Update Harga Mesin Jahit Otomatis Juki

Mesin jahit adalah salah satu peralatan rumah tangga yang biasa dimiliki oleh ibu rumah tangga. Namun, tidak semua ibu rumah tangga bisa menggunakan peralatan ini. Nah, memudahkan para ibu atau mereka yang ingin menjahit, sekarang sejumlah merk, seperti Juki, sudah meluncurkan mesin jahit otomatis. Walau punya fitur lebih canggih, harga varian ini ternyata relatif terjangkau.

Mesin Jahit Otomatis
Mesin Jahit Otomatis

Umumnya, mesin jahit yang banyak dipakai adalah mesin jahit manual. Namun, mesin jahit ini mempunyai kelebihan dan kelemahan. Kelebihannya adalah hasil jahitan yang rapat, rapi, dan akan membuat bahan kain yang dijahit terlihat lebih bagus dan berkualitas tinggi. Namun, tusuk jahitan pada kain cenderung akan mudah lepas.

Bacaan Lainnya

mencegah tusuk jahit pada bahan kain terlepas, penjahit harus pandai menggunakan dua benang paralel, jarum bawah, dan atas gulungan agar tercipta hasil benang jahitan kunci untuk mengikat tusuk jahitan. Beruntung, saat ini sudah banyak mesin jahit manual yang menghasilkan jahitan benang yang berbentuk zigzag agar jahitan benang tidak mudah terlepas.

Kelebihan Mesin Jahit Otomatis

Sementara itu, mesin jahit lainnya seperti mesin jahit listrik atau otomatis pada dasarnya juga mempunyai manfaat yang sama dengan mesin jahit manual, yaitu menjahit, mengobras, mengesum, dan membordir bahan kain sehingga bahan kain mempunyai nilai guna yang lebih tinggi daripada sebelumnya.

Perbedaan mesin jahit listrik, komputer, dan manual hanya pada bentuk atau desain mesin, beberapa komponen, tenaga penggerak, dan hasil jahitan. Karena mesin jahit listrik tidak menggunakan tenaga manusia yang harus dikerjakan secara manual, mesin jahit ini mampu memproduksi lebih banyak hasil jahitan jika dibandingkan dengan mesin jahit manual.

Baca juga  Update Harga Biskuit Regal (Kaleng, Karton, dan Sachet)

Salah satu contoh mesin jahit otomatis yakni mesin jahit high speed, yang kerap digunakan pada usaha konveksi jadi. Mesin jahit yang digunakan pada konveksi pakaian jadi berbeda dengan mesin jahit yang digunakan di rumah tangga. Perbedaan tersebut terletak pada besarnya dinamo yang digunakan dan kecepatan menjahitnya. Mesin jahit konveksi menggunakan dinamo besar dengan kecepatan jahitan mencapai 5.000 jahitan per menit.

Varian Mesin Jahit Juki

Salah satu merk mesin jahit terbaik dan ternama saat ini adalah Juki. Juki sendiri merupakan perusahaan yang memproduksi mesin jahit dari Jepang. Sebenarnya, selain memproduksi produk mesin jahit manual, perusahaan ini pun telah memproduksi mesin jahit portable dan mesin obras. Kini produknya sudah dipasarkan hingga ke 150 negara di dunia. Soal kualitas, sudah tidak perlu diragukan lagi karena merek Juki berhasil mengantongi ISO 14001 dan ISO 9002.

Juki HZL-12Z misalnya, dapat digunakan dengan mudah oleh para pemula maupun para penjahit yang sudah mahir. Fitur yang dimiliki mesin jahit ini adalah adanya tujuh jenis jahitan dan satu jenis lubang kancing. Selain itu, mesin jahit ini dilengkapi dengan lampu LED berwarna putih, pemutus benang, dan adanya pengatur lebar dan panjangnya jahitan.

Mesin jahit Juki (sumber: Bukalapak)
Mesin jahit Juki (sumber: Bukalapak)

Mesin jahit ini merupakan mesin jahit hemat energi karena menjalankannya hanya membutuhkan daya listrik sebesar 35 Watt. Selain itu, mesin jahit ini dilengkapi dengan penutup hardcase yang akan melindungi mesin jahit Anda dari benturan pada saat Anda menyimpannya. Praktis dan membuat Anda nyaman membawanya ke manapun.

Bila Anda pemula yang sedang berlatih menjahit, mesin jahit Juki HZL-12Z ini sangat kompatibel Anda gunakan di mana saja. Pasalnya, meskipun ukurannya kecil, Juki HLZ-12Z ini bisa digunakan untuk menjahit berbagai jenis kain, seperti sifon, licra, hingga jeans. Mesin ini menyediakan empat langkah pembuat kancing secara otomatis, serta alat pemutus benang.

Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga Donat Madu 1 Lusin dan Resep Rahasianya

Harga Mesin Jahit Otomatis Juki

Mesin Jahit Juki Harga Sebelumnya Harga Sekarang
Mesin Jahit Juki HZL-12Z Rp1.565.099 Rp1.572.999
Mesin Jahit Juki HZL-29Z Rp2.190.000 Rp2.299.000
Mesin Jahit Juki HZL-27Z Rp2.768.000 Rp3.197.700
Mesin Jahit Juki HZL-357Z Rp4.299.000
Mesin Jahit Juki POR-4136 Rp3.123.000 Rp3.123.000
Mesin Jahit Juki DDL-8100E Rp4.190.000 Rp4.190.000
Mesin Jahit Juki HZL-K85 Rp4.882.890 Rp5.290.000

Harga mesin jahit otomatis buatan Juki di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Dibandingkan tahun sebelumnya, ada yang harganya naik, ada pula yang turun. Juki HZL-27Z misalnya, semula dijual Rp2,6 juta, pada 2021 sedikit naik menjadi Rp2,7 jutaan, dan tahun 2022 naik drastis jadi Rp3,1 jutaan per unit. Sementara itu, varian Juki HZL-K85 yang awalnya dilepas Rp6 jutaan, turun menjadi Rp4,8 jutaan per unit pada 2021, namun kembali naik jadi Rp5,29 juta pada 2022.

Mesin jahit otomatis Juki (sumber: echidnasewing.com)
Mesin jahit otomatis Juki (sumber: echidnasewing.com)

Tips Memilih Mesin Jahit

  • Sebelum Anda menjahit, tentunya ada satu langkah yang tidak boleh dilewatkan yaitu memasang dan mengatur benang atas. Jika terjadi kesalahan dalam pengaturan ini, jahitan Anda tidak akan terjahit dengan baik. Karena itu, perhatikan cara pemasangan benang atas ini dengan baik. Pada umumnya, mesin jahit saat ini sudah dilengkapi dengan penanda jalur benang hingga benang tersebut dapat masuk ke dalam lubang jarum. Anda hanya perlu mengikuti tanda-tanda tersebut sesuai dengan tahapannya. Adanya penanda ini tentu akan memudahkan Anda, terutama sebagai seorang pemula.
  • Salah satu hal penting lainnya pada saat menjahit adalah mengatur kekencangan benang atas dan benang bawah. Dengan demikian, jahitan yang dihasilkan akan menjadi lebih rapi. Apabila ada salah satu benang yang longgar, jahitan akan menjadi terlihat longgar. Sebaliknya, apabila terlalu kencang, jahitan akan terlihat mengerut. Pengaturan ini bisa jadi merepotkan bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan mesin jahit. Fitur yang ditawarkan mesin jahit saat ini adalah terdapat tombol yang dapat mengatur kekencangan benang atas dan benang bawah. Dengan adanya fungsi ini, kegagalan pada jahitan dapat diminimalkan. Periksalah kembali apakah fitur ini sudah tersedia pada mesin jahit pilihan Anda.
  • Apabila benang atas sudah Anda atur dengan baik, jangan lupa mengatur benang bawah. Gulunglah benang di bagian spul benang terlebih dahulu. Setelah itu, letakkanlah spul benang di tempatnya, lalu atur posisi dan letak benang tersebut. Pengaturan ini dapat memakan waktu serta tenaga Anda apabila belum terbiasa dengannya. Saat ini, banyak mesin jahit yang sudah memiliki fitur pengaturan dan penarikan benang bawah dengan lebih mudah. Fitur ini disarankan untuk Anda yang belum terbiasa menggunakan mesin jahit.
  • Memasukkan benang ke dalam lubang jarum bisa jadi terdengar sulit. Apalagi memasukkan benang ke dalam lubang jarum ke mesin jahit. Bisa jadi hal ini terdengar lebih menyulitkan. Mesin jahit saat ini sudah banyak yang dilengkapi dengan fitur memasukkan benang ke dalam jarum secara otomatis. Walaupun cara mengerjakannya berbeda setiap mesin jahit, Anda dapat dengan mudah memasukkan benang tersebut. Dengan adanya fitur ini, proses persiapan menjahit Anda menjadi lebih efisien.
Baca juga  Update Harga Alat Bekam Komplet (Manual dan Elektrik)

Sebagai pemula, tentunya Anda sering kali kebingungan saat memilih mesin jahit portable yang sesuai dengan kebutuhan. Perhatikanlah fungsi-fungsi yang dimiliki mesin jahit portable tersebut agar Anda tidak salah memilih.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.