Info Syarat & Cara Mendapatkan Mesin EDC Gratis

Bagi Anda yang memiliki usaha, keberadaan mesin EDC memang sangat penting. Mesin EDC memungkinkan pelanggan untuk memiliki alternatif metode pembayaran secara non tunai, baik menggunakan kartu kredit atau kartu debit dari bank tertentu. Cara mendapatkan mesin EDC ini sebenarnya tidak sulit. Bahkan, beberapa bank juga tidak menarik biaya administrasi (gratis biaya admin) untuk jangka waktu tertentu.

Electronic Data Capture (EDC) adalah sebuah mesin yang sering kita jumpai dan biasanya tersedia di tempat loket pembayaran atau kasir yang disediakan oleh outlet-outlet, supermarket, mall, hotel, dan lain sebagainya. Untuk penggunaannya, mesin ini memerlukan sebuah line telepon dan ada juga yang menggunakan kartu/sim card yang dikeluarkan oleh pihak provider seperti Telkomsel, Indosat, dan juga XL.

Bacaan Lainnya
Ilustrasi: Mesin EDC (credit: dnaindia)
Ilustrasi: Mesin EDC (credit: dnaindia)

Mesin ini biasanya digunakan untuk melakukan suatu transaksi dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit di mana mesin ini dikeluarkan oleh pihak bank untuk para merchant yang telah melakukan kerja sama. Hampir seluruh toko atau outlet-outlet kecil sudah menyediakan mesin ini karena hampir seluruh masyarakat sekarang sudah memiliki kartu debit ataupun kartu kredit yang sudah menjadi gaya hidup di zaman sekarang ini.

Baca juga  Info Terbaru Harga Alat Fitness Bekas

Mesin EDC tidak hanya berfungsi sebagai alat gesek tunai, tetapi Anda juga dapat menggunakan mesin EDC untuk transaksi pembayaran belanja, pembayaran biaya tol, pembayaran biaya tiket pesawat dan listrik.[1] Secara umum, terdapat beberapa jenis mesin EDC yang banyak digunakan di Indonesia. Berikut ulasannya.

Jenis Mesin EDC

  • Fixed Line: Mesin EDC dengan menggunakan line telpon dari Telkom, yang mana biaya untuk satu kali transaksi sebesar Rp250 atau sesuai dengan ketentuan dari Telkom.
  • GPRS Mobile: Jenis mesin EDC yang praktis dan dapat dibawa kemana saja karena kerjanya memanfaatkan sinyal seluler.
  • GPRS: Mesin EDC yang masih bergantung pada stop kontak PLN sebagai sumber powernya dan juga sinyal seluler. Jenis ini yang biasanya sering digunakan oleh toko-toko yang tidak menggunakan jenis fixed line.

Untuk mendapatkan mesin EDC, ada sejumlah persyaratan dan ketentuan yang perlu Anda penuhi. Biasanya masing-masing bank, baik BCA, BRI, BNI, hingga Mandiri memiliki kebijakan yang berbeda-beda. BCA misalnya, untuk merchant baru tak perlu bayar biaya sewa mesin EDC, alias gratis. Mesin EDC BCA juga menerima pembayaran dari BCA Card, Visa, Mastercard, JCB, UnionPay, Amex, Debit BCA, Debit GPN, Flazz, dan QR Code. Sedangkan untuk syarat mendapatkan mesin EDC setiap bank pada dasarnya hampir sama. Sebagai contoh, berikut syarat mendapatkan mesin EDC BCA bagi nasabah perorangan.

Baca juga  Info Terbaru Harga Speaker Selenium (12 Inch, 15 Inch, 18 Inch)
Ilustrasi: Syarat Mendapatkan Mesin EDC Gratis (credit: usnews)
Ilustrasi: Syarat Mendapatkan Mesin EDC Gratis (credit: usnews)

Syarat Mendapatkan Mesin EDC

  • Mengisi pengajuan merchant
  • KTP elektronik (untuk WNI)
  • Paspor dan KITAS/KITAP (untuk WNA)
  • NPWP (jika sudah memiliki NPWP)
  • Nomor Induk Berusaha (NIB)/Tanda Daftar Perusahaan (TDP) [untuk calon merchant yang sudah memiliki TDP namun belum memiliki NIB]
  • Izin Usaha yang diterbitkan oleh instansi yang berwenang
  • Surat Izin Profesi dari Departemen/Asosiasi berwenang
  • Surat Pernyataan dan Kuasa Settlement Merchant (jika rekening settlement bukan atas nama merchant)
  • Dokumen pendukung berupa Berita Acara Peninjauan Usaha (BAPU) khusus merchant perorangan, foto lokasi usaha, atau Surat pernyataan/Perjanjian Kerjasama (PKS)//dokumen sejenisnya jika pengajuan memerlukan fasilitas tambahan seperti fasilitas ECR/Customized Merchant Report (CMR)/Cicilan 0%.

Cara Mendapatkan Mesin EDC Gratis

Layanan gratis biaya sewa EDC biasanya berlaku selama periode tertentu saja. Untuk mendapatkan mesin EDC, Anda dapat melakukan pengajuan terhadap pihak bank yang bersangkutan. Nantinya pihak bank akan menghubungi Anda untuk melakukan pengumpulan data lebih lanjut.Apabila Anda membutuhkan informasi lebih jelas seputar pengajuan mesin EDC, Anda dapat langsung menghubungi customer service bank yang bersangkutan. Perlu Anda ketahui juga bahwa proses pengajuan mesin EDC biasanya membutuhkan waktu hingga beberapa hari. Oleh sebab itu, pastikan sudah memenuhi segala persyaratan agar proses untuk mendapatkan mesin EDC ini lebih cepat.

Baca juga  Harga Solder Listrik 40 Watt, 60 Watt, 80 Watt, 100 Watt

[1] Chomsiatin, B. 2019. Layanan Lembaga Perbankan dan Mikro SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, hlm 167.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.