebuah pintu untuk memasuki sel-sel tersebut. Hormon yang berperan dalam membuka pintu itu adalah insulin. Insulin dihasilkan oleh pankreas. Setelah memasuki sel, zat gula ini akan dibakar menjadi energi yang bisa Anda pakai. Gula yang lebih akan disimpan di hati untuk dipakai di kemudian hari.

Kisaran kadar gula normal dalam tubuh antara lain sebelum makan sekitar 70-130mg/dL, dua jam setelah makan yaitu kurang dari 180mg/dL, setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya delapan jam yaitu kurang dari 100mg/dL, menjelang tidur sebesar 100-140 mg/dL.

Untuk dapat mempertahankan kadar gula darah dalam tubuh tetap pada angka normal, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, di antaranya:

  • Rutin berolahraga. Dengan rutin melakukan , Anda dapat membuat stabil gula darah di dalam tubuh. Lakukan setidaknya 2,5 jam per minggu secara teratur. Anda bisa melatih kekuatan otot-otot tubuh karena peranannya dalam menggunakan dan menyimpan gula sangat besar. Hal tersebut bisa membuat kadar gula darah tetap normal. Namun ingat, jangan berlebihan melakukan aktivitas fisik karena hal tersebut bisa memicu hipoglikemia (gula darah terlalu rendah).
  • Makan tepat waktu. Sebaiknya jangan melewatkan waktu makan Anda, terutama sarapan. Jika hal ini terjadi, rasa lapar akan meningkat di jam makan berikutnya. Hasilnya Anda akan makan secara berlebihan, kemudian naiklah gula darah Anda. Makan tiga kali sehari ditambah dua camilan bernutrisi di sela-sela jam makan bisa membantu gula darah tetap normal.
  • Menghindari stres. Stres dapat membuat kadar gula darah Anda meningkat, sehingga usahakan Anda dapat mengendalikan stress.
  • Menyediakan camilan manis. Untuk berjaga-jaga, selalu bawa camilan manis seperti permen, guna mencegah kadar gula darah menurun drastis.

Selain dengan cara-cara di atas, Anda juga bisa menjaga kadar gula darah normal Anda dengan rutin melakukan tes gula darah. Tes gula darah bisa dilakukan di atau jika ingin praktis, Anda bisa membeli alat tes gula darah yang bisa dipakai di rumah.

Salah satu alat cek gula darah yang dijual di adalah Omron. Alat ukur gula darah (blood glucose meter) tersebut dirancang untuk memantau dan membantu menjaga tingkat gula darah seseorang dengan efektif. Alat ukur ini dilengkapi dengan pemberian kode secara otomatis yang mudah digunakan.

alat cek gula darah merek Omron berkisar Rp 409.500-550.000. Walaupun harganya terbilang cukup mahal, tetapi hasil dari alat ini dinilai akurat. Alat tersebut hanya memerlukan sedikit sampel darah. Selain itu, dilengkapi juga dengan tuas pembuang strip. Pada jenis Omron HEA 221, alatnya dapat menyimpan sekitar 250 data disertai tanggal dan waktu pengukuran. Sedangkan untuk jenis Omron HEA 220, dapat menyimpan sekitar 50 data disertai pula dengan tanggal dan waktu pengukuran. Anda dapat membelinya di apotik, toko alat , maupun melalui pembelian online.

Baca juga  Update Daftar Tempat Spa di Kota Samarinda
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Hanya Memerlukan Sedikit Sampel Darah, Berapa Harga Alat Cek Gula Darah Omron?"