Update Syarat dan Biaya Menjadi Agen TiKi

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan secara merata, TiKi menawarkan peluang bisnis menjadi agen dengan cara yang mudah. Namun, setiap agen TiKi harus memenuhi persyaratan tertentu dengan biaya waralaba yang cukup terjangkau. Penasaran apa saja dan berapa biaya yang diperlukan untuk menjadi agen TiKi?

Agen TIKI (sumber: detik)
Agen TIKI (sumber: detik)

TiKi adalah perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia yang berdiri pertama kali di Jakarta pada tahun 1970. Hingga saat ini, TiKi memiliki jaringan operasional yang meliputi 65 kota besar di Indonesia, didukung oleh lebih dari 500 kantor perwakilan, lebih dari 3.700 gerai, dan lebih dari 6.000 karyawan di seluruh Indonesia. Di tahun 2018, sejumlah penghargaan diraih perusahaan jasa pengiriman barang ini seperti Indonesia Business Development Award dan Top Brand Category: Courier Service sebagai pembuktian kualitas layanan unggul yang dimilikinya.

Bacaan Lainnya

Produk dan Layanan TiKi

  • Same Day Service (SDS): kiriman tiba di hari yang sama.
  • Over Night Service (ONS): kirim hari ini, esok tiba.
  • Two Days Service (TDS): kiriman tiba dalam dua hari.
  • Regular Service (REG): kiriman estimasi tiba dalam 3-4 hari.
  • Economy Service (ECO): kiriman dengan hemat ongkir.
  • Trucking Service (TRC): kiriman dengan berat minimal 10 kg.
  • International Service (INT): ongkir terjangkau ke luar negeri.

Layanan yang disediakan pihak TiKi salah satunya mobile apps dengan sales counter 24 jam, sehingga Anda dapat memeriksa kiriman secara real-time sekaligus email notifikasi serta SMS resi. Layanan drive thru, e-signature, dan COD juga ditawarkan dengan pilihan jaminan asuransi jika dibutuhkan. Bagi pelanggan yang terkendala mengemas kiriman, dapat memanfaatkan layanan packaging dan pick up delivery apabila Anda tidak dapat keluar rumah. Semua layanan tersebut akan semakin mudah dan ekonomis bila Anda mendaftar sebagai member TiKi.

Saat ini, TiKi menawarkan peluang bisnis bagi Anda yang tertarik dalam bidang jasa pengiriman barang. Anda dapat mendaftarkan diri sebagai agen TiKi sehingga dapat membuka cabang dan layanan pengiriman barang. Bahkan, Anda berkesempatan mendapatkan omzet yang menggiurkan sebagai agen TiKi. Selain itu, TiKi pusat juga memberikan pendampingan untuk kemajuan usaha mitranya.

Untuk menjadi agen TiKi, Anda perlu memperhatikan sejumlah ketentuan dari pihak pusat. Anda dapat mengajukan permohonan menjadi gerai TiKi atas nama badan usaha dengan melampirkan sejumlah dokumen pendukung. Berikut ketentuan berkas dokumen yang ditujukan baik bagi perorangan maupun perusahaan.

Syarat Pendaftaran Agen TiKi

Ilustrasi: outlet penawaran kerjasama TIKI (sumber: tribunnews,com)
Ilustrasi: outlet penawaran kerjasama TIKI (sumber: tribunnews.com)
  • Fotokopi KTP.
  • Pas foto ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar.
  • Fotokopi Akte Kelahiran.
  • Fotokopi Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU).
  • Fotokopi Tanda Daftar Perusahaan (TDP).
  • Fotokopi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).
  • Fotokopi Surat Izin Gangguan/HO oleh dinas setempat.
  • Fotokopi NPWP.
  • Fotokopi Pajak Bumi dan Pembangunan (PBB) tahun terakhir.
  • Fotokopi Surat Ijin Pengusahaan Jasa Titipan (SIPJT).
  • Berkas alamat rumah/gedung berupa denah dan foto cabang TiKi (tampak luar dan dalam).
  • Tanda tangan di atas materai 6 ribu rupiah sebagai bukti sedang tidak bekerja sama dengan pihak lain.

Apabila lokasi gerai masih dalam status sewa, maka Anda harus menyertakan dokumen perjanjian sewa menyewa. Beberapa ketentuan lokasi gerai yang yang harus dipatuhi yakni luas gerai minimal dari 3 x 4 meter, lokasi strategis, dan berada di pinggir jalan raya, memiliki lahan parkir, dan bangunan berupa ruko atau kios permanen dengan jaringan listrik minimal 1.300 Watt. Anda pun tak boleh sembarangan menentukan lokasi cabang TiKi karena jarak minimal dengan sales counter TiKi terdekat adalah radius 1 km. Jika semua persyaratan sudah terpenuhi, lalu berapa biaya yang perlu disiapkan bagi Anda yang tertarik mendaftar menjadi agen TiKi saat ini?

Biaya Agen TiKi

Jenis Kemitraan Biaya
Counter Deposit : Rp10.000.000
Biaya Kemitraan dan Perlengkapan : Rp7.500.000
Counter Booth Deposit : Rp4.000.000
Biaya Kemitraan : Rp6.000.000

Informasi biaya menjadi agen TiKi di atas kami peroleh dari berbagai sumber, termasuk keterangan resmi pihak Retail and Sales TiKi. Untuk uang deposit, digunakan sebagai jaminan jika terjadi fraud atau wanprestasi dengan kemitraan. Jika dibandingkan ketentuan sebelumnya, biaya menjadi agen TiKi hingga sekarang masih belum berubah.

Sebagai franchise, Anda harus mampu mengejar target selama 6 bulan. Penyetoran kepada TiKi pusat maksimal H+1. Setiap regulasi dan SOP dari PT Citra Van Titipan (TiKi Pusat) harus dipatuhi. Hal penting yang perlu diingat, Anda tidak diperkenankan menjalankan kerja sama dengan pihak lain terkait jasa pengiriman barang.

Keuntungan Menjadi Agen TiKi

Ilustrasi: Agen Tiki (sumber: Terra.net)
Ilustrasi: Agen Tiki (sumber: Terra.net)

Menurut ulasan pengalaman para agen TiKi, mitra dapat merasakan hasil dan keuntungan dalam waktu sekitar 3-6 bulan untuk mencapai Break Event Point (BEP). Namun hal tersebut bergantung dari komitmen para mitra waralaba dalam menjalankan bisnis. Pendapatan atau gaji agen TiKi dari perusahaan pusat diperoleh dari pembagian omzet per bulan. Untuk mendukung keberhasilan para agen, TiKi pusat menyediakan berbagai program pelatihan dan pengembangan kapabilitas bagi staf TiKi mulai dari kurir, staf operasional, customer service, hingga staf administrasi dengan standar dan mekanisme penilaian kerja yang jelas untuk setiap departemen.

lain yang ditawarkan TiKi yakni teknologi terbaru untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan operasional dan transaksi. TiKi juga memiliki program kerja sama dengan berbagai platform online terkemuka di Indonesia, mulai dari diskon dan gratis ongkir untuk konsumen dan cashback untuk para reseller yang menggunakan jasa TiKi.[1] Hal tersebut tentu mendukung peningkatan pengguna jasa pengiriman barang TiKi oleh masyarakat.

(Update: Panca)

[1] Tim Penulis. 2019. Majalah Franchise Indonesia Edisi Listing 400+ Promising Brand. Jakarta: NEO Studio Apps, hlm. 93.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *