Info Kisaran Biaya X-Ray Anjing & Kucing

peliharaan seperti anjing dan kucing memiliki struktur tubuh dan organ dalam yang cukup kompleks. Seperti halnya manusia, pada beberapa kondisi atau penanganan hewan peliharaan, terkadang dibutuhkan pemeriksaan radiologi seperti x-ray atau rontgen untuk mengetahui kondisi organ dalam dari anjing atau kucing kesayangan Anda. Biaya x ray pada kucing dan anjing ini bisa sangat bervariasi, tergantung di mana Anda melakukannya.

Ilustrasi: x-ray anjing (sumber: doghealth.com)
Ilustrasi: x-ray anjing (sumber: doghealth.com)

Apa Itu Pemeriksaan X-Ray?

Pemeriksaan radiologis sesudah perang dunia kedua maju dengan pesat sekali sejalan dengan kemajuan ilmu kedokteran serta ilmu-ilmu lain pada umumnya. Kemajuan ini dipengaruhi oleh perkembangan tekhnologi fisika, kimia, biologi, elektronika, komputer, dan sebagainya.

Bacaan Lainnya

Radiologi ini tidak dianggap kuno walau sekarang telah terdapat banyak perangkat pencitraan berteknologi tinggi, karena sampai saat ini teknologi radiologi masih digunakan dalam sebagian besar studi pencitraan diagnostik.

Sinar X ditimbulkan dari penghentian tiba-tiba suatu gerakan elektron dari katoda ke anoda dalam ruangan hampa udara. Katoda dipanaskan hingga suhunya mencapai sekitar 2000°C oleh filamen pemanas khusus. Elektron diemisikan oleh katoda, dipercepat oleh medan listrik di antara katoda dan anoda, lalu menumbuk anoda dengan energi yang cukup besar, terbentuklah radiasi elektromagnetik jenis sinar x di tempat ini.

Baca juga  Fungsi dan Update Harga Klip Penjepit Kertas

Proses pembuatan foto roentgen (radiografi) diperlukan: (1) perlengkapan untuk membuat radiografi, terdiri atas film roentgen (film X-ray), intensifying screen, kaset, grid (kisi-kisi), alat-alat fiksasi, alat pelindung (protektif), marker (tanda atau kode); (2) jenis pemeriksaan dan posisi pemotretan; (3) pengetahuan pesawat roentgen; (4) pengetahuan kamar gelap; (5) proses terjadinya gambaran radiografi.

Daya tembus sinar X berbeda-beda sesuai dengan benda yang dilaluinya. Benda-benda yang mudah tembus sinar X memberi bayangan hitam (radioluscent). Benda-benda yang sukar ditembus sinar X memberi bayangan putih (radiopaque). Diantaranya hitam dan putih terdapat bayangan perantara yaitu semi radiopaque. Berdasarkan mudah tidaknya ditembus sinar X, maka bagian tubuh dibedakan atas: (1) radioluscent (hitam): gas dan udara; (2) radioluscent sedang: jaringan lemak; (3) keputih-putihan: jaringan ikat, otot, darah, kartilago, epitel, batu kolesterol. Batu asam urat; (4) radiopaque sedang: tulang, garam kalsium; (5) radiopaque (putih): logam-logam berat.

Ilustrasi: x-ray kucing (sumber: freepik)
Ilustrasi: x-ray kucing (sumber: freepik)

Penggunaan radiologi semakin berkembang dalam mendeteksi penyakit-penyakit terutama dalam pencitraan organ-organ jaringan lunak, termasukkedalamnya organ-organ pada sistem anjing betina. Satu catatan penting yang merupakan cikal bakal aplikasi radiologi untuk mendeteksi kelainan pada system reproduksi adalah penggunaan radiologi untuk mendeteksi piometra.[1]

Baca juga  Info Terbaru Harga Kumbang Tanduk di Pasaran

Pada anjing dan kucing, pemeriksaan x-ray bisa digunakan untuk membantu melihat secara pasti penyakit dalam yang dialami oleh peliharaan Anda, mendiagnosis kasus patah tulang, atau bahkan untuk melihat perkembangan kehamilan pada anjing maupun kucing. Dengan dukungan pemeriksaan x-ray, dokter hewan bisa menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan untuk menolong hewan peliharaan Anda.

Nah, pemeriksaan radiologi seperti x-ray atau rontgen saat ini sudah tersedia di beberapa klinik atau rumah sakit hewan. Berikut informasi kisaran biaya x ray kucing dan anjing.

Biaya X-Ray Kucing Anjing

Menurut informasi yang kami rangkum dari berbagai sumber, biaya pemeriksaan x ray atau rontgen di UPT Pelayanan Kesehatan Hewan, Kesmavet dan Klinik Hewan Provinsi Kalbar (Kalimantan Barat) dipatok sekitar Rp125 ribu per pemeriksaan. Kemudian, di Klinik Hewan Gustavet daerah Rawa Belong, Jakarta Barat, biaya x-ray anjing atau kucing sekitar Rp200 ribuan. Sedangkan di Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, biaya x-ray beberapa tahun lalu dipatok hanya Rp55 ribu saja. Biaya tersebut untuk penggantian film x-ray dan cairan.

Baca juga  Update Harga RDA Magma Authentic by Paradigm (Baru dan Bekas)

Perlu diingat bahwa biaya x ray kucing atau anjing dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, biaya x-ray anjing dan kucing yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda. Apabila Anda ingin memeriksakan anjing atau kucing peliharaan Anda, sebaiknya hubungi klinik atau dokter hewan terdekat untuk memperoleh penanganan yang tepat.

[1]Prestiana, DI. 2016. InsidensiPiometra Melalui Pemeriksaan Radiologi Pada Anjing Di Rumah Sakit Pendidikan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga [Skripsi]. Surabaya: Universitas Airlangga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *