Update Harga Pengharum Ruangan Otomatis (Berbagai Merk)

Bau tidak sedap di ruangan bisa membuat sebagian orang merasa pusing dan mual. Untung saja, ini dapat diatasi dengan berbagai cara, mulai dari membersihkan ruangan, mengatur sirkulasi udara, hingga menyemprotkan parfum ruangan. Dari semua cara itu, penggunaan pengharum ruangan dinilai praktis dan lebih hemat, karena harga jualnya yang relatif terjangkau. Selain itu, ada juga pewangi ruangan otomatis yang sedang populer di Nusantara.

Pengharum ruangan otomatis (Sumber: bp-guide.id)
Pengharum ruangan otomatis (Sumber: bp-guide.id)

Pengharum ruangan otomatis biasanya berbentuk cair dan bukan jel. Produk seperti ini dikemas dalam tabung berbahan logam supaya tidak mudah rusak, apalagi pewangi seperti ini diketahui mengandung alkohol. Zat aktif ini mampu membuat pengharum ruangan mudah teroksidasi dan menyebar ke seluruh penjuru ruangan. Inilah yang menyebabkan aroma parfum bisa mengisi seluruh ruangan. Cara kerja pengharum ruangan otomatis biasanya beroperasi dengan jarak waktu 10-40 menit, yang akan menyemprotkan spray pewangi. Jarak waktu tersebut dapat disesuaikan dengan keperluan.

Bacaan Lainnya

Supaya parfum ruangan bisa menyemprotkan liquid secara otomatis, produk ini dilengkapi dengan alat khusus. Alat ini berupa mesin berukuran kecil hingga sedang yang bisa dipakai dengan daya baterai atau listrik. Di bagian badan piranti. terdapat tombol khusus untuk membuka bagian belakang atau depan aplikator. Anda bisa menekan tombol ini untuk memasukkan tabung berisi pengharum ruangan.

Cara Menggunakan Pengharum Ruangan

  • Masukkan botol pengharum ruangan ke dalam tempat pengharum ruangan dengan posisi bagian kepala tabung di atas.
  • Masukkan baterai ke dalam tempat battery control yang terdapat pada tempat pengharum ruangan otomatis. Pastikan Anda memasang dengan tepat dan biasanya baterai yang dipakai adalah baterai ukuran kecil mulai AA hingga AAAA.
  • Aktifkan tombol ‘ON’ sehingga terlihat lampu menyala pada pengharum ruangan. Ini sangat penting sebagai pertanda bahwa pengharum ruangan siap dipakai.
  • Aturlah jeda waktu pengharum ruangan berdasarkan waktu yang diinginkan. Untuk mengaturnya, Anda bisa memilih jeda waktu antara 10, 20, 30, atau bahkan 40 menit. Dengan begitu, pengharum ruangan akan secara otomatis mengeluarkan aroma wangi sesuai jeda waktu yang telah ditentukan.
  • Pasang parfum ruangan otomatis di tempat yang strategis. Sebagai contoh, Anda bisa memasangnya di dinding atau di atas meja. Ini akan membuat cairan pengharum bisa menyebar dengan mudah ke seluruh tempat.
  • Pengharum ruangan otomatis sama seperti pewangi ruangan manual yang memiliki banyak varian dan aroma. Anda bisa memilih wangi kesukaan Anda, mulai dari floral atau bunga, buah-buahan, hingga kopi. Sebagai informasi, saat ini, pewangi aroma kopi sedang laris di pasaran. Wangi kopi yang tajam mampu mengatasi aroma tidak sedap sekaligus membuat udara di sekitar ruangan menjadi lebih segar.
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Anda dapat membeli pengharum ruangan otomatis tersebut di toko-toko terdekat, atau melalui pembelian online. Apabila isi dari pengharum ruangan habis, maka Anda bisa membeli refill-nya. Untuk refill parfum ruangan ini, dijual dalam berbagai kemasan. Anda harus pandai menyesuaikan ukuran tabung pewangi dengan alat pengharum ruangan otomatis yang Anda miliki. Jika ukuran botol refill tidak sesuai, maka alat tidak bisa dipakai dan Anda hanya bisa memakai pewangi ruangan secara manual.

Mengenai harga pengharum ruangan otomatis, pada 2021, Stella Air Freshener Alat Matic ditawarkan Rp68.500 dan Stella Air Freshener Mini Alat Matic seharga Rp57.000. Kemudian pada 2022 lalu, harga Stella Air Freshener Alat Matic naik menjadi Rp72.700, sedangkan harga Stella Air Freshener Mini Alat Matic sedikit turun menjadi Rp53.900. Berikut info perbandingan harga pengharum ruangan otomatis yang berlaku antara tahun lalu dan saat ini di pasaran.

Pengharum Ruangan Otomatis (credit: Instagram @pamelaagri)
Pengharum Ruangan Otomatis (credit: Instagram @pamelaagri)

Harga Pengharum Ruangan Otomatis

 Merk Pengharum Ruangan Otomatis     Harga Sebelumnya          Harga Sekarang
Stella Air Freshener Mini Matic Refill 40 ml Rp25.000 Rp25.300
Stella Air Freshener Matic Refill Wild Flower 225 ml Rp35.400 Rp38.100
Stella Air Freshener Matic Refill Green Fantasy 225 ml Rp35.400 Rp35.700
Stella Air Freshener Matic Refill Fruit Fiesta 225 ml Rp35.400 Rp35.700
Freshmatic Air Freshener Refill Rp36.700 Rp36.700
Stella Air Freshener Mini Alat Matic Rp53.900 Rp54.400
Dahlia Freshgo Matic Spray Rp69.900 Rp69.900
Stella Air Freshener Alat Matic Rp72.700 Rp72.500
Glade Automatic 3 in 1 Rp88.900 Rp97.500
Krisbow Pengharum Ruangan Otomatis Rp169.500 Rp159.920
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Informasi harga pengharum ruangan otomatis di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual online. Berdasarkan tabel tersebut, harga pengharum ruangan otomatis di pasaran saat ini terpantau fluktuatif. Perlu dicatat, harga produk ini tidak terikat karena bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual.

Efek Samping Pemakaian Pengharum Ruangan

Walau pengharum ruangan otomatis memiliki banyak keunggulan, produk ini juga punya beberapa kekurangan. Mesin pewangi ruangan memiliki suara yang cukup kencang saat menyemprotkan parfum. Tak jarang, ini membuat beberapa orang merasa kaget dan sedikit terganggu, apalagi jika pewangi ruangan otomatis bekerja di malam hari. A

Selain itu, diketahui dari berbagai sumber, pengharum ruangan memiliki risiko berbahaya terhadap kesehatan. Kandungan bahan pada parfum ruangan tidak bisa larut dan mudah menempel. Zat kimia yang menempel dan tidak dibersihkan, akan mengendap dan bisa masuk ke dalam tubuh. Hal ini bisa menyebabkan keracunan dan gangguan sistem pernapasan, terutama pada mereka yang berada pada kondisi rentan, seperti ibu hamil, , anak, dan orang yang sensitif terhadap zat-zat pewangi.

Bagi Anda yang ingin memakai pengharum ruangan otomatis tanpa efek samping, Anda bisa memilih produk yang sehat. Pilihlah parfum ruangan yang tidak mengandung zat pengawet, formaldehyde, dan methylchloroisothiazolinone. Pilih juga pengharum ruangan yang lebih banyak mengandung bahan-bahan herbal. Meskipun harga pewangi ruangan herbal lebih mahal, Anda tidak akan terkena dampak negatifnya.

Pengharum ruangan otomatis (sumber: productnation.co)
Pengharum ruangan otomatis (sumber: productnation.co)

Cara Memilih Pengharum Ruangan Otomatis

  • Sesuaikan ukurannya dengan luas ruangan. Sesuaikanlah ukuran pengharum ruangan otomatis dengan luasnya ruangan. Apabila ruangan sempit, cukup gunakan pengharum ruangan ukuran kecil sekitar 15 ml. Pasalnya, jika Anda menggunakan pengharum ruangan ukuran besar, wangi yang disemprotkan akan terasa lebih menyengat.
  • Perhatikan durasi timer penyemprot otomatis. Pengharum ruangan otomatis akan menyemprotkan wewangian setiap beberapa menit sekali. Rata-rata durasi waktunya adalah 15 menit, 30 menit, atau 60 menit. Ada pula produk yang menggunakan sensor cahaya atau gerak. Beberapa produk juga ada bisa diatur sendiri timer waktunya, tetapi ada pula yang tidak bisa diganti. Jadi, Anda pun perlu memeriksa fitur timer di kemasannya.
  • Pertimbangkan bentuk yang menarik sebagai hiasan. Bentuk pengharum ruangan otomatis saat ini sangatlah beragam. Supaya ruangan tampak lebih estetis, bentuk pengharum ruangan yang menarik patut Anda pertimbangkan. Dengan demikian, ruangan Anda tidak hanya menjadi lebih wangi, tetapi pengharumnya bisa menjadi item dekorasi yang mempercantik ruangan. Ruangan yang cantik dan wangi dijamin akan membuat Anda makin bersemangat untuk beraktivitas.
  • Pilih yang bisa diisi ulang dengan berbagai ukuran. Kebanyakan alat pengharum ruangan otomatis hanya bisa diisi ulang dengan satu ukuran yang sama. Padahal, Anda mungkin ingin menggantinya dengan ukuran yang berbeda, lalu memindahkannya ke ruangan lain. Jika demikian, Anda patut mempertimbangkan produk pengharum ruangan yang bisa diisi ulang berbagai ukuran. Jadi, Anda tidak perlu membeli yang baru ketika ingin mengganti botol isi ulangnya dengan ukuran yang lain.
  • Pilih aroma yang menenangkan dan menyegarkan. Tentukanlah di mana Anda akan memasang pengharum ruangan otomatis. Untuk ruangan santai keluarga atau kamar, ada baiknya memilih wangi yang menenangkan. Saat mencium wanginya, Anda akan merasa lebih rileks dan bisa beristirahat dengan nyaman. Beberapa wewangian yang menenangkan antara lain jasmine, chamomile, citrus, dan lavender.
  • Jika ruangannya luas, sebaiknya gunakan pengharum ruangan ukuran besar sekitar 200–300 ml. Dengan demikian, wangi yang disemprotkan akan menjangkau dan tersebar lebih merata tanpa menimbulkan bau yang menyengat. Untuk itu, sebelum membeli, pastikan Anda membaca keterangan ukuran pengharum ruangan yang biasanya tertera di kemasan luar.
Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Jika Anda ingin meletakkan pengharum ruangan otomatis di ruang kerja, sebaiknya pilihlah wangi yang menyegarkan. Wewangian menyegarkan yang bisa Anda pilih antara lain kopi, vanila, atau kayu manis. Dengan mencium wangi-wangi tersebut, Anda akan merasakan tubuh lebih bersemangat, konsentrasi meningkat, dan lebih tenang dalam bekerja.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *