Update Harga Mesin Pemotong Kayu Modern (Semua Tipe)

Di dalam dunia pertukangan, alat potong kayu merupakan perkakas yang penting. Mesin potong dapat menunjang pekerjaan maupun produktivitas dari sebuah mebel, karena pembuatan meja, kursi, dan memang bisa memakan waktu yang cukup lama. Di pasaran sendiri, sudah ada banyak merk mesin pemotong kayu yang dapat dipilih, seperti Maktec, Modern, Makita, Bosch, hingga Stanley dengan harga rata-rata mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Jigsaw M2200 (sumber: Bukalapak)
Jigsaw M2200 (sumber: Bukalapak)

Jenis Mesin Potong Kayu

  • Mesin Gergaji. Anda pasti sudah tidak asing dengan alat bergerigi ini. Setidaknya, dibutuhkan dua jenis mesin gergaji, yakni mesin gergaji belah dan mesin gergaji potong. Mesin gergaji belah menggunakan mata pisau dengan bentuk lingkaran yang bekerja di dalam poros. Alat ini dipakai untuk membelah kayu log maupun papan kayu lebar. Sementara, mesin gergaji potong menggunakan besi berbentuk pita yang cukup fleksibel. Fungsinya adalah untuk memotong kayu ke dalam bentuk yang lebih beragam.
  • Mesin Ketam Kayu. Apakah Anda pernah melihat alat semacam penyerut besar yang dipakai tukang kayu? Alat potong kayu jenis ini dinamakan mesin ketam kayu atau serut (planner). Dibandingkan dengan mesin gergaji, alat ini masih terbilang manual dan sudah dipakai sejak zaman dahulu. Mesin ketam kayu berfungsi untuk menghaluskan bagian sisi dari kayu maupun papan, sedangkan planner bertenaga listrik memiliki empat mata kikir. Tugasnya adalah untuk menghaluskan empat sisi kayu secara bersamaan.
  • Mesin Bor. Seperti halnya mesin serut, mesin bor atau drilling juga sudah digunakan tukang kayu sejak dahulu. Alat potong kayu ini dipakai untuk sekrup, pen, maupun dowel. Mesin bor lama biasanya hanya bisa membuat lubang satu per satu. Jadi, jika Anda ingin pekerjaan cepat selesai, maka sebaiknya pakai mesin bor modern. Alat potong kayu jenis ini mutakhir, dapat membuat beberapa lubang pada media seperti kayu dalam waktu bersamaan. Sehingga, Anda bisa menghemat waktu lebih banyak.
  • Mesin Profil Kayu. Sesuai dengan namanya, alat potong kayu jenis ini digunakan untuk menciptakan profil di bagian tepi kayu. Mesin profil kayu menggunakan mata pisau dengan poros vertikal. Dalam posisi tersebut, mesin dapat mengikis kayu dari bagian samping. Hasilnya cukup halus dan hampir sama dengan hasil dari mesin ketam kayu. Perkakas yang satu ini umumnya dipakai dalam tahap akhir atau finishing dari produk mebel. Sehingga, dapat semakin memperhalus permukaan dari kayu tersebut.
  • Mesin Router. Sebenarnya, mesin router punya kesamaan dengan mesin bor. Namun, ada beberapa hal yang membedakan kedua mesin ini. Salah satunya adalah mata pisau pada mesin router yang punya fungsi lebih. Mata pisau mesin router dapat membentuk ulir maupun alur pada permukaan kayu. Selain itu, mesin router juga mempunyai kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin bor. Sayangnya, ketajaman mesin router masih di bawah mesin bor.
  • Mesin Amplas. Selain mesin profil kayu, amplas juga digunakan pada tahap finishing produk kayu. Mesin amplas atau sandler dipakai untuk menghaluskan permukaan kayu. Metode ini sebenarnya sudah dilakukan sejak zaman dahulu secara manual. Namun sekarang, sudah ada mesin amplas yang bisa hal ini lebih efektif dan efisien. Mesin ampelas akan menghaluskan kayu sampai tidak ada serat yang tersisa. Alat ini masih memakai kertas amplas yang dipadukan dengan mesin.
Baca juga  Update Harga Air Kemasan Vit (Gelas, Botol, Galon)

Apabila Anda membutuhkan alat potong kayu, sudah banyak brand yang dapat dipilih, dan salah satu yang cukup populer adalah Modern. Ini adalah merk yang memang berfokus pada perkakas teknik dan pertukangan. Tidak cuma mesin potong kayu, Modern juga telah merilis banyak varian mesin bor, mesin gergaji circular, mesin potong keramik, hingga mesin gerinda. Nah, berikut informasi terbaru kisaran harga mesin potong kayu Modern.

Bacaan Lainnya
Mesin Pemotong Kayu Modern - www.tokopedia.com
Mesin Pemotong Kayu Modern – www.tokopedia.com

Harga Mesin Potong Kayu Modern

Tipe Mesin Potong Kayu Modern Harga Umum
Modern M2600 Circular Saw Rp550.000 Memiliki daya listrik 700 dengan voltase 220V/50Hz, mesin gergaji circular 7-1/8″ dapat berputar dengan kecepatan tanpa beban 4.500 rpm, dapat digunakan untuk memotong hingga 43 mm sampai 64 mm
Modern M3700B Rp770.000 – Rp870.000 Berfungsi untuk memotong aluminium dan kayu, pisau 190 mm, daya 900 W
Modern M608 Rp1.260.000 mata pisau 8 inch, listrik 220 Volt, power 1.500 Watt, frekuensi 50/60h, kecepatan 5.000 rpm
Modern M610 Rp2.100.000 – Rp2.725.500 Meja potong kayu, daya listrik 1.800 Watt, ukuran pisau 250 mm
Baca juga  Cara Pakai dan Update Harga Alat Nebulizer yang Bagus

Daftar harga mesin pemotong kayu keluaran Modern di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko perkakas pertukangan dan situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya saat ini cenderung naik. Modern M2600 Circular Saw misalnya, awalnya dijual Rp525 ribu dan sekarang naik menjadi Rp550 ribu. Sementara itu, harga Modern M608 yang semula Rp1 jutaan, saat ini menjadi Rp1,26 juta.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.