Biaya Sekolah Sepak Bola (SSB) di Indonesia

No comment19123 views

Selain cita-cita ‘konvensional’, seperti menjadi dokter atau tentara, banyak anak di Indonesia yang bermimpi menjadi pemain sepak bola profesional. Pasalnya, selain terkenal, bayaran pesepakbola pun cukup tinggi. Nah, untuk mewujudkan hal tersebut, salah satu cara populer yang bisa ditempuh adalah mengikuti sekolah sepak bola alias SSB. Di Indonesia sendiri, sudah banyak SSB yang dapat dipilih, dari mulai yang gratis hingga punya biaya pembinaan yang selangit.

Ilustrasi: aktivitas latihan di sekolah sepak bola

Ilustrasi: aktivitas latihan di sekolah sepak bola

Tidak sulit menemukan SSB jika ingin menimba ilmu sepak bola secara lebih rapi dan terstruktur. Selain dikelola oleh pribadi, banyak klub lokal dalam negeri yang juga mendirikan sekolah sepak bola untuk anak sekolah. Bahkan, tidak sedikit klub-klub top Eropa dan dunia yang membuka sekolah sepak bola di dalam negeri.

Untuk tim dari dalam negeri, salah satu yang baru saja meluncurkan SSB adalah Persija Jakarta. Bernama Persija Development Center (PDC), akademi sepak bola ini resmi dihadirkan pada pertengahan 2019 lalu. Berpusat di kawasan Sawangan, Depok, program sepak bola di tempat ini sudah dimulai pada 1 Agustus 2019, bertepatan dengan mulainya tahun ajaran baru. 

Terinspirasi dari akademi La Masia kepunyaan Barcelona, siswa yang mendaftar nantinya akan tinggal di asrama dan menjalani berbagai aktivitas, termasuk bersekolah. Selama di Persija Development Center, anak-anak usia 12-17 tahun dapat merasakan pelatihan sepak bola standar internasional dengan lini kerja dan metodologi yang sama dengan tim utama Persija.

Yang membuat istimewa, seluruh program langsung dikomandoi oleh pelatih berlisensi profesional UEFA yang telah memiliki pengalaman dalam pembinaan. Tak hanya itu, jika pemain menunjukkan perkembangan dengan baik, mereka berkesempatan untuk bermain di elite club Persija U-16, U-18, dan U-20, sebelum akhirnya terpilih untuk membela skuat utama Macan Kemayoran, julukan Persija Jakarta.

Masih di kawasan Jakarta, pilihan lainnya adalah Brazilian Soccer School (BSS) yang berlokasi di beberapa lokasi seperti Jakarta Utara, jakarta Barat, Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Bekasi, hingga Bandung. Berdiri pertama kali pada tahun 2011, BSS ini memiliki tujuan untuk membangun pondasi serta memberikan cara terbaik bagi anak-anak Indonesia untuk belajar sepak bola ala Brazil.

Ilustrasi: Pelatih dan Murid Berada di Lapangan Sepak Bola (credit: healthychildren.org)

Ilustrasi: Pelatih dan Berada di Lapangan Sepak Bola (credit: healthychildren.org)

Selama bertahun-tahun, BSS telah berkembang menjadi sistem pelatihan yang unik dan menarik yang pernah dikembangkan di negara ini. Citarasa gaya Brasil dirasakan dengan menggunakan bola dan permainan Futebol de Salao, berbagai keterampilan belajar individu bergerak dari pemain terbaik Brasil seperti Ronaldinho, Robinho, dan Neymar, hingga penggunaan musik Samba sehingga membuat latihan menjadi lebih menyenangkan.

Nah, untuk yang berafiliasi dengan klub-klub top Eropa, ada Sekolah Sepakbola Chelsea FC Indonesia, yang berada di Jalan Pantai Indah Barat, PIK, Jakarta Utara. SSB ini diklaim memiliki lahan latihan yang cukup luas dengan kualitas lapangan terbaik. Selain itu, pelatih yang didatangkan sudah berstatus profesional dan memiliki sertifikat asli dari Chelsea FC, dengan biaya pendaftaran yang kompetitif.

Masih dari klub Inggris, ada SSI Arsenal yang telah berdiri sejak tahun 2007 silam. Berlokasi di Lapangan ISCI (Ciputat) dan Aldiron-MBAU (Pancoran), SSI Arsenal memfasilitasi anak-anak yang ingin mengasah keterampilan mereka dalam memainkan si kulit bundar. Mampu menampung hingga siswa, SSI Arsenal dikatakan menerapkan kurikulum seperti yang dipakai di Inggris dengan lapangan yang berstandar internasional.

Tidak cuma klub Inggris, kesebelasan asal Spanyol pun tidak mau ketinggalan membuka sekolah sepak bola di Indonesia. Real Madrid misalnya, sudah mendirikan Sekolah Sepak Bola Real Madrid pada Maret 2012 lalu dan dikelola langsung oleh International Social Sports Development (ISSD). Membuka pendaftaran untuk bakat muda berusia 6 hingga 16 tahun, SSB ini pun sudah memiliki banyak cabang di Aceh, Yogyakarta, Sidoarjo, Banjarbaru, Samarinda, Makassar, hingga Jayapura.

Sang rival senegara, Barcelona, sebelumnya telah membangun sekolah sepak bola di dalam negeri pada Januari 2012. Bernama FC Barcelona Escola Indonesia, latihan SSB ini menggunakan lapangan di Sentul (Bogor) dengan para pelatih profesional dari Barcelona. Dengan daya tampung 250 siswa per tahun, FC Barcelona Escola Indonesia membuka pendaftaran untuk anak berusia 5 hingga 11 tahun.

Ilustrasi: Anak Mengoper Bola (credit: Healthline)

Ilustrasi: Anak Mengoper Bola (credit: Healthline)

Biaya Sekolah Sepak Bola

Nama SSBKisaran Biaya
Sekolah Sepak Bola dan Akademi Remaja Masa Depan (RMD) JakartaUsia SD : Rp100.000 per bulan
Usia SMP & : Rp1.600.000 per bulan (asrama)
Pendaftaran : Rp1.500.000 (SMP & SMA)
Persija Development Center, Sawangan Pendaftaran : Rp20.000.000
Iuran Bulanan : Rp7.500.000
Brazilian Soccer SchoolHoliday Camp : Rp1.500.000 – Rp1.750.000
FC Barcelona Escola IndonesiaRp10.000.000 per bulan
Akademi Persib, BandungBiaya Pendaftaran : Rp1.000.000
Iuran Bulanan : Rp500.000
SSB Liverpool Soccer Academy, JakartaBiaya Pendaftaran : Rp1.750.000
Iuran 1x pertemuan seminggu : Rp750.000 per bulan
Iuran 2x pertemuan seminggu : Rp1.200.000 per bulan
Iuran 3x pertemuan seminggu : Rp1.600.000 per bulan
SSB Chelsea Soccer School indonesiaBiaya Pendaftaran : Rp1.200.000
Iuran : Rp880.000 per sesi
SSB Arsenal Soccer School indonesiaBiaya Pendaftaran : Rp1.750.000
Iuran : Rp2.500.000 – Rp3.500.000 (per 8 sesi)
SSB Real MadridBiaya Masuk : Rp100.000
SSB Indonesia Muda, Jakarta UtaraBiaya Pendaftaran : Rp90.000
Iuran Bulanan : Rp30.000
Seragam Latihan : Rp100.000
Tas Latihan : Rp70.000
SSB Ranggong TakalarBiaya Masuk : Rp100.000
SSB Benteng Taruna, TangerangPaket A : Rp1.000.000
Paket B : Rp500.000
Iuran Bulanan : Rp75.000

Biaya sekolah sepak bola di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk akun media sosial SSB yang bersangkutan dan sumber yang lain. Perlu diingat bahwa biaya SSB tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Meskipun begitu, dari tahun sebelumnya hingga kini belum ada informasi resmi mengenai perubahan biaya sekolah sepak bola di masing-masing lembaga. Untuk informasi lebih detail, Anda dapat mengunjungi sekolah sepak bola terdekat di wilayah Anda.

[Update: Almas]

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Biaya Tes TOEFL di ITC (International Test Center)
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Biaya Sekolah Sepak Bola (SSB) di Indonesia"