Info Terkini Cara Menghabiskan Saldo ATM Mandiri

Berkat kecanggihan teknologi, Anda tidak hanya bisa menyimpan uang dalam dompet. Anda pun bisa membuat rekening untuk menyimpan uang tunai dan melakukan pencairan dana melalui ATM. Mayoritas bank di Indonesia juga telah menyediakan fasilitas ini, termasuk Bank Mandiri. Sayangnya, masih banyak orang yang mengalami kesulitan saat melakukan penarikan uang. Biasanya, ini terjadi ketika saldo berada di batas minimal. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada cara untuk menghabiskan saldo ATM Mandiri Anda.

ATM Bank Mandiri (sumber: cnbc)
ATM Bank Mandiri (sumber: cnbc)

Mengambil uang di ATM memang sangat mudah. Kemudahan ini juga dapat dirasakan ketika Anda menarik uang di ATM Bank Mandiri. Meski demikian, bank juga biasanya menerapkan kebijakan batasan saldo untuk penarikan tunai. Untuk Bank Mandiri, memiliki kebijakan bahwa Anda tidak bisa menarik uang dari ATM jika saldo Anda berada pada jumlah minimal. Berikut besaran saldo minimum beberapa produk tabungan Bank Mandiri.

Bacaan Lainnya

Saldo Minimum Tabungan Bank Mandiri

Tabungan Bank Mandiri Saldo Minimum
Tabungan Rupiah Rp50.000
Tabungan Now Rp50.000
TabunganKu Rp20.000
Tabungan Payroll Rp10.000
Tabungan TKI Rp10.000
Tabungan Simpanan Rp5.000
Tabungan SiMakmur Tidak ada batasan saldo
Tabungan Mitra Usaha Rp1.000.000 (akhir bulan)

Cara Menghabiskan Saldo ATM Mandiri

Ilustrasi: penggunaan mesin ATM
Ilustrasi: penggunaan mesin ATM

Memperhatikan Saldo Minimal

Langkah pertama untuk menghabiskan saldo ATM Mandiri, yaitu dengan memperhatikan saldo minimal. Ketika Anda membuat rekening, pastinya Anda harus tahu berapa jumlah saldo minimal pada rekening Anda. Jumlah saldo minimal ini menentukan jumlah uang yang bisa Anda tarik dari rekening melalui ATM.

Baca juga  Info Biaya Administrasi Virtual Account BCA Terupdate

Jika rekening Anda memiliki saldo di atas jumlah limit, maka Anda bisa menarik uang dengan mudah. Ini berbeda jika Anda hanya memiliki jumlah saldo yang minimal. Perlu Anda ketahui, jika Anda membuat rekening tabungan seperti TabunganKu, maka jumlah saldo minimal yaitu Rp20.000. Jumlah saldo minimal ini berbeda apabila Anda menggunakan ATM. Di ATM Mandiri, jumlah saldo minimal yang bisa Anda tarik sebesar Rp50.000. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, jumlah saldo minimal TabunganKu Mandiri Rp25.000 dengan jumlah saldo mengendap di ATM Rp50.000.

Apabila saldo Anda berada di bawah atau sejumlah Rp50.000, maka Anda tidak bisa menarik uang. Agar bisa melakukan tarik tunai melalui ATM, Anda harus memiliki saldo sejumlah Rp100.000 dengan jumlah penarikan Rp50.000. Jumlah limit saldo rekening Mandiri akan berbeda jika Anda menggunakan jenis reguler seperti Mandiri Tabungan Rupiah, yaitu Rp100.000.

Mengajukan ke Customer Service Bank Mandiri

Setelah Anda mengetahui jumlah limit saldo pada rekening Anda, Anda perlu mengingat dan mencatatnya. Ini penting karena nantinya akan ditanyakan oleh customer service bank bila Anda ingin menghabiskan saldo ATM Mandiri. Pergilah ke cabang Mandiri atau lebih baik ke Bank Mandiri tempat Anda membuat rekening, karena prosesnya akan lebih mudah dan cepat

Baca juga  Update Rincian dan Penghitungan Biaya 3M (Mendapatkan, Menagih, Memelihara) Pajak Penghasilan

Sebelumnya, ada beberapa persyaratan yang harus Anda bawa ketika ingin menghabiskan saldo ATM Mandiri, yakni membawa KTP/SIM/Paspor Asli dan fotokopi, membawa KK asli dan fotokopi, dan membawa buku tabungan dan kartu ATM. Persyaratan harus Anda lengkapi terlebih dahulu sebelum mengajukan pengaduan ke customer service bank.

Sesampainya di bank, Anda akan disambut oleh satpam dan Anda harus mengatakan bahwa Anda ingin mengajukan pengaduan pada customer service terkait dengan saldo Anda yang limit. Setelah itu, Anda akan diberikan nomor antrean dan biasanya ada juga yang diberi formulir untuk melakukan tutup rekening.

Ilustrasi: layanan Bank Mandiri (sumber: bumninc.com)
Ilustrasi: layanan Bank Mandiri (sumber: bumninc.com)

Melakukan Penutupan Rekening

Ketika Anda sudah bertemu dengan customer service Bank Mandiri, Anda biasanya akan diberi pilihan mengenai permasalahan tersebut. Untuk mengambil uang saldo limit di rekening, Anda bisa melakukan penutupan rekening sementara atau selamanya. Jika Anda memilih penutupan rekening sementara, Anda bisa menggunakan buku tabungan dan kartu ATM Anda setelah saldo Anda ditarik semua.

Ini tentu ada syaratnya, yaitu Anda harus mengisi kembali rekening minimal sejumlah saldo awal pembukaan rekening. Untuk jenis tabungan remaja atau TabunganKu, biasanya dikenakan biaya pengisian mulai Rp20.000 hingga Rp50.000, sedangkan jenis rekening biasa atau reguler seperti Mandiri Tabungan Rupiah, biayanya mulai Rp100.000 hingga Rp500.000.

Setelah Anda berhasil mengisi saldo minimal, jangan lupa untuk menggunakan rekening sesering mungkin, paling tidak setiap bulan dua kali. Ini mencegah rekening Anda hangus atau dinonaktifkan oleh pihak bank, karena dianggap sudah tidak dipakai. Rekening yang dinonaktifkan secara paksa harus diaktifkan kembali jika ingin dipakai. Anda akan dikenakan biaya Rp5.000 untuk mengaktifkan rekening saat akan dipakai lagi. Jika Anda memilih menutup buku tabungan selamanya, maka Anda hanya bisa melakukan penarikan saldo rekening hingga Rp0 dan tidak bisa menggunakannya kembali.

Baca juga  Syarat dan Biaya Administrasi BNI Tapenas Terbaru

Ada juga penghangusan rekening secara otomatis apabila Anda memilih menutup buku tabungan sementara, tetapi tidak mengisi sejumlah saldo awal dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Untuk penarikan saldo atau menghabiskan saldo ATM Mandiri ini, juga perlu biaya administrasi sebagai biaya tutup rekening. Biaya administrasi akan secara otomatis diambil dari saldo pada rekening Anda. Jadi, jika saldo Anda sebesar Rp100.000 dan ingin diambil semua, maka Anda hanya bisa menerima Rp95.000.

Perlu Anda ketahui pula bahwa untuk menutup rekening, tidak semudah ketika Anda membuat rekening. Setelah Anda berurusan dengan customer service, untuk melakukan penarikan saldo, Anda harus ke teller Bank Mandiri. Uang baru bisa diterima ketika Anda sudah mendapatkan persetujuan dari customer service dan teller Bank Mandiri.

Bagi Anda yang tidak terlalu mendesak untuk menghabiskan saldo ATM Mandiri, akan lebih baik jika Anda tidak melakukan penutupan rekening. Lebih baik jika Anda menggunakan rekening sebagai tabungan dan investasi jangka panjang. Anda juga bisa menggunakan rekening Mandiri untuk membeli reksadana sebagai salah satu investasi dan tabungan di kemudian hari.

[Update: Panca]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.