Update Daftar Harga, Komposisi, & Cara Penyajian Susu Lactogen 1 untuk Bayi 0-6 Bulan

Produk susu formula untuk bayi memang sangat beragam. Produk-produk tersebut biasanya dikelompokkan berdasarkan rentang tertentu untuk membedakan kandungan gizi dalam setiap produk. Pasalnya kebutuhan gizi pada rentang tertentu akan berbeda-beda pula. Nah, berbeda dari susu formula untuk bayi 6 bulan ke atas, mencari sufor untuk bayi 0-6 bulan memang relatif sulit karena jarang ada produsen yang mengiklankannya di media massa. Padahal merk sufor untuk bayi 0-6 bulan sebenarnya ada beragam, salah satunya seperti Lactogen 1.

Susu Lactogen 1 (sumber: Bukalapak)

Susu Lactogen 1 (sumber: Bukalapak)

Lactogen 1 merupakan susu formula dari Nestle untuk bayi usia 0-6 bulan yang diklaim diperkaya dengan 12 vitamin dan 11 mineral serta kandungan protein yang bisa membantu sel-sel dalam tubuh sang buah hati. Susu Lactogen 1 juga disebut-sebut mengandung Prebiotik Frukto Oligo Sakarida (FOS) dan Galakto Oligo Sakarida (GOS) yang bisa membantu mempertahankan fungsi saluran pencernaan. Di samping itu, kandungan zat besi dalam Lactogen 1 juga bisa membantu mencegah anemia defisiensi zat besi.

Susu Nestle Lactogen 1 tersedia dalam beberapa pilihan kemasan, yakni mulai dari yang paling kecil kemasan 135 gram, 180 gram, 350 gram, hingga kemasan besar berisi 750 gram. Namun umumnya yang banyak dijual di mini market hanya mulai 180 gram, 350 gram, dan 750 gram. Padahal harga susu Lactogen 1 135 gram relatif lebih murah, hanya berkisar antara Rp 15 ribuan sampai Rp 23 ribuan saja per dus atau .

 Meski demikian, sebelum memilih produk susu formula untuk bayi Anda, terutama yang masih berumur 0-6 bulan, Anda tak bisa sembarangan memberikan sufor apa saja yang menurut Anda baik untuk anak. Anda lebih disarankan untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter untuk memperoleh rekomendasi susu formula yang terbaik bagi buah hati Anda.

Selain harga, ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih susu untuk bayi umur 0-6 bulan. Faktor penentu tersebut bukan hanya sebatas dari popularitas suatu brand, tetapi juga kandungan yang ada dalam susu formula. Kemudian Anda juga perlu memperhatikan apakah bayi Anda memiliki alergi atau tidak, sebab sebaik-baiknya susu formula yang ada di luar sana, tetap saja air susu ibu (ASI) adalah yang terbaik untuk bayi.

Pemberian susu formula dan ASI secara bergantian pun kabarnya tidak berpotensi menimbulkan masalah seperti gangguan pada sistem pencernaan bayi. Masalah yang kemungkinan ditimbulkan hanyalah risiko alergi, sebab menurut dr. Yoga Devaera, SpA, dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, risiko alergi bisa muncul karena adanya perbedaan antara sumber protein pada susu formula dan ASI. Seperti yang Anda tahu, dalam susu formula biasanya mengandung lebih banyak protein dari susu sapi.

Sebagai referensi, berikut ini kami sajikan lengkap mengenai dan saran penyajian susu Lactogen 1.

Komposisi Susu Lactogen 1

Padatan susu (laktosa, whey, skim), campuran minyak nabati (mengandung antioksidan askorbil palmitat), 8 mineral dan premiks mineral, minyak LC-PUFA (mengandung minyak ikan DHA, ARA, mengandung antioksidan askorbil palmitat dan tokoferol), pengemulsi lesitin kedelai, premiks vitamin, lactobacillus reuteri dsm 17938, L-karnitin.

Cara Penyajian Susu Lactogen 1

Susu bubuk bayi (sumber: lactel.hk)

Susu bubuk bayi (sumber: lactel.hk)

  • Cuci tangan Anda sebelum menyiapkan susu.
  • Cuci botol, dot, dan tutupnya sampai bersih.
  • Rebus botol dan dot selama lima menit, dan biarkan dalam wadah tertutup sampai saat akan dipakai.
  • Rebus air sampai mendidih selama 10 menit, diamkan sampai suam kuku (hangat) atau suhunya turun menjadi tidak kurang dari 70 derajat celsius.
  • Tuangkan air tersebut ke dalam botol minum bayi sesuai jumlah yang tertera pada petunjuk penggunaan.
  • Gunakan hanya sendok takar yang tersedia dalam kotak Lactogen. Setiap 1 sendok takar = 4,47 gram.
  • Masukkan susu bubuk ke dalam botol dengan jumlah takaran sesuai petunjuk penggunaan. Biasanya per sajian membutuhkan 7 sendok takar atau sekitar 32,9 gram.
  • Kocoklah botol sampai susu bubuk larut seluruhnya.
  • Dinginkan segera dengan merendam bagian bawah peralatan minum bayi di dalam air bersih dingin, sampai suhunya sesuai untuk diminum. Sisa susu formula yang sudah dilarutkan harus dibuang setelah 2 jam.

Cara Penyimpanan Susu Lactogen 1

Simpanlah susu bubuk beserta bungkus sachetnya setiap selesai dipakai dalam wadah bersih, tertutup rapat di tempat sejuk dan kering. Jangan berikan produk pada bayi apabila terdapat perubahan yang mencolok pada warna, bentuk, bau, serta rasa dari bubuk susu Lactogen.

Daftar Harga Susu Lactogen 1

Varian Susu Lactogen Harga (Rp)
Lactogen 1 180 gram25.500
Lactogen 1 Gold 180 gram25.500
Lactogen 1 DHA + Prebio 148.500
Lactogen 1 Gold 350 gram48.500
Lactogen 1 DHA 750 gram100.700

Daftar harga susu Lactogen 1 di atas diambil dari sejumlah sumber di internet. Perlu diketahui bahwa harga susu Lactogen 1 yang berlaku di setiap tempat kemungkinan bisa berbeda-beda, tergantung dari promo diskon atau potongan harga yang ditawarkan. Susu Lactogen 1 bisa dengan mudah dibeli di berbagai toko susu formula, pusat perbelanjaan, maupun minimarket seperti Indomaret dan Alfamart.

[Update: Galih Conainthata]

Baca juga  Update Harga Susu Beruang Bear Brand 1 Dus dan Eceran
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Daftar Harga, Komposisi, & Cara Penyajian Susu Lactogen 1 untuk Bayi 0-6 Bulan"