Update Pengertian, Jenis, dan Contoh Biaya Produksi

merupakan komponen terpenting dalam akuntansi manajemen dan akuntansi suatu perusahaan. Dalam arti luas, adalah pengorbanan sumber ekonomi yang diukur dalam satuan uang, yang telah terjadi atau yang kemungkinan akan terjadi untuk tujuan tertentu.

Dalam biaya, terdapat 4 (empat) unsur pokok, yaitu biaya merupakan pengorbanan sumber ekonomi, diukur dalam satuan uang, yang telah terjadi atau secara potensial akan terjadi, dan pengorbanan tersebut untuk tujuan tertentu.

Pengertian Biaya

pengertian, biaya, produksi, contoh, tenaga, kerja, langsung, gudang, pabrik, pegawai, tidak, overhead, non, bagian, persediaan, pengolahan, produk, gaji, manajemen, akuntansi

Ilustrasi: diskusi manajemen perusahaan

Untuk pengertiannya sendiri, biaya dapat didefinisikan berdasarkan beberapa pendapat. Ada yang mengatakan bahwa biaya merupakan nilai moneter yang sekarang dan sumber ekonomi yang dikorbankan atau yang harus dikorbankan untuk memperoleh barang dan .

Ada pula yang mendefinisikan biaya berdasarkan dua pengertian berbeda, yaitu biaya dalam artian dan biaya dalam artian expense. Biaya atau adalah pengorbanan sumber ekonomis yang diukur dalam satuan uang yang telah terjadi atau kemungkinan akan terjadi untuk mencapai tujuan tertentu. Sedangkan, beban atau expense adalah biaya yang telah memberikan manfaat dan sekarang telah habis.

Objek dari sebuah biaya juga dapat dipecah lagi berdasarkan beberapa unsur, salah satunya adalah . Objek biaya tersebut dapat digunakan untuk menelusuri biaya dan menentukan seberapa objektif biaya tersebut dapat diandalkan dan seberapa berartinya biaya yang dihasilkan.

Pengukuran biaya tergantung kepada kemampuan untuk menelusuri biaya tersebut ke objek biaya. Penelusuran biaya ke objek biaya akan dapat membedakan biaya menjadi biaya langsung dan tidak langsung.

Misalnya, jika objek biaya yang digunakan adalah produksi, maka biaya langsung dan biaya tenaga kerja langsung merupakan biaya langsung, sedangkan biaya overhead merupakan biaya tidak langsung.  

Jika objek biaya yang digunakan adalah produk, maka setiap bahan yang menyusun produk tersebut serta biaya paten dan royalti merupakan biaya langsung. Demikian juga dengan tenaga kerja langsung yang mengubah bahan baku menjadi produk jadi juga merupakan biaya langsung. Biaya tidak langsung seperti asuransi, sewa pabrik, dan lain sebagainya yang tidak dapat ditelusuri secara langsung ke produk.

Sementara itu, ada pula yang namanya klasifikasi biaya. Klasifikasi biaya atau penggolongan biaya adalah suatu proses pengelompokan biaya secara sistematis atas keseluruhan elemen biaya yang ada ke dalam golongan-golongan tertentu yang lebih ringkas untuk dapat memberikan yang lebih ringkas dan penting.

Salah satu klasifikasi biaya yang umum digunakan adalah biaya dalam hubungan dengan produk. Biaya dalam hubungannya dengan produk dapat dikelompokkan menjadi biaya produksi dan non-produksi.

Pada bahasan kali ini, akan dibahas mengenai biaya produksi. Pengertian dari biaya produksi adalah biaya yang digunakan dalam proses produksi yang terdiri dari bahan baku langsung, tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik.

Pengertian Biaya Produksi

Menghitung Biaya Produksi - (Sumber: shutterstock.com)

Menghitung Biaya Produksi - (Sumber: shutterstock.com)

Biaya produksi ini disebut juga dengan biaya produk yaitu biaya-biaya yang dapat dihubungkan dengan suatu produk di mana biaya ini merupakan bagian dari persediaan. Beberapa biaya yang terdapat dalam biaya produksi akan diuraikan di bawah ini.

Contoh Biaya Produksi

Biaya bahan baku langsung

Bahan baku langsung adalah bahan baku yang merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari produk selesai dan dapat ditelusuri langsung kepada produk selesai.

Contoh dari bahan baku langsung adalah kayu dalam pembuatan mebel, kain dalam pembuatan pakaian, karet dalam pembuatan ban, tepung dalam pembuatan kue, minyak mentah dalam pembuatan bensin,kulit dalam pembuatan sepatu, dan lain-lain.

Tenaga kerja langsung

Baca juga  Macam Produk dan Harga Lemkra (Semua Varian)

Biaya ini merupakan tenaga kerja yang digunakan dalam mengubah atau mengkonversi bahan baku menjadi produk selesai dan dapat ditelusuri secara langsung kepada produk selesai.

Contoh dari tenaga kerja langsung adalah upah tukang serut dan potong kayu dalam pembuatan mebel, tukang jahit, bordir, pembuatan pola dalam pembuatan pakaian, operator mesin jika menggunakan mesin, dan lain-lain.

Biaya overhead pabrik

Biaya yang termasuk dalam overhead pabrik adalah biaya selain bahan baku langsung dan tenaga kerja langsung, tetapi membantu dalam mengubah bahan menjadi produk selesai. Biaya ini tidak dapat ditelusuri secara langsung kepada produk selesai.

pengertian, biaya, produksi, contoh, tenaga, kerja, langsung, gudang, pabrik, pegawai, tidak, overhead, non, bagian, persediaan, pengolahan, produk, gaji, manajemen, akuntansi

Ilustrasi: aktivitas pekerjaan di pabrik

Biaya overhead dapat dikelompokkan menjadi elemen bahan tidak langsung (bahan pembantu atau penolong), tenaga kerja tidak langsung, dan biaya tidak langsung lainnya). Elemen-elemen tersebut juga akan dijelaskan pada uraian berikut ini.

Bahan tidak langsung (bahan pembantu atau penolong)

Bahan tidak langsung adalah bahan yang digunakan dalam penyelesaian produk tetapi pemakaiannya relatif lebih kecil, dan biaya ini tidak dapat ditelusuri secara langsung kepada produk selesai. Contoh biaya bahan tidak langsung adalah amplas, pola kertas, oli dan minyak pelumas, paku, sekrup, mur, dan lain-lain.

Tenaga kerja tidak langsung

Biaya ini merupakan biaya tenaga kerja yang membantu dalam pengolahan produk selesai tetapi tidak dapat ditelusuri langsung kepada produk selesai. Contoh biaya tenaga kerja tidak langsung adalah gaji satpam pabrik, gaji pengawas pabrik, pekerja bagian pemeliharaan, penyimpanan dokumen pabrik, gaji operator telepon pabrik, pegawai pabrik, pegawai bagian gudang pabrik, pegawai yang menangani barang, dan lain-lain.

Biaya tidak langsung lainnya

Biaya ini adalah biaya selain bahan tidak langsung dan tenaga kerja langsung yang membantu dalam pengolahan produk selesai, tetapi tidak dapat ditelusuri langsung kepada produk selesai. Contoh biaya tidak langsung lainnya adalah pajak bumi dan bangunan pabrik, listrik pabrik, dan telepon pabrik, sewa pabrik, asuransi pabrik, penyusutan pabrik, peralatan pabrik, pemeliharaan mesin dan pabrik, gaji akuntan pabrik, reparasi mesin dan peralatan pabrik, dan lain-lain.

Selain biaya produksi, terdapat pula biaya non produksi. Biaya ini disebut juga dengan biaya komersial atau biaya operasi. Biaya ini digolongkan sebagai biaya periode yaitu biaya-biaya yang dapat dihubungkan dengan interval waktu.

loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Pengertian, Jenis, dan Contoh Biaya Produksi"