Update Biaya Transfer Antarbank di ATM Link (Bank Mandiri, BTN, BNI, BRI)

Bagi Anda yang menggunakan perbankan, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah transfer dana atau uang. Secara umum, kegiatan transfer ini dilakukan dengan memindahkan sejumlah nominal uang dari satu rekening ke rekening yang lain. Rekening tersebut dapat berasal dari satu bank yang sama atau dari bank yang berlainan.

Jaringan ATM Link (sumber: gegemartina.com)

Jaringan Link (sumber: gegemartina.com)

Selain dilakukan melalui layanan teller, kegiatan transfer dana kini juga bisa dilakukan melalui media mesin ATM atau Anjungan Tunai Mandiri. Melalui mesin ATM ini, kegiatan transfer dana bisa menjadi lebih mudah dan menguntungkan dibandingkan melalui layanan teller. Namun, masalah mulai muncul ketika tidak semua daerah di Indonesia memiliki mesin ATM untuk suatu bank tertentu.

Karena itu, beberapa bank kemudian membentuk suatu jaringan ATM bersama, semacam ATM Bersama, ATM Prima, dan juga ATM Link. ATM Bersama pertama kali didirikan pada tahun 1990 silam dan sudah beranggotakan setidaknya 87 bank dan lembaga keuangan selain bank yang terhubung melalui lebih dari 49 ribu terminal ATM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara, berbeda dengan ATM Bersama, ATM Link adalah layanan yang baru didirikan pada akhir tahun 2015 lalu dan hanya melibatkan empat bank milik pemerintah, yaitu PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (), PT Bank Mandiri Tbk. (Bank Mandiri), PT Bank Negara Indonesia Tbk. (BNI) dan PT Bank Tabungan Negara Tbk. (). Dengan mesin bernama ATM Link Himbara, memungkinkan keempat bank tersebut untuk bertransaksi dengan tarif lebih murah dibandingkan melalui jaringan ATM Bersama.

Pada tahap awal, sebanyak 50 mesin ATM Link telah disediakan dan tersebar di area Jabodetabek. Kemudian, di tahun 2016, setidaknya ada tambahan 800 unit mesin ATM Link yang ditempatkan di lokasi strategis di kota-kota besar lainnya di Indonesia. Layaknya transfer dengan mesin ATM lainnya, transfer melalui layanan ATM Link ini juga dikenakan administrasi, seperti transfer antar bank. Berikut informasi terbaru administrasi ketika melakukan transfer melalui jaringan ATM Link (untuk sekali transaksi).

Transfer via ATM Link

Menggunakan mesin ATM

Menggunakan mesin ATM

Nama BankBiaya Administrasi
Bank MandiriBank Mandiri : Gratis
Antarbank BUMN : Rp4.000
Bank Lain : Rp5.000
BNIAntarbank BUMN : Rp4.000
Rp5.000
BTNAntarbank BUMN : Rp4.000
Rp6.500
BRIAntarbank BUMN : Rp4.000
Rp7.500

Daftar biaya administrasi transfer via ATM Link di atas kami rangkum dari situs resmi bank yang bersangkutan dan sumber-sumber lain. Dibandingkan tahun 2019 lalu, biaya transfer tersebut relatif masih sama. Namun, untuk memperoleh informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke kantor cabang Bank Mandiri, BNI, BTN, atau BRI terdekat di sekitar domisili Anda.

Selain untuk mentransfer uang, jaringan ATM Link ternyata juga dapat digunakan oleh nasabah untuk melakukan tarif tunai dengan gratis atau tanpa biaya. ini pun dapat dipakai untuk melakukan transaksi lainnya, mulai dari tagihan listrik, pembelian token PLN, tagihan kartu , TV berlangganan, dan pembelian tiket pesawat atau kereta api. 

Baca juga  Update Terkini Kisaran Biaya Appraisal KPR Bank di Indonesia
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Biaya Transfer Antarbank di ATM Link (Bank Mandiri, BTN, BNI, BRI)"