Biaya Pesantren Insan Cendekia Madani Serpong 2022/2023 (SD, SMP, SMA)

Selain mendaftarkan putra-putrinya ke sekolah negeri, tak sedikit para orang tua di Tanah Air yang memasukkan anaknya ke sekolah berbasis keagamaan. Misalnya, pemeluk agama lebih menyukai pendidikan berbasis Islami yang bisa didapatkan dari sejumlah pondok pesantren. Nah, salah satu pondok pesantren yang cukup populer di Indonesia adalah Pesantren Insan Cendekia Madani yang berada di kawasan Tangerang. Biaya pendidikan di ponpes tersebut bervariasi sesuai dengan jenjangnya.

Gedung sekolah Insan Cendekia Madani (sumber: icm.sch.id)
sekolah Insan Cendekia Madani (sumber: icm.sch.id)

Profil Pesantren Insan Cendekia Madani

Insan Cendekia Madani Boarding School sendiri merupakan salah satu pondok pesantren berbasis Internasional yang menyediakan program pendidikan mulai dari jenjang Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Pesantren ini menerapkan kurikulum khusus yang disusun untuk memberikan pelayanan yang maksimal terhadap perkembangan kompetensi yang dimiliki siswa, agar siswa yang rata-rata berkemampuan tinggi dapat ditumbuhkembangkan secara benar dan tepat ke arah penguasaan IMTAQ dan IPTEK secara seimbang.

Bacaan Lainnya
Pesantren Insan Cendekia Madani

Dalam pelaksanaannya, sekolah Insan Cendekia Madani (ICM) menggunakan kurikulum nasional bertaraf internasional yang disesuaikan dengan visi dan misi sekolah, serta dalam rangka mempersiapkan siswanya mampu menghadapi ujian nasional, seleksi masuk ke sekolah, dan perguruan tinggi, baik di dalam maupun di luar negeri. Untuk menyikapi tuntutan tersebut, dalam struktur kurikulum, ada beberapa mata pelajaran yang ditambah jam tatap mukanya, antara lain bidang MAFIKIBI (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi), Bahasa Inggris, dan Pendidikan Agama Islam.

Baca juga  Update Biaya Kuliah di Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Khusus untuk jenjang menengah atau setingkat SMP, Insan Cendekia Madani menggunakan Kurikulum Madani yang mengintegrasikan Kurikulum Nasional 2013 (K-13), Kurikulum Cambridge untuk Matematika, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan (Fisika, Kimia dan Biologi), mata pelajaran Islam, dan A Quran. Pembelajaran aktif adalah metodologi yang digunakan di SMA Insan Cendekia Madani.

Program belajar mengajar mengembangkan pemahaman yang berkelanjutan dari konsep-konsep komprehensif, menempatkan siswa secara individu sebagai pusat dari proses. Merencanakan, mengajar, dan menilai fokus pada tujuan pendidikan jangka panjang, dengan refleksi dan komunikasi yang berkelanjutan antara sekolah, siswa, dan orang tua menjadi bagian penting dari program sekolah ini.

Sementara, untuk jenjang SMA, akan menggunakan Kurikulum Cambridge Checkpoint yang mencakup mata pelajaran Matematika, Sains, dan Bahasa Inggris. Ini adalah program 2 tahun yang dimulai pada kelas 7 dan diuji di kelas 8. Program 2 tahun lainnya, yaitu IGCSE, akan mulai di kelas 9 dan diuji di kelas 10. Mata pelajaran yang ditawarkan untuk IGCSE adalah Matematika, Sains (Fisika, Biologi, dan Kimia), dan juga Bahasa Inggris.

Di setiap Kurikulum Cambridge yang terdaftar di Sekolah Insan Cendekia Madani, baik untuk Program Sekolah Menengah dan maupun High School, bagi siswa yang tertarik untuk memiliki program ini, akan dilengkapi dengan persiapan ujian dan ujian praktik (jika ada). Segala biaya yang terjadi dengan penerapan ujian Cambridge dan persiapannya, akan dikontribusikan oleh orang tua.

Ilustrasi: Gedung Insan Cendekia Madani (credit: icm.sch.id)
Ilustrasi: Insan Cendekia Madani (credit: icm.sch.id)

Karena menjadi warga negara Indonesia, wajib bagi kita untuk mengikuti ujian nasional (UN). Ujian nasional akan berlangsung sekitar bulan Maret atau April setiap tahun akademik. Sebelum ujian, akan ada serangkaian ujian tiruan (try out) yang diselenggarakan oleh berbagai institusi, termasuk ujian try out yang dilakukan oleh pihak Insan Cendekia Madani.

Baca juga  Pendaftaran dan Biaya Kuliah Universitas Sahid (USAHID) TA 2022/2023

Sebelumnya, ujian nasional adalah satu-satunya indikator valid yang ditetapkan oleh pemerintah untuk menentukan apakah siswa sekolah menengah atau atas lulus program sekolah menengah atau atas atau tidak. Untuk mempersiapkan siswa menghadapi ujian nasional, secara internal Sekolah Insan Cendekia Madani menyelenggarakan kelas intensif untuk para siswanya.

Kelas intensif tersebut dirancang untuk mendukung siswa dengan tingkat kompleksitas dan frekuensi yang lebih tinggi untuk semua topik yang diuji dalam ujian. Siswa harus berpartisipasi dalam kelas intensif untuk mendapatkan persiapan menyeluruh yang didukung oleh guru mereka sendiri. Hasil uji coba kemudian akan diinformasikan secara individual kepada semua orang tua.

Sementara, untuk mempersiapkan siswa sekolah menengah atas untuk program akademik tingkat selanjutnya, Sekolah Insan Cendekia Madani telah merancang beberapa kegiatan, yang tujuannya adalah untuk mengekspos siswa kami dengan banyak pilihan universitas dan jurusan yang dapat mereka miliki, termasuk persyaratan masuk dan penerimaannya. Kegiatan yang sama juga dirancang untuk orang tua, sehingga orang tua sangat menyadari persyaratan masuk baru, sehingga orang tua dapat bekerja secara kolaboratif dengan sekolah untuk memfasilitasi perencanaan siswa untuk universitas.

Untuk biaya yang ada di Pesantren Insan Cendekia Madani, tentunya bervariasi tergantung program pendidikan yang akan diambil oleh calon siswa. Namun, karena memiliki kurikulum berbasis internasional, maka tak heran jika biaya pendidikan di sekolah ini tergolong cukup tinggi. Berikut rincian biaya pendidikan siswa baru untuk jenjang SMP dan SMA di Insan Cendekia Madani Boarding School (yang diambil langsung dari flyer resmi pesantren).

Biaya SD Insan Cendekia Madani TA 2022/2023

Kategori Siswa Komponen Biaya
Registrasi Biaya Masuk Biaya Sekolah
Reguler Rp750.000 Rp49.500.000 Rp4.900.000
Sibling A Rp750.000 Rp47.200.000 Rp4.900.000
Sibling B Rp750.000 Rp41.300.000 Rp4.900.000
Baca juga  Update Biaya Kuliah Magister Manajemen (MM) UGM (Yogyakarta dan Jakarta)

Menurut informasi terbaru, biaya sekolah di Insan Cendekia Madani jenjang SD tahun ajaran 2022/2023 rupanya tak jauh berbeda dari tahun 2021/2022 dan 2020/2021.

Biaya SMP Insan Cendekia Madani TA 2022/2023

Komponen Biaya Biaya (Rp)
Dana Sumbangan Pendidikan 8.600.000
Biaya Buku & Kegiatan 3.400.000
Seragam 1.000.000
Syahriyyah Per Bulan 2.500.000
Total 15.500.000

Biaya pendidikan SMP Insan Cendekia Madani di atas bisa berubah sesuai perubahan tahun ajaran. Jika dibandingkan dengan TA 2021/2022 dan 2020/2021, biaya pendidikan SMP Insan Cendekia Madani TA 2022/2023 relatif stabil.

Biaya SMA Insan Cendekia Madani TA 2022/2023

Ilustrasi: Gedung Asrama Putri Insan Cendekia Madani (credit: icm.sch.id)
Ilustrasi: Asrama Putri Insan Cendekia Madani (credit: icm.sch.id)
Komponen Biaya Biaya (Rp)
Dana Sumbangan Pendidikan 12.600.000
Biaya Buku & Kegiatan 3.400.000
Seragam 1.000.000
Syahriyyah Per Bulan 2.500.000
Total 19.500.000

Biaya pendidikan SMA Insan Cendekia Madani di atas bisa berubah sesuai perubahan tahun ajaran. Jika dibandingkan dengan TA 2021/2022 dan 2020/2021, biaya pendidikan SMA Insan Cendekia Madani TA 2022/2023 relatif stabil.

Syarat Pendaftaran Insan Cendekia Madani

  • Melakukan pendaftaran online dengan mengakses admission.icm.sch.id.
  • Melampirkan fotokopi Akta Kelahiran
  • Pasfoto ukuran 3 x 4 sebanyak 1 lembar
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Biaya registrasi Rp350.000.

Jadwal Pendaftaran Insan Cendekia Madani 2022/2023

Menurut keterangan di situs resminya, Insan Cendekia Madani sudah membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun akademik 2022/2023 mulai tanggal 2 Januari 2022 hingga kuota terpenuhi. Anda bisa melakukan pendaftaran secara online melalui alamat admission.icm.sch.id. Jika Anda membutuhkan informasi lebih detail, silakan menghubungi ICM Info Center di nomor telepon (021) 75876564 atau email di alamat [email protected]

 

[Update: Almas]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.