Review, Spesifikasi, dan Harga Roland XPS 10 (Baru & Bekas)

Berbicara mengenai , nama Roland memang tidak boleh dipinggirkan. Pasalnya, brand asal Jepang yang sudah eksis sejak tahun 1972 tersebut menjadi populer yang menjadi pilihan banyak kelas dunia. Roland sendiri punya beragam tipe , salah satunya tipe XPS 10 yang punya cukup ramah di kantong.

Roland XPS 10 (sumber: id.roland.com)

Roland XPS 10 (sumber: id.roland.com)

Sebelum membahas mengenai keyboard XPS 10, tidak ada salahnya jika kulik sedikit mengenai Roland. Merk ini didirikan oleh Ikutaro Kakehashi di Osaka pada tanggal 18 April 1972 silam. Sebelumnya, ia mendirikan Ace Electronic Industries pada 1960 yang memproduksi berbagai combo, gitar listrik, amplifier, dan pedal efek. Kemudian, Kakehashi memutus hubungan dengan Ace Electronic Industries, dan juga Hammond, untuk mendirikan Roland.

Selain Roland yang dipasarkan untuk produk synthesizer, digital piano, sistem drum elektrik, DJ gear, gitar, amplifier, dan produk rekaman, perusahaan ini juga menawarkan produk lainnya dengan brand berbeda. BOSS misalnya, merupakan brand untuk pedal gitar, unit efek, hingga rekaman portabel, sedangkan merk Edirol untuk sistem penyuntingan video dan merk Roland DG memproduksi mesin pencetak format besar dan mesin pemahat.

Review Roland XPS 10

Dari sekian instrumen keluaran Roland, keyboard dan piano digital memang menjadi yang paling populer. Bahkan, keyboard buatan Roland menjadi pilihan banyak musisi kelas dunia. Pasalnya, produk buatan Roland dikenal punya dalam balutan gaya klasik hingga elektro mutakhir, dengan suara, fitur kinerja, serta kemudahan penggunaan, sehingga cocok bagi pemain pemula hingga profesional.

Baca juga  Daftar Harga Terbaru Sleeping Bag Rei (Semua Model)

Dari sekian banyak keyboard yang sudah diluncurkan Roland, salah satu yang dikatakan pas untuk mengeksplorasi ide-ide musik yang liar adalah XPS 10. XPS 10 merupakan sebuah synthesizer terbaru namun mempunyai kualitas yang profesional.[1]Dengan user interface yang intuitif memungkinkan pengoperasian yang cepat dan mudah, XPS 10 hadir dikemas dengan berbagai koleksi sound yang bervariasi dari JUNO-Di, dan legendaris Roland synth seperti D-50, XP-60/30/10.

Memainkan Roland XPS 10 (sumber: chinahao.com)

Memainkan Roland XPS 10 (sumber: chinahao.com)

Secara tampilan, dengan desain yang luar biasa ringan dan kompak, XPS 10 sangat mudah bagi satu orang untuk membawanya dari satu tempat ke tempat yang lain.[2] Dengan berat hanya 4 kg, ini sangat ideal untuk pemain klub malam, saat pemain tur, pemusik gereja, dan juga untuk perform di jalanan, busking, dan situasi kinerja mobile lainnya. Berkat suara dan fitur pro-nya, XPS 10 diklaim bakal tampil seperti kelas atas di setiap tempat, mulai dari klub sampai ruang konser besar.

Untuk sound, XPS 10 sudah dikemas dengan lebih dari 1500 suara berkualitas pro, banyak di antaranya berasal dari JUNO-Di yang sangat populer. Ada banyak pilihan suara yang siap digunakan untuk memenuhi berbagai gaya musik, dengan piano akustik dan elektrik, organ, string, brass, synths, dan instrumen penting lainnya yang Anda inginkan. Selain itu, juga tersedia suara lama dari karya klasik Roland terakhir, termasuk produk legendaris seperti D-50, XP-60/-30/-10, dan SRX Expansion Board.

Baca juga  Update Harga Tupai Terbang & Perbedaannya Dengan Sugar Glider

Tidak berhenti di situ, karena perangkat ini bisa di-upgrade, pemain tidak terbatas hanya pada suara internal. Melalui memori flash USB, Anda juga dapat mengintegrasikan suara custom Anda sendiri. Dengan menggunakan fungsi sample import, file audio WAV yang tersimpan pada memori USB dapat dipetakan dengan mudah ke keyboard, dengan semua nada yang sesuai diberikan secara otomatis. Beberapa file audio dapat diimpor dan disimpan di XPS 10 (hingga total 32 MB). Anda dapat menggunakan mode Patch atau Performance seperti tone yang sudah disertakan.

Panel XPS 10 pun sudah dilengkapi enam Audio Pads untuk memutar file audio WAV, AIFF, dan MP3 saat tampil. Cukup sertakan memory stick USB dengan backing track favorit Anda, loop, dan efek suara, lalu nyalakan mereka dari enam pad yang Anda inginkan. Poin loop dapat diatur untuk file WAV dan AIFF, yang memungkinkannya dimainkan terus-menerus dengan menekan tombol Loop. Selain itu, Audio Pads dapat digunakan untuk memainkan pilihan ritme XPS 10, memberikan kemudahan untuk latihan, jamming, dan performa.

Karena dirancang untuk pertunjukan live, kemudahan antarmuka XPS 10 memungkinkan Anda berfokus pada musik. Suara diatur dalam kategori yang wajar untuk pemilihan cepat, dan pilihan favorit Anda dapat ditugaskan ke tombol khusus untuk memanggilnya dengan cepat. Sangat mudah untuk layer dua suara bersama-sama, atau untuk membagi keyboard dan bermain, misalnya bass di tangan kiri dan piano atau string di tangan kanan.

Baca juga  Info Terkini Harga Bass Drum Rolling Baru dan Bekas (Semua Ukuran)

Spesifikasi Roland XPS 10

Roland XPS 10 (sumber: reverb.com)

Roland XPS 10 (sumber: reverb.com)

Keyboard61 key
Maximum Polyphony128 voices (varies according to the sound generator load)
Parts16 parts
Preset MemoryPatches 1.273 + 256 (GM2), Drum Kits 19 + 9 (GM2), Performances 16
User MemoryPatches 256, Drum Kits 8, Performances 128, Favorites 100
EffectsMulti-effect 3 systems 78 types, Chorus 3 types, Reverb 5 types
Sample ImportAudio file WAV
Audio Pad SectionFile format WAV, AIFF, MP3
Rhythm PatternPreset 24 groups x 6
ArpeggioPreset 128
ControllersPitch bend, sound modify slider x 9
Display16 character 2 line LCD
ConnectorPhone jack, output jack, pedal jack, USB computer port, USB memory port, DC-IN jack
Dimension1.002 mm x 251 mm x 93 mm
Weight4 kg

Harga Roland XPS 10

Tidak sulit mendapatkan keyboard Roland XPS 10 karena produk ini sudah dijual bebas di .Anda bisa membelinya di berbagai toko instrumen musik maupun situs jual beli online. Di dalam negeri, produk baru Roland XPS 10 sekarang dilepas dengan harga Rp6.300.000 hingga Rp6.800.000, sedangkan produk bekasnya yang masih mulus ditawarkan dengan harga Rp4,2 juta hingga Rp5,5 jutaan.

[1] Roland Indonesia. XPS-10 Expandable Synthesizer (//www.rolandindonesia.co.id/produk/aplikasi/0/XPS-10, Online). Diakses 21 November 2019.

[2] Roland. XPS-10 Expandable Synthesizer (//id.roland.com/products/xps-10/, Online). Diakses 21 November 2019.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Review, Spesifikasi, dan Harga Roland XPS 10 (Baru & Bekas)"