Update Kisaran Biaya Instal Ulang Laptop

Laptop atau notebook merupakan media teknologi yang kini menjadi kebutuhan sehari-hari, khususnya bagi pelajar, mahasiswa, dan pekerja. Sayangnya, karena terlalu sering digunakan atau jarang melakukan update antivirus, tak jarang laptop yang kita miliki mengalami gangguan dan mengharuskan untuk diinstal ulang. Nah, jika Anda kebetulan tidak terlalu bisa IT, tidak perlu khawatir karena sudah banyak tempat yang menawarkan instal ulang laptop dengan biaya bervariasi.

Ilustrasi: install ulang laptop
Ilustrasi: install ulang laptop

Selain karena pengaruh virus, instal ulang laptop juga sebenarnya memiliki beberapa lainnya, salah satunya memperbarui sistem operasi. Di samping itu, instal ulang juga berguna untuk memasang sistem operasi yang sesuai laptop yang bersangkutan. Kegunaan lainnya adalah mempercepat kinerja laptop yang bersangkutan.

Bacaan Lainnya

Bagi sebagian orang, melakukan instal ulang untuk laptop mungkin bukan sesuatu yang sulit. Cukup dengan pengetahuan mengenai software dan memiliki driver untuk laptop yang bersangkutan, maka instalasi laptop dapat dilakukan dengan mudah. Namun, lain halnya dengan mereka yang tidak punya cukup pengetahuan tentang software. Kebanyakan dari mereka pasti takut dan ragu untuk melakukan instal ulang sendiri. Bukannya malah beres, kerusakan laptop malah bisa bertambah parah.

Karena itu, banyak instal ulang yang didirikan untuk membantu mereka-mereka yang kesulitan melakukan instal ulang laptop mereka. Jasa instal ulang ini biasanya melayani laptop dengan beragam sistem operasi seperti Windows XP, Windows XP 3 Deluxe, Windows 7 (All Version), Windows 8, Windows 8.1, Windows 9, hingga Windows 10 dan MAC OS X.

Selain itu, instal ulang juga akan menyertakan standar seperti Antivirus, WinRAR, WinAmp, Adobe Photoshop, Media Player, Google Chrome, Mozilla Firefox, Corel Draw, hingga Adobe Reader PDF dan Nero. Di samping itu, pelanggan juga bisa meminta software tambahan seperti Transtool, SPSS, GOM Player, hingga Picasa, Any Video Converter, dan game.

Beberapa instal ulang juga ada yang menyediakan opsi yang lain, seperti Mode Freeze, yaitu mode yang memungkinkan laptop selalu dalam kondisi fresh atau baru. Selain itu, ada juga jasa instal Dual Booting, yang menggunakan dua sistem operasi, serta Bootcamp, yang menggabungkan sistem operasi MAC OS X dengan sistem operasi lainnya.

Lalu, berapa biaya yang dibutuhkan untuk melakukan instalasi ulang laptop di penyedia jasa? Sebenarnya, biaya instal ulang laptop bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing penyedia dan jenis instalasi yang dilakukan. Rata-rata, penyedia jasa mematok tarif mulai Rp40 ribuan untuk sekali instal ulang. Namun, ada juga yang menawarkan paket instal ulang. Berikut info terbaru kisaran biaya paket instal ulang.

Biaya Instal Ulang Laptop

Kisaran Biaya Paket Instal Ulang
Rp125.000 OS Windows, driver laptop, Office, antivirus, music & video player, browser, Adobe Flash Player, PDF Reader, WinRAR, NET Framework, Microsoft C++, DirectX, Converter Video Ultimate, cleaner software, setting Windows update, setting registry, setting performa laptop
Rp150.000 OS Windows, driver laptop, Office, antivirus, music & video player, browser, Adobe Flash Player, PDF Reader, WinRAR, NET Framework, Microsoft C++, DirectX, cleaner software, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Adobe Indesign
Rp200.000 (Paket Game) OS Windows, driver laptop, Office, antivirus, music & video player, browser, Adobe Flash Player, PDF Reader, WinRAR, NET Framework, Microsoft C++, DirectX, cleaner software, setting Windows update, setting registry, setting performa laptop, online/offline

Harga atau biaya instal ulang laptop di atas kami rangkum dari berbagai penyediaan instal ulang. Biaya bisa berbeda-beda di masing-masing wilayah dan toko. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, biayanya relatif sama. Sementara, apabila Anda mengunjungi beberapa situs e-commerce, ada yang menawarkan jasa instal ulang dengan biaya mulai Rp40 ribu sampai Rp150 ribu untuk OS Windows dan Rp250 ribuan untuk Mac OS.ย 

Baca juga  Update Harga ASUS A42J (Core i3 & Core i5)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

17 Komentar

    1. Kemungkinan besar masih belum ada sistem operasi nya (O/S), atau biasanya laptop baru non windows diberi sistem operasi Linux bawaan dari pabrik

  1. Gan, ane punya laptop Asus k45d, mau minta diinstall ulang dari Windows 10 kembali ke Windows 7 ultimate. Kira2 bisa bantu gak & brp biayanya.

  2. Msh bisa order instal? Utk 5 komputer baru, OS sdh ada, mau instal software design spt adobe dan corel, d jatinegara. Punya software design kan?

  3. saya punya laptop baru, spesifikasinya lumyan bagus untuk menjalankan program yang normal pada umumnya. tapi kadang suka stuck 15-30 detik kadang juga ngeblank beberapa menit. itu kenapa ya?

    1. Dicek dulu gan,
      kalau pernah diupgrade, ada kemungkinan ada yg tidak cocok sesuai spesifikasi asal. Misalnya voltase memory tidak sesuai dengan yang diminta moterboardnya – bisa jalan tapi tersendat dan malah lambat…

    1. Biasanya posesor di laptop itu onboard (menyatu dengan motherboard), jadi gak bisa diupgrade seperti di PC rakitan/buit-up.