Update Biaya Liburan ke Singapura dan Tiket Wisatanya

Selain Thailand dan Malaysia, salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang sering menjadi lokasi tujuan wisata warga Indonesia adalah Singapura. Ini adalah negara kota, yang meski memiliki ukuran kecil, tetapi bisa dibilang sangat maju dan modern. Didukung dengan fasilitas dan layanan terkini, tidak mengherankan jika kemudian banyak yang bilang biaya liburan ke Singapura cukup mahal, meski tidak selamanya benar.

Ilustrasi: Liburan ke Singapura (credit: Traveloka)
Ilustrasi: Liburan ke Singapura (credit: Traveloka)

Singapura sendiri menawarkan segudang tempat wisata menarik bagi mereka yang datang berkunjung. Salah satu yang sangat populer dan iconic adalah Patung Merlion. Berlokasi di 1 Fullerton Rd, Singapura, Anda bisa mengakses lokasi ini dari MRT terdekat, yaitu Raffles Place. Merupakan patung dengan bentuk ikan duyung berkepala singa, katanya Anda belum dianggap sah pergi ke Singapura tanpa berfoto dengan latar patung tersebut.

Bacaan Lainnya

Spot wisata lainnya di Singapura yang wajib dikunjungi adalah Orchard Road, sebuah jalanan yang bisa dijangkau dari MRT Changi. Ini adalah jalan yang terkenal sebagai tempat berbelanja serta tempat wisata kuliner. Tempat populer di sini antara lain Lucky Plaza, area depan Takashimaya, serta Ion Orchard Mall.

Selain itu, ada banyak destinasi yang wajib dikunjungi ketika berlibur Singapura. Nama-nama yang populer adalah Marina Bay Sands, Esplanade, Clarke Quay, Gardens by The Bay, Universal Studios Singapore, Chinatowns, Museum Madame Tussauds, Little , Bugis Street, Jembatan Henderson Waves, Art Science Museum, Singapore Flyer, Trick Eye, Jurong Bird Park, Vivo City, dan lainnya.

Nah, layaknya perjalanan ke luar negeri lainnya, ketika hendak berlibur ke Singapura, Anda pun harus menyiapkan sejumlah anggaran untuk biaya berbagai keperluan, termasuk paspor, visa kunjungan, tiket pesawat terbang, biaya penginapan, hingga uang untuk makan dan tiket masuk tempat wisata. Berikut informasi terbaru kisaran biaya liburan ke Singapura.

Biaya Paspor dan Visa ke Singapura

Ilustrasi: Passport Singapura (credit: channelnewsasia)
Ilustrasi: Passport Singapura (credit: channelnewsasia)

Untuk bepergian ke Singapura, Anda ternyata tidak memerlukan biaya untuk membuat visa, tetapi masih membutuhkan paspor yang bisa Anda buat di kantor-kantor imigrasi di sekitar domisili Anda. Bagi wisatawan asal Indonesia, periode masa tinggal di Singapura adalah 30 hari, dengan masa berlaku paspor minimal enam bulan. Pengunjung diperbolehkan untuk memperpanjang masa tinggal dengan cara mengajukan permohonan di Immigration & Checkpoints Authority sebelum masa berlaku visa mereka habis.

Menurut situs Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandung, biaya pembuatan paspor biasa 48 halaman untuk WNI saat ini Rp350 ribu per buku. Jika Anda ingin membuat e-passport atau paspor elektronik, biayanya Rp650 ribu per buku untuk 48 halaman. Bila paspor Anda hilang akan dikenai denda Rp1 juta. Tersedia pula layanan percepatan paspor (selesai di hari yang sama), dengan biaya tambahan sebesar Rp1 juta (tidak termasuk dengan biaya pembuatan paspor). Biaya pembuatan paspor saat ini masih sama seperti tahun sebelumnya.

Cara paling mudah dan paling populer untuk menuju Singapura adalah menggunakan pesawat terbang. Saat ini, sudah banyak maskapai yang melayani penerbangan dari Indonesia menuju negara tersebut, antara lain AirAsia, Jetstar, hingga Garuda Indonesia. Lalu, berapa harga tiket pesawat menuju Singapura jika Anda berangkat dari Jakarta saat ini?

Harga Tiket Pesawat ke Singapura

Jenis Armada PesawatKisaran Harga Tiket
Batik AirRp877.600
CitilinkRp1.027.400
Air AsiaRp1.089.360
Jetstar AsiaRp1.258.680
Malaysia AirlinesRp1.527.100
Garuda IndonesiaRp3.735.000
Super Air JetRp5.879.650
Singapore AirlinesRp5.953.128

Keterangan:

  • Tarif tiket pesawat di atas untuk keberangkatan dari Jakarta (Bandara Internasional Soekarno-Hatta).
  • Tiket pesawat tersebut termasuk one way/sekali jalan per seat.

Sebagai perbandingan, tahun 2022 lalu, harga tiket pesawat dari Jakarta (Bandara Internasional Soekarno-Hatta) ke Singapura berkisar Rp1,6 jutaan hingga Rp1,9 jutaan dalam sekali jalan. Sementara pada tahun 2021, harga tiket pesawat berkisar Rp414 ribuan per seat untuk tiket paling .

Untuk menghemat pengeluaran, wisatawan bisa memilih bermalam di akomodasi dengan tarif hemat. Di Singapura sendiri, meski merupakan negara dengan biaya hidup yang mahal, masih bisa ditemukan banyak penginapan dengan tarif kamar terjangkau. Umumnya, akomodasi dengan biaya sewa murah adalah tipe hostel dan homestay.

Ilustrasi: Transportasi Publik di Singapura (credit: straitstimes)
Ilustrasi: Transportasi Publik di Singapura (credit: straitstimes)

Tarif Penginapan di Singapura

Nama PenginapanTarif per Malam
Snooze Inn @ Dunlop StreetRp420.000
Urban HostelRp900.000
Four Chain View HotelRp1.020.456
Moni Gallery HostelRp1.048.110
Hotel BossRp1.534.020
V Hotel LavenderRp1.756.342
ibis Singapore On BencoolenRp1.800.827
Holiday Inn Express Singapore SerangoonRp1.880.610

Informasi tarif penginapan di atas telah kami rangkum dari berbagai situs booking online. Sebagai perbandingan, tahun lalu, tarif Shophouse the Social Street berkisar Rp200 ribuan hingga Rp776 ribuan per malam. Sementara itu, tarif Hawaii Hostel berkisar Rp468 ribuan per malam. Untuk info lebih lanjut atau reservasi, Anda bisa mengakses sejumlah situs booking online terpercaya.

Biaya Transportasi di Singapura

Selain tiket pesawat terbang, transportasi selama berlibur di Singapura juga perlu Anda perhatikan. Jika Anda mendarat di Bandara Internasional Changi, Anda bisa menumpang MRT untuk menuju tempat penginapan di pusat kota. Tarif MRT di Singapura sendiri lumayan terjangkau, yaitu SGD 2 atau sekitar Rp22.781 dari Bandara Changi menuju Stasiun Aljunied. Jika Anda bertolak dari Orchard Bay dan ingin menuju Marina Bay, tarif MRT hanya sekitar SGD 1,3 atau Rp14.808 per orang.

Liburan ke Chinatown Singapura (Instagram @visit_singapore)
Liburan ke Chinatown Singapura (Instagram @visit_singapore)

Biaya Makan di Singapura

Sebagai manusia normal, tentunya Anda perlu makan untuk mengisi energi yang akan digunakan berkeliling Singapura. Jika Anda mencari makanan dan minuman dengan harga miring, Anda bisa berkunjung Ice Bread Orchard, Lau Pa Sat, dan Chinatown Food Street dengan harga rata-rata SGD 15 sampai SGD 20 atau sekitar Rp170.836 sampai Rp227.746. Namun, bila Anda seorang Muslim dan menginginkan makanan dan minuman yang dijamin halal, Anda bisa mendatangi kawasan Arab Street, Bugis Street, atau Sultan Mosque dengan kisaran harga mulai SGD 5 sampai SGD 7 atau sekitar Rp56.940 sampai Rp79.719 per porsi. Harga makanan tersebut terpantau stabil atau tak banyak berubah dari tahun-tahun sebelumnya.

Tiket Masuk Tempat Wisata di Singapura

Banyak tempat wisata di Singapura yang tidak memungut tiket masuk alias . Salah satu yang cukup populer adalah Merlion Park, yang bisa diakses dengan berjalan kaki melewati jembatan yang dihiasi tanaman bougenville menuju ke Esplanade. Di sini, Anda bisa berfoto-foto secara gratis dan juga menikmati pertunjukan seni tanpa biaya.

Spot wisata gratis lainnya di Singapura adalah Marina Bay Sands, Garden by The Bay, Singapore River, Orchard Road, Singapore Botanic Garden, Bugis Street, kawasan Clarke Quay, East Coast Park, Marina Barrage, dan Jembatan Henderson Wave. Selain itu, Sentosa Island juga menawarkan beberapa spot gratis, meski ada juga yang dikenakan tiket masuk.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *