Update Biaya Tambal Gigi (Puskesmas dan Rumah Sakit)

No comment26831 views

Tambal adalah salah satu perawatan yang sering dilakukan apabila pasien mengalami berlubang. Untuk menambal , Anda bisa melakukannya di berbagai pusat , seperti rumah sakit, puskesmas, maupun . tambal sendiri bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing pusat kesehatan, tambalan, dan berapa banyak yang harus ditambal.

Seiring bertambahnya usia, gigi dalam mulut kita lama kelamaan akan mengalami pengapuran. Hal itulah yang menyebabkan gigi kita berlubang dan akan terasa begitu menyakitkan ketika digunakan untuk mengunyah makanan. Bahkan, tanpa aktivitas mengunyah pun, gigi yang berlubang akan menyebabkan kita merasa kesakitan.

Proses pemeriksaan gigi

Proses pemeriksaan gigi

Gigi berlubang bisa disebabkan karena banyak hal. Di antaranya makanan atau minuman yang banyak mengandung gula atau cuka dan bisa juga karena kebiasaan buruk Anda yang malas menyikat gigi sebelum tidur. Jika gigi sudah berlubang, maka tak ada pilihan lagi selain dicabut atau ditambal. Namun, tak semua menyarankan gigi untuk dicabut, apalagi jika gigi tersebut masih memiliki akar yang baik. Karena itu, mayoritas gigi akan menyarankan gigi Anda untuk ditambal jika berlubang.

Tambalan gigi sendiri ada begitu banyak jenisnya. Di antaranya ada jenis tambalan sementara sebelum gigi Anda ditambal secara permanen. Untuk tambalan sementara, umumnya dibutuhkan untuk Anda yang memerlukan perawatan akar atau harus menunggu kondisi sehat sebelum dilakukan penambalan secara permanen. Bahan tambalan sementara ini berasal dari zinc fosfat dan lebih mudah dibongkar.

Kemudian, ada tambalan gigi jenis amalgam yang selama ini sudah umum dipakai untuk menambal gigi belakang atau geraham karena tambalan jenis amalgam ini kuat dan sangat awet. Bahannya berasal dari logam merkuri cair dan bubuk logam berisi perak, timah, dan tembaga. Biaya untuk tambalan gigi jenis ini biasanya lebih mahal dibandingkan tambalan gigi zinc fosfat.

Tahan lama atau tidaknya tambalan gigi tergantung dari 2 pihak, baik dari pihak dokter gigi ataupun pasien. Dari pihak dokter gigi, faktor penting tentang ketahanan tambalan gigi adalah dari teknik penambalan yang tepat, pemilihan bahan atau material tambal gigi yang dipakai (setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing), tingkat kerusakan gigi, posisi gigi yang ditambal, dan lain-lain. Sementara, dari pasien, tergantung dari kemauan untuk menjaga kebersihan gigi.

Seperti diutarakan sebelumnya, menambal gigi bisa dilakukan di berbagai pusat kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas, maupun klinik. Biaya tambal gigi sendiri bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing pusat kesehatan, jenis tambalan, dan berapa banyak gigi yang harus ditambal. Berikut kisaran biaya tambal gigi.

Biaya Tambal Gigi - www.gentledentist.com

Biaya Tambal Gigi - www.gentledentist.com

Biaya Tambal Gigi

Nama Klinik KesehatanBiaya Tambal Gigi
Puskesmas Bareng MalangTambalan Sederhana : Rp15.000
Tambalan Tetap : Rp70.000
Puskesmas BantulTambalan Amalgam : Rp18.400 – Rp46.000
Tambalan GIC : Rp24.300 – Rp64.500
Tambalan Komposit Light Cured : Rp21.550 – Rp52.000
Tambalan Komposit Light Cured (Sedang) : Rp38.900 – Rp73.500
Siloam Hospital Mulai Rp250.000
RS TebetMulai Rp215.000
RS Awal Bros TangerangMulai Rp210.000
RSAL Dr. Ramelan SurabayaMulai Rp200.000
RS Permata BekasiMulai Rp182.000

Biaya tambal gigi di atas kami rangkum dari situs resmi pusat kesehatan yang bersangkutan dan sumber-sumber lain. Biaya tambal gigi tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk mendapatkan lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke rumah sakit terdekat di daerah Anda.

(Panca)

Baca juga  Info Terbaru Biaya Pendaftaran Member & Harga Lengkap Produk Herbalife
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Biaya Tambal Gigi (Puskesmas dan Rumah Sakit)"