Manfaat dan Info Terbaru Harga Teh SariWangi per Sachet & 1 Kotak

Teh merupakan minuman favorit dalam jamuan makan ataupun sekadar menjadi teman kudapan di Indonesia. Di balik kesederhanaan secangkir teh, ternyata menyimpan banyak manfaat yang membuat banyak orang semakin mencintai minuman ini. Manfaat teh yang paling fenomenal salah satunya untuk menurunkan berat badan yang paling digemari oleh wanita. Harga jual yang murah membuat teh Sariwangi banyak dicari masyarakat.

Teh celup (sumber: purnawarta.com)
Teh celup (sumber: purnawarta.com)

Sementara itu, SariWangi diklaim menjadi sebuah merek teh celup terbesar di Indonesia. Produk teh yang dipasarkan berasal dari daun teh berkualitas. Hingga saat ini SariWangi telah berhasil meluncurkan variasi produk teh yang beragam.

Bacaan Lainnya

Mengenai manfaat teh terhadap penurunan berat badan, sebuah studi pada tahun 2011 di Journal Obesity menemukan bahwa tikus yang diberikan diet tinggi lemak dan diberikan senyawa yang terdapat pada teh hijau memiliki laju pertumbuhan berat badan yang lebih lambat dibandingkan pada tikus yang tidak diberikan senyawa tersebut. Secara detail, teh mengandung bahan-bahan seperti berikut.

Bahan yang Terkandung dalam Teh

  • Kafein, tentu saja kafein yang terkandung dalam teh jauh lebih sedikit dibanding kopi.
  • Sejenis antioksidan bioflavonoid yang mengandung 25 kali lebih efektif dari vitamin E dan 100 kali pada vitamin C.
  • Essential Oil. Protein yang berperan dalam pembentukan aroma pada teh.

Di antara banyaknya kemasan teh yang muncul di pasaran, kemasan teh celup menjadi produk yang populer. Teh celup merupakan salah satu jenis teh yang terkenal di pasaran karena sifat praktis dalam pembuatannya. Sejarah teh celup sendiri sesungguhnya dimulai secara tidak sengaja ketika Thomas Sullivan, seorang pedagang teh dan kopi dari New York, mengirim sampel teh dalam sutra kecil kepada para pelanggannya.

Sullivan menggunakan sutra karena alasan ekonomis, karena apabila menggunakan kaleng, biaya pembuatannya lebih mahal dan teh yang dikemas juga harus lebih banyak. Pelanggan Sullivan awalnya menganggap kemasan ini sama saja dengan teh yang dimasukkan dalam saringan metal sehingga mereka langsung melemparkan begitu saja kemasan tersebut ke dalam air panas.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Maksimal dan Penyakit yang Tidak Ditanggung BPJS Kesehatan

Baru kemudian mereka menyadari bahwa ternyata kemasan tersebut cukup praktis untuk menyeduh teh secara langsung.Sejak saat itu, kepopuleran teh celup melonjak dan mulai dipasarkan secara komersial pada tahun 1904. Dengan waktu singkat, kepopuleran teh celup ini menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Ilustrasi: SariWangi Teh Melati (credit: tehsariwangi)
Ilustrasi: SariWangi Teh Melati (credit: tehsariwangi)

Keunggulan Teh SariWangi

Di Indonesia sendiri, kepopuleran teh celup tidak dapat dilepaskan dari merek teh celup SariWangi. SariWangi merupakan merek lokal asli Indonesia yang diperkenalkan pada tahun 1973 dalam format teh celup, suatu cara modern baru untuk minum teh selain teh bubuk.

Teh celup merupakan produk olahan teh yang dikemas di dalam kemasan kantung (bag) yang terbuat dari filter paper ( kertas celup dari bahan tissue dan tahan panas) dan dapat disajikan secara cepat (instan). Teh celup yang ditemui di pasaran umumnya merupakan teh wangi yaitu teh hitam dengan penambahan bunga melati.

Teh Celup Sariwangi yang diproduksi oleh PT Unilever Indonesia, selalu melakukan perbaikan-perbaikan produk dan strategi dalam pemasarannya agar tetap bertahan dalam era persaingan saat ini. Merek inilah yang pertama kali memperkenalkan konsep teh celup di Indonesia dan dikenal masyarakat sebagai minuman yang menciptakan kebersamaan dengan mengumpulkan keluarga dan menciptakan komunikasi yang harmonis. Hal ini dapat dilihat dalam iklan Teh Celup Sariwangi yang selalu menyinggung tentang kebersamaan.[1]

Di tengah kemerosotan pasar teh daun Indonesia karena saat itu teh dianggap sebagai minuman kuno dan tidak praktis dalam penyajiannya, teh celup SariWangi telah berhasil menempatkan dirinya sebagai merek teh celup terkemuka dan meremajakan pasar teh di Indonesia. SariWangi diklaim menjadi sebuah merek teh celup terbesar di Indonesia.

Produk teh yang dipasarkan diklaim berasal dari daun teh berkualitas yang diproses secara alami dengan cara dikeringkan (difermentasikan) tanpa menggunakan bahan pewarna atau pengawet sehingga menghasilkan warna, rasa, dan aroma teh berkualitas tinggi. Hingga saat ini, SariWangi telah berhasil meluncurkan variasi produk teh yang beragam.

Misalnya, SariMurni dari SariWangi memberikan kenikmatan rasa dan aroma yang khas teh hitam. Merupakan teh pertama di Indonesia dengan inovasi bundar dengan teknologi OsmoFilter, yang dapat lebih baik menyaring dan melepaskan sari teh, untuk hasil teh lebih jernih, cerah dan lebih nikmat. Hadir dalam 2 format, yaitu Round Bag (kantong bundar) untuk seduhan teko dan tea bag (kantong teh) untuk konsumsi individual.

Baca juga  Update Harga Selotip Kertas (Berbagai Merk)

Mengingat gencarnya brand SariWangi meluncurkan inovasi teh yang selalu disesuaikan dengan teknologi terbaru, maka tak heran jika SariWangi berhasil mendapatkan beberapa penghargaan atas kinerjanya sebagai penyedia produk teh berkualitas. Berikut adalah beberapa penghargaan yang berhasil diraih SariWangi.

Teh SariWangi (sumber: republika.co.id)
Teh SariWangi (sumber: republika.co.id)

Penghargaan yang Pernah Diraih SariWangi

  • Tahun 2006 & 2007, SariWangi memperoleh ICSA Award (Indonesia Customer Satisfaction Award) yang diselenggarakan oleh majalah SWA dan Frontier.
  • Tahun 2006, SariWangi memperoleh penghargaan Packaging Consumer Branding Award (kategori emas) yang diadakan oleh majalah SWA, majalah Mix, Landor, DM Associates, dan Imago School of Modern Advertising.
  • Tahun 2012, SariWangi memperoleh penghargaan Customer Satisfaction Award dari lembaga riset Roy Morgan sebagai merek teh di Indonesia yang paling memuaskan keinginan konsumen.
  • Tahun 2014, SariWangi memperoleh penghargaan Pariwara Mitra Keluarga Award dari BKKBN sebagai iklan televisi terbaik kategori produk makanan dan minuman.

Sebagai informasi, berikut daftar jenis produk SariWangi beserta harga jualnya di pasaran, baik kemasan sachet maupun 1 kotak.

Harga Teh Sariwangi Sachet & 1 Kotak

Varian Kemasan Teh Sariwangi Harga
SariWangi sachet isi 4 teh celup Rp1.250
SariWangi Teh Melati sachet isi 4 teh bundar Rp1.900
SariWangi Teh Melati pouch 30g (teh aur/ teh tubruk) Rp5.000
SariWangi box isi 25 teh celup Rp5.500
Teh Celup SariWangi 6 sachet per renceng Rp5.500
SariWangi box isi 25 teh celup Mawar Rp7.500
SariWangi Teh Celup Sari kotak isi 25 x 1,6 gram Rp7.500
SariWangi 1 kotak isi 30 teh celup asli x 1,85 gram Rp7.900
SariWangi Teh Melati kotak isi 25 teh celup Rp8.500
SariWangi Teh Hitam Kurma & Madu Teh 25 kantung celup Rp8.700
Sari pouch isi 20 teh bundar Rp10.235
SariWangi box isi 50 teh celup hitam asli Rp11.500
SariWangi hijau kotak isi 25 teh celup x 1,85 g Rp11.500
Teh Sarimurni SariWangi per renceng 12 sachet Rp18.000
SariWangi box isi 100 teh celup Rp19.500
SariWangi Green Tea box isi 25 teh celup Rp21.500
SariWangi Teh celup Sari box isi 100 teh celup Rp23.200
SariWangi Teh Melati box isi 100 teh celup Rp27.500
Teh SariWangi sachet dus/karton isi 48 renceng @6 sachet Rp239.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Bola Kasti dan Pemukulnya (Berbagai Merk)

Jika dibandingkan tahun 2019, teh Sariwangi mengalami perubahan harga pada 2020. Misalnya, untuk kemasan sachet isi 5 teh celup harga yang ditawarkan sebesar Rp1.000 pada 2019 menjadi Rp1.300 di tahun 2020. Sama halnya dengan varian lainnya seperti SariWangi Teh Melati sachet isi 4 teh bundar yang dijual seharga Rp1.000 di tahun 2019 menjadi Rp1.500 pada 2020.

Kemudian, pada 2021 dan 2022 harga teh Sariwangi 1 kotak maupun per sachet juga mengalami perubahan. Misalnya produk SariWangi sachet isi 4 teh celup yang dijual seharga Rp1.300 di tahun 2020, turun jadi Rp1.000 saja per sachet di tahun 2021, tetapi naik menjadi Rp1.250 di tahun 2022. Kemudian, harga SariWangi 1 kotak isi 50 teh celup hitam asli naik dari harga Rp10.400 di tahun 2020, menjadi Rp11.100 di tahun 2021, naik lagi menjadi Rp11.500 tahun 2022 per box.

Meminum teh kini telah menjadi bagian dari gaya hidup. Teh celup ini digemari bukan hanya karena rasanya, tetapi juga karena manfaatnya. Manfaat teh SariWangi dalam kesehatan telah dirasakan sejak lama. Meminum teh secara rutin dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah, memerangi kepenatan, mengurangi kadar kolesterol, dan meningkatkan kebugaran tubuh.

Selain manfaat teh celup untuk kesehatan, teh ini juga dapat dirasakan manfaatnya dalam mempererat hubungan keluarga. Teh ini cocok untuk diminum di segala suasana, baik santai maupun serius. Rasanya yang enak dan aromanya yang khas akan disukai oleh setiap anggota keluarga.

[Update: Almas]

[1] Desvianti, C. 2018. Pengaruh Produk, Harga Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Teh Celup Sariwangi Pada Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu [skripsi]. Riau (ID): Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.