Daftar Harga Alat Pemotong Kayu Modern (Semua Merek)

Di dalam dunia pertukangan , alat potong merupakan perkakas yang penting. potong dapat menunjang pekerjaan maupun produktivitas dari mebel tersebut. Perlu diketahui bahwa meja, kursi, dan lemari bisa memakan waktu yang cukup lama. Keberadaan alat atau pemotong tadi dapat menghemat waktu serta menekan pengeluaran. Dengan memakai , hanya dibutuhkan satu atau dua orang sebagai operatornya.

Gergaji tukang kayu

Gergaji tukang kayu

Umumnya, ada enam jenis mesin potong kayu yang diperlukan, termasuk:

Mesin Gergaji

Anda pasti sudah tidak dengan alat bergerigi ini. Setidaknya dibutuhkan dua jenis mesin gergaji, yakni mesin gergaji belah dan mesin gergaji potong. Mesin gergaji belah menggunakan mata pisau dengan bentuk lingkaran yang bekerja di dalam poros. Alat ini dipakai untuk membelah kayu log maupun papan kayu lebar. Sedangkan mesin gergaji potong menggunakan besi berbentuk pita yang cukup fleksibel. Fungsinya adalah untuk memotong kayu ke dalam bentuk yang lebih beragam.

Mesin Ketam Kayu

Apa Anda pernah melihat alat semacam penyerut besar yang dipakai tukang kayu? Alat potong kayu jenis ini dinamakan mesin ketam kayu atau serut (planner). Dibandingkan dengan mesin gergaji, alat ini masih terbilang manual dan sudah dipakai sejak zaman dahulu. Mesin ketam kayu berfungsi untuk menghaluskan bagian sisi dari kayu maupun papan. Sedangkan planner bertenaga memiliki empat mata kikir. Tugasnya adalah untuk menghaluskan empat sisi kayu secara bersamaan.

Mesin Bor

Seperti halnya mesin serut, mesin bor atau drilling juga sudah digunakan tukang kayu sejak dahulu. Alat potong kayu ini dipakai untuk membuat lubang sekrup, pen, maupun dowel. Mesin bor lama biasanya hanya bisa membuat lubang satu per satu. Jadi, jika Anda ingin pekerjaan cepat selesai, maka sebaiknya pakai mesin bor modern. Alat potong kayu jenis ini mutakhir dapat membuat beberapa lubang pada media seperti kayu dalam waktu bersamaan. Sehingga Anda bisa menghemat waktu lebih banyak.

Mesin Profil Kayu

Sesuai dengan namanya, alat potong kayu jenis ini digunakan untuk menciptakan profil di bagian tepi kayu. Mesin profil kayu menggunakan mata pisau dengan poros vertikal. Dalam posisi tersebut, mesin dapat mengikis kayu dari bagian samping. Hasilnya cukup halus dan hampir sama dengan hasil dari mesin ketam kayu. Perkakas yang satu ini umumnya dipakai dalam tahap akhir atau finishing dari produk mebel. Sehingga dapat semakin memperhalus permukaan dari kayu tersebut.

Mesin Router

Sebenarnya, mesin router punya kesamaan dengan mesin bor. Namun, ada beberapa hal yang membedakan kedua mesin ini. Salah satunya adalah mata pisau pada mesin router yang punya fungsi lebih. Mata pisau mesin router dapat membentuk ulir maupun alur pada permukaan kayu. Selain itu, mesin router juga mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin bor. Sayangnya, ketajaman mesin router masih di bawah mesin bor.

Mesin Amplas

Selain mesin profil kayu, amplas juga digunakan pada tahap finishing produk kayu. Mesin amplas atau sandler dipakai untuk menghaluskan permukaan kayu. Metode ini sebenarnya sudah dilakukan sejak zaman dahulu secara manual. Namun sekarang, sudah ada mesin amplas yang bisa membuat hal ini lebih efektif dan efisien. Mesin ampelas akan menghaluskan kayu sampai tidak ada serat yang tersisa. Alat ini masih memakai kertas amplas yang dipadukan dengan mesin.

Alat Potong Kayu Modern

Gergaji mesin, alat potong kayu modern (sumber: themanuals.com)

Gergaji mesin, alat potong kayu modern (sumber: themanuals.com)

saat ini berkembang secara pesat sehingga mesin saat ini sangat banyak bermunculan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Manusia memiliki kebutuhan untuk mendapatkan kayu yang bisa digunakan sebagai bahan membuat lemari, meja, kursi dan masih banyak lagi. Sehingga untuk mempermudahkan pekerjaan manusia saat ini ada mesin canggih untuk pemotong kayu yang dapat memudahkan mendapatkan kayu.

Mesin pemotong kayu yang modern bisa mempersingkat waktu kerja seseorang sehingga waktu yang ada dapat digunakan untuk menambah pekerjaannya lainnya. Pekerjaan menjadi cepat terselesaikan dan semakin efisien dengan adanya alat yang satu ini.

Jika hanya dengan menggunakan alat gergaji dalam memotong kayu, maka pekerjaan tersebut akan membutuhkan waktu yang lama dalam menyelesaikannya. Untuk Anda yang menginginkan mesin pemotong kayu yang canggih ini Anda perlu mengetahui jenis dan harganya sehingga Anda tidak salah memilih dan membeli dengan yang mahal.

Ada berbagai macam model dan dari mesin pemotong kayu modern. Model dan mesin ini dibuat untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan penggunaan Anda.

Merek Alat Potong Kayu Modern

Maktec Power Tool Saw MT 583

Maktec Power Tool Saw MT 583 (sumber: Bukalapak)

Maktec Power Tool Saw MT 583 (sumber: Bukalapak)

Spesifikasi dari mesin pemotong kayu tersebut adalah listriknya sebesar 1200 W. Kapasitas potong mesin ini adalah sebesar 66 milimeter dengan garis tengah mata potong sebesar 185 milimeter. Kecepatan putarannya jika tanpa beban adalah 4900 rpm. Berat total mesin ini adalah sekitar 5 kilogram.

AEG Reciprocating Saw

AEG Reciprocating Saw (sumber: aeg-powertools.au)

AEG Reciprocating Saw (sumber: aeg-powertools.au)

Mesin yang satu ini memiliki kapasitas potong sebesar 100 milimeter dengan konsumsi listrik 400 W. Mesin ini juga dapat digunakan untuk memotong besi. Kecepatan putarannya jika tanpa beban adalah 3500 rpm. Beratnya sangatlah ringan yakni hanya seberat 2,4 kilogram sehingga menjadi salah satu keunggulan mesin ini.

Bosch Jigsaw GST65

Bosch Jigsaw GST65 (youtube: Tehnic Bazar)

Bosch Jigsaw GST65 (youtube: Tehnic Bazar)

Konsumsi listrik dari mesin tipe ini hanya 400 W. kecepatan berputarnya jika tanpa beban adalah 3100 rpm. Kapasitas potongnya 65 milimeter untuk kayu dan 3 milimeter untuk besi. Berat mesin ini hanya 2,2 kilogram. Harga mesin pemotong kayu yang satu ini sangat murah dan biasanya dengan garansi 1 tahun.

Jigsaw M2200

Jigsaw M2200 (sumber: Bukalapak)

Jigsaw M2200 (sumber: Bukalapak)

Mesin ini membutuhkan listrik sebesar 320 W saja untuk dapat berfungsi. Kecepatan berputarnya jika tanpa beban adalah 3200 rpm dan dapat digunakan juga untuk memotong besi. Beratnya hanya 1,2 kilogram sehingga sangat enteng. Harganya jauh lebih murah.

Daftar Harga Mesin Potong Kayu Modern

Merek dan Tipe Produk Harga
Maktec Power Tool Saw MT 583Rp1.300.000
AEG Reciprocating SawRp1.350.000
Bosch Jigsaw GST65Rp900.000
Jigsaw M2200Rp300.000
Mini Table Saw 6″ + PolesRp1.000.000
Bosch – Circular Saw 7″ Bosch GKS 7000Rp1.400.000
Stanley 10″ – STST1825Rp3.500.000
Bosch GST 10.8 V-LiRp2.400.000
EELIC MEG-2600HDRp500.000
Bosch Jigsaw GST 65 E Rp920.000
Makita Jigsaw 4329Rp940.000

Harga dari mesin untuk kayu ini sangat beragam, semua tergantung pada fungsi dan spesifikasi dari mesin itu sendiri. Jika Anda akan membeli mesin kayu alangkah lebih baik bila Anda melakukan pengamatan harga di beberapa toko sebelum Anda menentukan salah satunya untuk Anda beli.

Baca juga  Update Harga Al Quran Latin dan Terjemahan Terbaru
loading...

Leave a reply "Daftar Harga Alat Pemotong Kayu Modern (Semua Merek)"