Info Terupdate Harga Kawat (Behel) Gigi

Untuk alasan merapikan letak gigi atau hanya sekadar mengikuti tren, memasang kawat gigi masih menarik minat beberapa kalangan, terutama anak muda. Bahkan, meski kawat gigi cukup mahal. Hal tersebut dikarenakan kawat tersebut akan menempel pada gigi dalam jangka waktu cukup panjang.

Ilustrasi: Harga Kawat Gigi (credit: fdcdentalclinic)
Ilustrasi: Kawat Gigi (credit: fdcdentalclinic)

Selain itu, pemilihan material behel/kawat gigi tentu menjadi pertimbangan yang harus diperhatikan. Kualitas behel akan menentukan efisiensi jangka waktu perawatan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memastikan kawat gigi yang akan digunakan apakah sudah memenuhi standar atau belum.

Bacaan Lainnya

Kawat gigi atau kawat gigi ortodontik, adalah perangkat yang biasa digunakan dalam orthodontic untuk menyelaraskan gigi dan posisi mereka terhadap arah gigitan seseorang. Mereka biasanya digunakan untuk mengoreksi maloklusi. Maloklusi berasal dari Bahasa Latin dan berarti “gigitan buruk/tidak sempurna”, seperti gigi bengkok, rahang atas yang lebih besar dari rahang bawah (overbite), rahang bawah lebih besar dari rahang atas (underbite), gigitan silang dan gigitan terbuka, gigitan dalam, dan berbagai kelemahan gigi dan rahang, termasuk dalam hal ini karena alasan kosmetik atau struktural.[1]

Untuk behel atau kawat gigi akan bervariasi tergantung jenis yang Anda pilih. Harga pada tahun 2022 ini rupanya tidak jauh berbeda dari tahun dan 2021 lalu. Sebagai referensi, berikut ditampilkan daftar kawat gigi yang terkumpul dari berbagai sumber.

Daftar Kawat Gigi Tipe Bracket Metal

Jenis kawat gigi/behel Harga (Rp)
Bracket metal mini ortodhontic 400.000-500.000
Bracket metal mini/std protec 520.000
Bracket metal mini biom 560.000
Bracket metal mini imd licency USA 570.000
Bracket metal mini motif protec 580.000
Bracket metal mini root protec 590.000
Bracket metal mini orthoamerica 680.000
Bracket metal mini motif orthoamerica 730.000
Bracket metal orthoclasic 680.000
Bracket metal std epsilon 800.000
Bracket metal std classone 810.000
Bracket metal dentaurum German 980.000
Baca juga  Info Terbaru Biaya dan Prosedur Mematikan Saraf Gigi
Ilustrasi: Invisible Braces (credit: vibrantsmilesga)
Ilustrasi: Invisible Braces (credit: vibrantsmilesga)

Daftar Kawat Gigi Tipe Bracket Transparant

Jenis kawat gigi/behel Harga (Rp)
Bracket transparant composite 3b 700.000
Bracket transparant composite medkraft 820.000
Bracket transparan ceramic classone 780.000
Bracket transparent ceramic protec 980.000

Daftar Harga Kawat Gigi Lepas Pasang

Jenis kawat gigi/behel Harga (Rp)
Behel lepas pasang twin colour (atas atau bawah saja) 90.000
Behel lepas pasang twin colour (atas bawah) 160.000
Behel lepas pasang power chain (atas atau bawah saja) 90.000
Behel lepas pasang power chain (atas bawah) 160.000
Behel lepas pasang tin colour mix PO (atas twin colour, bawah PO) 150.000
Behel lepas pasang power chain mix PO (atas power chain, bawah PO) 150.000

Secara umum, behel/kawat gigi mempunyai beberapa bagian, yaitu sebagai berikut.

Bagian Behel/Kawat Gigi

  • Ini merupakan alat yang ditempel di gigi dengan menggunakan lem khusus. Bracket dapat dibuat dari berbagai macam bahan misalnya metal, keramik atau batu sapphire. Semakin baik bahan, maka harganya semakin mahal.
  • Kawat lengkung. Kawat ini dipasang pada bracket, yang berfungsi sebagai alat penyalur tekanan pada gigi dan mengatur ke mana arah tekanan tersebut agar gigi bergerak ke arah yang benar.Ukuran dan jenis kawat akan disesuaikan dengan kondisi gigi yang sedang dirawat. Kondisi gigi ini juga yang akan mempengaruhi biaya pasang behel gigi oleh dokter gigi.
  • Cincin ortodonti. Cincin ini disebut juga dengan molar band. Biasanya dipasang pada gigi belakang yang berfungsi sebagai tumpuan kawat pada behel.
  • Karet elastis. Alat ini digunakan untuk mengikat kawat lengkung dengan bracket. Karena sifatnya yang dapat menghilangkan keelastisan, maka Anda perlu menggantinya secara berkala saat keelastisitasan karet dirasa berkurang. Warna karet dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan.
Pasang kawat gigi (sumber: uab.edu)
Pasang kawat gigi (sumber: uab.edu)

Pemasangan behel dapat dilakukan pada siapa saja dengan kisaran umur berapapun, asalkan masih memungkinkan. Pemasangan di usia lebih dini lebih disarankan. Tetapi, usia yang dinilai tepat adalah sekitar 8-14 tahun. Hal ini disebabkan pada masa ini semua gigi sudah mulai tanggal dan gigi permanen sudah mulai tumbuh.

Baca juga  Efek Samping dan Update Harga Infus Kromosom

Pemasangan behel pada usia dewasa tentunya masih dapat dilakukan. Akan tetapi karena rahang telah berkembang sempurna, maka perbaikan gigi akan memakan waktu yang cukup lama. Terlebih jika Anda memiliki masalah gigi yang serius seperti gigi tonggos.

Walaupun memakan waktu lebih lama, bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Sehingga memasang behel di usia dewasa tidaklah terlambat. Anda masih bisa mengoreksi gigi walaupun sudah dewasa.Perlu diketahui bahwa setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itu, Anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter ahli untuk menentukan jenis behel gigi yang sesuai.

Tetapi, jika tujuan Anda menggunakan behel hanya untuk estetika semata, gunakan behel jenis lepasan yang mudah dipakai. Jenis behel lepasan juga cenderung lebih murah dibandingkan dengan behel jenis permanen.

Untuk biaya pemasangan behel akan tergantung dari permasalahan gigi yang ingin dikoreksi dan jenis behel yang Anda inginkan. Biaya pasang behel di dokter gigi spesialis orthodonti tentunya lebih mahal dibandingkan dengan dokter gigi biasa.

Hal tersebut dikarenakan dokter spesialis akan mengatasi masalah koreksi gigi yang lebih rumit dan serius serta membutuhkan pengerjaan yang lebih ekstra sehingga biayanya lebih mahal.

Walaupun biaya pasang behel di dokter gigi spesialis orthodonti lebih mahal, bagi Anda yang memiliki permasalahan susunan gigi yang serius, berkonsultasi ke dokter spesialis dapat membuat Anda lebih puas.

Untuk pemasangan behel transparan akan lebih mahal dibandingkan dengan pemasangan behel biasa. Biaya memasang di ahli gigi mungkin lebih murah, namun keamanannya tidak terjamin karena tidak di tangan oleh ahlinya.

Jika Anda ingin memasang behel, sangat disarankan untuk konsultasi dan memasangnya di dokter gigi pilihan Anda agar lebih aman dan memiliki kemajuan yang baik dan cepat. Harga behel dapat dibagi menjadi dua tipe sebagai berikut.

Tipe Kawat Gigi

  • Behel gigi permanen. Pemasangan ini bertujuan untuk merawat gigi dengan permasalahan cukup parah. Harga termurahnya tahun 2021 lalu berkisar antara Rp7.5000, sampai dengan Rp12.000.000 atau bahkan lebih, tergantung tingkat keparahan dan jenis behel yang digunakan.Untuk harga behel gigi asli dengan bahan metal, Anda bisa memasangnya dengan harga Rp5.000.000. Jika behel Anda berbahan metal titanium, harganya lebih mahal yaitu Rp7.500.000-12.000.000. Harga behel gigi transparan akan lebih mahal lagi.
  • Behel gigi lepas pasang. Harga pemasangan ini lebih murah dibandingkan behel permanen. Biasanya Anda bisa menggunakan jenis behel ini jika Anda hanya memerlukan koreksi yang ringan atau dalam tahap akhir koreksi gigi. Anda cukup menyiapkan dana sekitar Rp500.000 sampai dengan Rp4.000.000 untuk mendapatkan behel gigi lepas pasang. Harga sangat dipengaruhi jenis behel yang Anda pilih.
Baca juga  Info Terbaru Harga Larutan Saline untuk Bayi
Kawat gigi (sumber: usnews.com)
Kawat gigi (sumber: usnews.com)

Agar dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas, berikut kisaran biaya pemasangan kawat gigi di sejumlah klinik gigi seperti dilansir dari Alodokter.

Biaya Pemasangan Kawat Gigi

Nama Klinik/Rumah Sakit Biaya Pasang Behel Mulai (Rp)
Klinik Dental Theory 3.500.000
Orange Dental Minggu 5.000.000
Klinik Viva Medika Centro City 5.400.000
Klinik Holicare Bintaro 6.000.000
RS EMC Tangerang 7.200.000
Klinik Sola Gracia Jakarta 10.000.000
RS Gigi dan Mulut YARSI 11.500.000
RS Permata Bekasi 11.577.000
Orthopoint Dental Clinic 15.000.000
Eka Hospital BSD 16.700.000
RS Premier Jatinegara 19..000

Harga atau biaya pemasangan kawat gigi di atas merupakan kisaran umum, apabila terdapat perbedaan harga, biasanya disesuaikan dengan kebijakan masing-masing dokter gigi. Tetapi harga di atas dapat menjadi referensi bagi Anda yang berniat memasang kawat gigi.

Apabila Anda berencana untuk memasang bracket atau kawat gigi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter gigi terlebih dahulu dan lakukan perawatan gigi di rumah sakit atau klinik gigi yang memang telah berpengalaman untuk meminimalisir risiko-risiko yang mungkin terjadi dari pemasangan behel. Biasanya, Anda juga dianjurkan untuk melakukan sederet pemeriksaan, termasuk rontgen gigi dan sebagainya. Biaya pemeriksaan penunjang itu pun perlu Anda perhitungkan terlebih dahulu.

[Update: Dian]

[1] Priyatna, A. 2011. My Little Angel. Jakarta: Elex Media Komputindo, hlm 225.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar