Update Kisaran Biaya Tes TOEFL di ITC (International Test Center)

atau Test of English as a Foreign Language adalah tes yang berfungsi untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris (aksen Serikat) yang biasanya digunakan untuk masuk ke universitas yang ada di Serikat atau negara-negara lainnya. Tes ini sangat dibutuhkan bagi Anda yang bahasa aslinya tidak menggunakan bahasa Inggris. Selain untuk keperluan kuliah, tes TOEFL dewasa ini juga banyak dipakai sebagai bagian dari proses rekrutmen atau kenaikan pangkat.

Peserta Tes TOEFL

Peserta Tes TOEFL

Penyelenggaraan tes TOEFL biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam dan terdiri dari 4 bagian, yaitu listening comprehension, grammar structure and written expression, reading comprehension, dan writing. Ada 2 jenis tes TOEFL yang mungkin juga sudah Anda kenal, yakni Computer Based Testing (CBT) dan Paper Based Testing (PBT).

Sesuai namanya, TOEFL dengan Computer Based Testing memakai media komputer dalam penyelenggaraan tesnya dan skor penilaian CBT berkisar antara 216-677. Sementara, Paper Based Testing memakai media kertas saat ujian dan skornya berada pada rentang 450-550 ke atas.

Seiring dengan perkembangan zaman, sudah banyak lembaga yang mengadakan tes TOEFL dengan media Computer Based Testing dan sejak tahun 2005 banyak yang memakai iBT atau Based Testing. Meski demikian, beberapa tempat yang masih belum memiliki jaringan atau komputer yang memadai tetap memakai Paper Based Testing.

Untuk mengikuti tes TOEFL di pun tidak sulit. Anda bisa mencari lembaga-lembaga terpercaya yang bersedia mengeluarkan sertifikat TOEFL setelah Anda mengikuti tes. Agar lebih terjamin, Anda bisa mendaftarkan diri untuk ikut tes TOEFL di sejumlah lembaga bahasa yang telah bekerja sama dengan ETS (Education Testing System) selaku penyelenggara resmi TOEFL di dunia atau lewat sejumlah perguruan tinggi di .

Penyelenggara tes TOEFL berada di berbagai tempat. Misalnya ada di dalam . Selain itu, Anda juga dapat mendaftar dan mengikuti tes TOEFL di tempat lain yang telah diakui secara internasional, misalnya di ITC (International Test Center). Di tempat ini, melayani 2 (dua) macam tes kemampuan bahasa Inggris, yaitu TOEFL dan TOEIC.

TOEFL dan TOEIC memiliki tujuan yang berbeda. TOEIC (Test of English for International Communication) adalah tes yang dirancang untuk mereka yang bahasa aslinya bukan bahasa Inggris. Nilai tes ini akan mengukur sejauh mana seseorang mampu berkomunikasi dengan orang lain. Tes ini tidak memerlukan pengetahuan atau kosakata khusus. Sementara, TOEFL adalah tes yang mengukur kemampuan berbahasa Inggris Anda untuk pendidikan akademis.

TOEIC dan TOEFL dirancang untuk tujuan yang berbeda. TOEFL ditujukan untuk pelajar atau mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya di Amerika Serikat dan Kanada. Sementara, TOEIC ditujukan bagi mereka yang bahasa ibunya bukan memakai dialog bahasa Inggris dan ingin menunjukkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris di dunia kerja dan ambil bagian dalam globalisasi.

TOEIC dan TOEFL memiliki standar penilaian berbeda. Jika nilai tes TOEFL tidak bisa dijadikan sebagai patokan utama karena masing-masing tempat memiliki perbedaan penilaian, namun pada TOEIC, tes ini menggunakan keselarasan standar internasional. Jika di luar negeri, TOEIC sudah sangat populer. Buktinya, dari data yang ada, ternyata tes ini telah digunakan sekitar 10.000 perusahaan di dunia. Mungkin, bisa jadi karena selain berstandar internasional, TOEIC juga telah ada sejak 1979. Sehingga, levelnya pun lebih tinggi dibanding tes TOEFL.

Skor TOEIC dimulai dari angka 400 hingga 990. Ada enam level, antara lain level 0/0+ Novice (skor 10-250), level 1 Elementary (skor 255-400), level 1+ Intermediate (skor 405-600), level 2 Basic Working Proficiency (skor 605-780), level 2+ Advanced Working Proficiency (skor 785-900), level 3/3+ General Professional Proficiency (skor 905-990).

TOEIC memiliki dua macam tes, yaitu tes reading dan listening dengan rentang skor 10-990. Sementara, TOEFL memiliki tiga macam pilihan tes, di antaranya adalah PBT (Paper Based Test), CBT (Computer Based Test), dan IBT (Internet Based Test). Skor TOEFL berdasarkan tesnya adalah PBT (310-677), CBT (30-300), dan IBT (8-120).

Di ITC (International Test Center), untuk tes TOEFL dan TOEIC berbeda. Untuk informasi lengkapnya, dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Biaya Tes TOEFL di ITC

Ilustrasi: mengerjakan tes

Ilustrasi: mengerjakan tes

Jenis Tes dan Pelatihan TOEFLBiaya (Rp)
Paper Based Testing Products 
TOEFL Junior Standard550.000
TOEFL Primary Listening and Reading550.000
CBT/Digital Testing Products 
TOEFL iBT Voucher3.608.000
TOEFL Junior Standard750.000
TOEFL Junior Speaking840.000
TOEFL Primary Listening and Reading750.000
TOEFL Primary Speaking840.000
Certificate of Achievement (additional) 
TOEFL Junior & TOEFL Primary 200.000
Additional Score Report 
TOEFL Junior & TOEFL Primary200.000
Preparation Books
The Official Guide to the TOEFL Junior Standard Test385.000
Learning
TOEFL Practice Online808.000
TOEFL Online Prep Course (4 Skills)1.435.000
TOEFL YSS English Learning Center 3-Month500.000
TOEFL YSS English Learning Center 6-Month750.000
TOEFL YSS English Learning Center 9-Month850.000
English Discoveries 3-Month750.000
English Discoveries 6-Month1.200.000
Workshop
Propell Workshop for TOEFL® iBT2.500.000
TOEFL Young Students Series Teacher Workshop1.500.000

Keterangan:

  • Hasil tes diberikan dalam bentuk score report bukan sertifikat.
  • Biaya tes sudah termasuk 1 lembar score raport.
  • Biaya tes belum termasuk pajak 10%.
  • Score report tambahan (diperbolehkan cetak score report tambahan dengan dikenakan biaya).
  • Bagi yang membutuhkan hasil tes berupa sertifikat bisa mendapatkannya dengan dikenakan biaya tambahan.

Perlu Anda ketahui bahwa biaya test TOEFL di atas tidak terikat dan dapat berubah sesuai kebijakan lembaga penyelenggara. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, biaya tes TOEFL di atas berkisar Rp90 ribuan hingga Rp2 jutaan tergantung jenisnya. 

Untuk pendaftaran, di ITC dibedakan menjadi dua macam, individu dan institusi. Informasi lengkap mengenai tata cara pendaftaran, Anda dapat mengunjungi laman resmi ITC di itc-indonesia.com.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Update Biaya Kuliah di STIKES Surabaya Tahun Akademik 2020/2021

 

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Kisaran Biaya Tes TOEFL di ITC (International Test Center)"