Kelebihan, Kekurangan dan Update Biaya Administrasi BNI Tapenas

Apabila Anda kesulitan untuk menabung atau menyisihkan sedikit uang tiap bulannya, mungkin Anda bisa memilih Tapenas dari BNI. BNI Tapenas atau Tabungan Perencanaan Masa Depan ini merupakan simpanan berjangka untuk membantu perencanaan keuangan Anda dalam rangka mewujudkan tujuan masa depan dengan lebih pasti dan aman. Biaya administrasinya juga relatif terjangkau, sehingga siapa saja bisa menggunakan layanan ini.

Pelayanan di Bank BNI - www.bni.co.id
Pelayanan di Bank BNI – www.bni.co.id

Kelebihan BNI Tapenas

Dengan memiliki BNI Tapenas, nasabah diklaim dapat memperoleh sejumlah manfaat seperti mendapat kepastian dana untuk tujuan di masa depan, meningkatkan kedisiplinan dalam menabung, mendapatkan manfaat asuransi bebas premi, serta memperoleh sarana investasi dengan bunga lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan .

Bacaan Lainnya

Produk BNI Tapenas ini tersedia dalam pilihan rupiah dan dolar AS, tetapi rekening afiliasi yang Anda miliki harus dalam mata uang yang sama. Maklum saja, salah satu untuk mendaftar BNI Tapenas adalah Anda harus memiliki rekening tabungan Taplus terlebih dahulu di BNI. Setoran awal untuk BNI Taplus terbilang cukup terjangkau, yaitu Rp500.000 (untuk wilayah Jabodetabek) atau Rp250.000 bagi nasabah yang berada di wilayah Jabodetabek, masih belum berubah sejak tahun lalu.

Dengan memiliki rekening BNI Taplus, nantinya dana yang tersimpan di BNI Taplus akan didebet atau ditarik secara otomatis ke rekening BNI Tapenas pada tanggal 5 setiap bulannya, dan Anda akan memperoleh bunga sebesar 4% per tahun. Nominal setoran bulanan untuk BNI Tapenas bisa ditentukan berdasarkan kemampuan mulai.

Anda pun diperkenankan dengan bebas menambah dana di luar setoran bulanan (setoran tambahan) dengan menyetor langsung uang ke rekening BNI Tapenas atau menentukan jangka waktu menabung mulai 2 tahun hingga 18 tahun. Penyetoran di luar setoran bulanan dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang BNI, fasilitas layanan BNI ATM, BNI SMS Banking, dan BNI Internet Banking.

Di samping itu, Anda juga boleh membuka lebih dari satu rekening Tapenas BNI untuk lebih dari satu calon penerima manfaat. Dengan BNI Tapenas, Anda juga berkesempatan memperoleh pertanggungan asuransi sampai Rp1,5 miliar atau 150.000 dolar AS per rekening nasabah dengan nilai maksimal Rp6 miliar (BNI Tapenas IDR) atau 600.000 dolar AS (BNI Tapenas USD) per nasabah.

Syarat Pendaftaran BNI Tapenas

  • Warga Negara (WNI) dengan usia minimal 17 tahun atau 65 tahun pada saat jatuh tempo.
  • Memiliki identitas diri (KTP/SIM/Paspor).
  • Memiliki rekening afiliasi, BNI Tapenas IDR yaitu BNI Taplus, BNI Taplus Bisnis Perorangan, atau BNI Giro Perorangan; atau BNI Tapenas USD yaitu BNI Dollar atau BNI Giro USD Perorangan.
  • Mengisi formulir aplikasi BNI Tapenas.
  • Saldo awal rekening BNI Tapenas sebesar Rp100.000.
  • Setoran awal BNI Tapenas minimal Rp100.000.

Sementara itu, mengenai penarikan dana, hanya dapat dilakukan terhadap nominal setoran tambahan saja. Dana setoran tetap bulanan berikut hasil pengembangannya tidak bisa ditarik hingga jangka waktu Tapenas berakhir. Penarikan setoran tambahan bisa dilakukan secara utuh atau sebagian sebesar total setoran tambahan. Frekuensi penarikan setoran tambahan maksimum 1 (satu) kali dalam setahun, dan penghitungannya berdasarkan pergantian tahun kalender, atau maksimum nominal penarikan sebesar 3% dari total setoran tambahan.

Selain itu, dana setoran tetap bulanan berikut hasil pengembangannya tidak bisa ditarik hingga jangka waktu Tapenas berakhir. Pada saat jatuh tempo, akumulasi dana dan pengembangannya secara otomatis akan ditransfer ke rekening afiliasi nasabah sehingga nasabah tidak perlu datang ke Kantor Cabang BNI pada saat jatuh tempo. Sebagai referensi, berikut simulasi BNI Tapenas.

Buku tabungan BNI Tapenas (sumber: masukuniversitas.com)
Buku tabungan BNI Tapenas (sumber: masukuniversitas.com)

Simulasi BNI Tapenas

Bulan ke-Akumulasi Saldo
3Rp397.100
4Rp496.491
5Rp596.060
6Rp695.809
7Rp795.738
8Rp895.847
9Rp996.136
10Rp1.096.606
11Rp1.197.257
12Rp1.298.090
  • Setoran awal: Rp100.000.
  • Iuran bulanan Rp100.000.
  • Tingkat bunga 2,70%.
  • Pajak 20%.
  • Biaya admin per rekening per tahun Rp18.000.
  • 100% setoran bulanan masuk rekening.
  • Asuransi jiwa dengan manfaat maksimal Rp750 juta/nasabah.
  • Santunan tambahan maksimal Rp50 juta.
  • 30% x setoran bulanan = premi dan 70% tabungan.
  • Asuransi jiwa dengan manfaat tambahan maksimal Rp750 juta/nasabah.
  • Asuransi kesehatan berupa hospital cash dengan santunan rawat inap maksimal Rp1 juta/hari/kejadian selama 60 hari.

Layaknya produk tabungan kebanyakan, BNI Tapenas pun menetapkan biaya administrasi untuk nasabah atau pemilik rekening. Jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, biaya administrasi tabungan tersebut hingga detik ini masih sama alias belum berubah. Berikut informasi biaya administrasi BNI Tapenas.

Biaya Administrasi BNI Tapenas

KomponenBiaya
Biaya Kelola Rekening/AdministrasiRp18.000 atau 3 dolar AS per rekening per tahun (dikenakan pada akhir tahun)
Biaya Gagal AutodebetRp0
Biaya Penutupan Rekening Saat Jatuh TempoRp0
Biaya Penutupan Rekening Sebelum Jatuh Tempo (PSJT)1% dari saldo akhir minimal Rp100.000 atau 10 dolar AS
Pajak20% atas bunga yang dibayarkan

Dengan memiliki BNI Tapenas, Anda dapat terbantu dalam merencanakan keuangan keluarga sejak dini, demi mewujudkan tujuan masa depan dengan lebih pasti dan aman. Apabila Anda berminat untuk membuka rekening BNI Tapenas, dapat mengunjungi Kantor Cabang BNI terdekat dengan membawa persyaratan yang dibutuhkan.

Biaya Administrasi BNI Tapenas - (lifepal.co.id)
Biaya Administrasi BNI Tapenas – (lifepal.co.id)

Kekurangan BNI Tapenas

Seperti produk tabungan lainnya, BNI Tapenas juga tidak luput dari kekurangan. Menurut review sejumlah nasabah, salah satu kelemahan tabungan ini adalah fleksibilitas pilihan instrumen yang terbatas. Artinya, nasabah tidak bisa beralih dari satu instrumen ke instrumen yang lain. Selain itu, meskipun memberikan asuransi jiwa gratis, asuransi ini cuma memberikan proteksi setoran bulanan Tapenas sehingga kurang dapat diandalkan untuk proteksi keluarga.

Dengan setoran terencana, proses menabung di BNI Tapenas memang lebih disiplin. Sayangnya, di lain sisi, hal tersebut justru membuat tujuan jangka panjang menjadi tidak fleksibel, Misalnya, apabila Anda membutuhkan dana sewaktu-waktu, Anda tidak bisa berhenti atau jika mencairkan nilai tabungan sebelum jatuh tempo, akan dikenakan biaya penalti penarikan dana sebelum jatuh tempo.

(Panca)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *