Update Harga Cetakan Takoyaki (Semua Merk)

Jika Anda penggemar makanan Jepang, Anda pasti tahu camilan bernama takoyaki, yang berbentuk bola dengan potongan gurita di dalamnya. Terbuat dari bahan tepung terigu, Anda bisa membuatnya dengan isian apa pun sesuka Anda. Tidak sulit untuk membuat takoyaki, apalagi jika Anda memiliki cetakannya. Harga cetakan takoyaki di pasaran bisa bervariasi, mulai puluhan ribu rupiah.

Proses pembuatan takoyaki (youtube: TamChannel)
Proses pembuatan takoyaki (youtube: TamChannel)

Takoyaki adalah tepung khusus yang dibentuk menjadi bola-bola dan diisi potongan gurita (tako). Topping takoyaki pun beragam, mulai dari irisan telur, keju, jahe merah, sampai daun bawang. Sementara itu, topping takoyaki original adalah saus teriyaki, mayones, bubuk rumput laut, dan katsuobushi (parutan ikan kering).[1] Saat ini, makanan asal Jepang itu semakin populer di kalangan remaja.

Bacaan Lainnya

Selain membelinya di luar, Anda pun bisa membuat takoyaki sendiri. Untuk membuat takoyaki, Anda membutuhkan cetakan takoyaki. Cetakan berbentuk bulat itu memiliki ukuran bervariasi. Ada yang terdiri dari 5, 6, 8, bahkan lebih dari 10 takoyaki dalam satu cetakan. Ada yang elektrik dan ada yang manual, yang langsung diletakkan di atas kompor.  Di pasaran sendiri, sudah tersedia berbagai merk cetakan takoyaki dengan fitur yang menarik. Berikut beberapa merk cetakan takoyaki yang dianggap punya keunggulan.

Merek Cetakan Takoyaki

  1. Elegant Home Non Stick Takoyaki Pan. Dengan cetakan ini, Anda dapat dengan mudah memasak takoyaki di rumah. Terbuat dari aluminium berkualitas tinggi, cetakan ini menghantarkan panas dengan cepat dan merata sehingga takoyaki Anda akan matang dengan baik. Loyang ini memiliki handle berbahan plastik yang bisa Anda pegang dengan aman saat memasak, sehingga Anda akan aman dari panas loyang.
  2. Kiwi Cetakan Takoyaki 16 Lubang. Cetakan takoyaki merk Kiwi adalah cetakan takoyaki yang berbentuk loyang. Anda bisa menggunakan alat ini dengan meletakkannya di atas kompor. Cetakan takoyaki ini terbuat dari bahan aluminium yang kuat, mudah dicuci, dan dapat digosok dengan spons cuci piring. Dengan bahan aluminium, panas api kompor akan tersebar secara cepat dan cukup merata.
  3. Oxone Takoyaki Maker OX829. Memiliki konsumsi daya 500 Watt dan terbuat dari bahan berkualitas yang diberi lapisan anti lengket. Dengan cetakan ini, Anda bisa membuat takoyaki atau camilan lain dan dengan mudah membersihkannya setelah selesai memasak. Desainnya dan dilengkapi dengan tutup yang menempel pada cetakan, alat ini berdiameter 15,5 cm sehingga tidak sulit untuk disimpan. Alat ini memiliki 7 lubang cetakan yang masing-masing berdiameter 4 cm dan tinggi 3 cm.
  4. TK Takoyaki Pan 24 Holes. TK Takoyaki Pan 24 Holes adalah cetakan takoyaki elektrik dengan konsumsi daya sebesar 800 Watt. Cetakan elektrik ini memiliki 24 lubang dengan piringan loyang besi berlapis resin fluorine yang 100% aman sehingga adonan tidak lengket di loyang. Piringan loyang pada cetakan takoyaki elektrik ini dapat dilepas, membersihkan loyang ini tidaklah merepotkan. Ukuran cetakan elektrik ini cukup besar, karena memuat 24 lubang cetakan.
  5. Iwatani Takoyaki Pan Gas Stove. Cetakan takoyaki ini merupakan cetakan takoyaki yang dilengkapi dengan kompor yang menggunakan gas kalengan dengan berat sekitar 220 gram. Bagian kompor alat ini terbuat dari stainless steel dan bagian loyangnya terbuat dari logam campuran yang ditempa dengan lapisan resin fluorine. Piringan loyang dapat dilepas sehingga Anda tidak akan kesulitan membersihkannya.
  6. D-Stylist Big Takoyaki Maker. D-Stylist Big Takoyaki Maker bisa menghasilkan takoyaki dengan ukuran sangat besar, dengan diameter 8,5 cm. Anda bisa membuat takoyaki dengan beragam isian dan memakannya dengan puas. Anda bisa membuat dua buah takoyaki dalam sekali masak dengan alat ini.  Alat ini memiliki voltase 110 Volt dan pemakaian daya 500 Watt. Perlu diketahui bahwa rata-rata listrik di Indonesia adalah 220 Volt, jadi ingat bahwa Anda memerlukan transformator listrik agar cetakan ini bisa digunakan.
  7. Sunny Cetakan Takoyaki 16. Sunny Cetakan Takoyaki 16 adalah cetakan takoyaki berbentuk loyang dengan handle. Terbuat dari logam aluminium cor, alat ini berwarna hitam dan sudah dilapisi dengan bahan anti lengket. Anda bisa menggunakannya di atas kompor di dapur atau di atas kompor portable. Panas api kompor akan tersebar merata dengan cepat, sehingga memasak takoyaki tidak membutuhkan waktu lama.
  8. I-smart Cetakan Takoyaki 12 Lubang. Cetakan ini merupakan cetakan takoyaki tipe loyang yang bisa digunakan langsung di atas kompor. Terbuat dari bahan logam campuran dan dilapisi Teflon, adonan yang Anda tuang ke lubang cetakan tidak akan lengket. Anda juga tidak membutuhkan banyak minyak untuk memasak takoyaki dengan alat ini.
  9. Cyprus Electric Takoyaki Maker. Cetakan takoyaki elektrik ini merupakan salah satu alat yang harus Anda miliki di dapur Anda. Bentuknya sederhana, terbuat dari bahan berkualitas tinggi dengan lapisan anti lengket dan anti gores. Cara untuk memasak dengan alat ini mudah. Anda cukup menyalakan tombol on/off-nya kemudian tuang adonan saat cetakan sudah panas. Cemilan Anda akan siap dalam waktu 2 menit saja.
  10. Getra Takoyaki Baker. Alat pembuat takoyaki ini menggunakan gas untuk sumber panasnya. Tipe ini adalah tipe cetakan takoyaki yang dilengkapi dengan kompor. Dalam satu cetakan terdapat 28 lubang dan alat ini memiliki 2 cetakan. Sangat cocok bila Anda menggunakannya untuk usaha berjualan takoyaki atau untuk food stall catering.
Baca juga  Harga Kapulaga Jawa (Kering dan Basah)
Ilustrasi: Proses Pembuatan Takoyaki (credit: fun-japan.jp)
Ilustrasi: Proses Pembuatan Takoyaki (credit: fun-japan.jp)

Ada beberapa produk cetakan takoyaki baru seperti keluaran Happy Call dengan 19 lubang yang terbuat dari bahan teflon anti lengket, kemudian merk Yoidesu yang terbuat dari bahan marble, serta merk Subron 7 lubang sehingga menghasilkan takoyaki dalam ukuran lebih besar. Berikut informasi harga lengkapnya.

Harga Cetakan Takoyaki

Merk Cetakan Takoyaki Harga
I-smart Cetakan Takoyaki 12 Lubang Rp98.000
Happy Call Cetakan Takoyaki 19 Lubang Rp100.000
Kiwi Cetakan Takoyaki 16 Lubang Rp132.000
Subron Cetakan Takoyaki 7 lubang Rp142.000
Elegant Home Non Stick Takoyaki Pan Rp217.000
Sunny Cetakan Takoyaki 16 Rp219.000
Yoidesu Cetakan Takoyaki Marble Teflon 15 Lubang Rp245.000
Oxone Takoyaki Maker OX829 Rp410.000
Iwatani Takoyaki Pan Gas Stove Rp585.000
Cyprus Electric Takoyaki Maker Rp799.000
TK Takoyaki Pan 24 Holes Rp1.235.000
D-Stylist Big Takoyaki Maker Rp1.365.500
Getra Takoyaki Baker Rp1.700.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga cetakan takoyaki saat ini di pasaran terpantau fluktuatif. Misalnya, cetakan takoyaki 19 lubang merk Happy Call yang semula dijual seharga Rp105 ribu, kini turun menjadi Rp100 ribu. Berbeda dengan harga cetakan takoyaki 7 lubang Subron yang naik dari Rp108 ribu menjadi Rp142 ribu.

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Harga 1 Set Tabung CO2 untuk Aquascape

Cetakan takoyaki mungkin tidak digunakan setiap hari. Meski demikian, tetaplah penting untuk menjaganya agar tetap bersih. Pastikan cetakan takoyaki yang Anda pilih tidak sulit dibersihkan, sehingga cetakan Anda selalu bersih setelah digunakan dan saat disimpan.

Cara Membersihkan Cetakan Takoyaki

  • Sebelum digunakan, cuci cetakan takoyaki dengan sabun pembersih untuk mencuci piring kemudian disikat dengan sikat pencuci piring.
  • Siapkan mentega dan lap bersih atau tisu.
  • Oleskan mentega pada setiap lubang cetakan secara merata.
  • Bersihkan semua lubang yang telah diberikan olesan mentega. Perlu diingat, jika menggunakan kain lap, usap lubang dengan bagian lap yang berbeda sehingga tidak terjadi perpindahan kotoran dari lubang ke lubang. Apabila menggunakan tisu, gunakan satu atau dua lembar yang berbeda pada tiap lubang.
  • Lakukan proses tersebut beberapa kali sampai tidak ada lagi warna hitam yang melekat pada kain.
  • Jika sudah benar benar bersih, cuci kembali cetakan sebelum digunakan.

Selain dengan mentega, ada juga yang menggunakan minyak goreng untuk membersihkan cetakan takoyaki. Caranya yaitu dengan menuangkan kurang lebih 1/2 sendok teh minyak pada setiap lubang. Lalu, panaskan menggunakan api kecil sampai cetakan mengeluarkan asap. Langkah berikutnya adalah mematikan kompor gas dan tunggu cetakan sampai dingin.

Baca juga  Info Terbaru Harga Ukulele Mahalo (Semua Tipe)

[Update: Ditta]

[1] Kaunang, Claudia. 2014. 101 Travel Tips & Stories. Panduan dan Cerita Perjalanan Seru di 20 Negara. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, hlm. 100.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.