Biaya Rontgen Tulang Kaki di Rumah Sakit dan Laboratorium Kesehatan

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah rontgen. Ini adalah salah satu prosedur yang dilakukan untuk mengetahui gambaran tubuh bagian dalam, terutama tulang, yang pada akhirnya berguna untuk mengetahui atau mendiagnosis penyakit. Selain untuk tangan, dada, kepala, dan gigi, rontgen juga dapat dilakukan untuk mengamati kondisi tulang kaki. Saat ini, sudah ada banyak rumah sakit dan klinik kesehatan yang menyediakan layanan tersebut dengan biaya rata-rata ratusan ribu rupiah.

Rontgen Tulang Kaki (sumber: fitzpod.com.au)
Rontgen Tulang Kaki (sumber: fitzpod.com.au)

Seperti diketahui, untuk mendeteksi adanya gangguan, terutama di bagian tubuh yang tidak tampak oleh telanjang, diperlukan sebuah pencitraan medis. Pencitraan medis memungkinkan pengolahan data dan informasi pada jaringan dan organ.[1] Akhirnya, aplikasi pencitraan medis memegang peranan penting dalam mendukung proses diagnosis suatu penyakit.

Bacaan Lainnya

Beberapa macam peralatan medis yang dapat menghasilkan citra adalah sinar-X, ultrasonografi, Magnetic Resonance Imaging, dan teknik Computed Tomography atau CT, maupun suara ultrasonic lainnya yang digunakan oleh dunia medis untuk mendeteksi suatu penyakit. Nah, dari sekian prosedur tersebut, salah satu yang sangat populer dan kerap dipakai adalah sinar-X.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Kegunaan Rontgen

X-Ray merupakan sebuah metode pemeriksaan dalam dunia kedokteran dengan, seperti namanya, menggunakan sinar X untuk mengambil gambar bagian dalam dari tubuh seseorang. Umumnya, teknik yang juga kerap disebut rontgen ini digunakan untuk memeriksa bagian tubuh dengan tujuan mendeteksi adanya gangguan.

Sinar-X ditemukan oleh Wilhelm Conrad Rontgen pada tahun 1895. Penemuan sinar-X ini dipengaruhi oleh hasil percobaan sebelumnya dari J.J. Thomson mengenai tabung katoda dan Heinrich Hertz tentang foto listrik. Kedua percobaan tersebut mengamati gerak elektron yang keluar dari katoda menuju ke anoda yang berada dalam tabung yang hampa udara. Tidak heran jika kemudian banyak yang menyebutnya sebagai rontgen.

Rontgen merupakan gelombang elektromagnetik dengan panjang gelombang sangat pendek (1 Ǻ = 10-8 cm), sehingga mempunyai daya tembus yang . Setidaknya, ada dua tipe kejadian dalam proses menghasilkan sinar-X, yaitu sinar-X Bremsstrahlung dan sinar-X Karakteristik.[2] Sinar ini diproduksi dengan jalan menembaki target logam dengan elektron cepat dalam satu tabung vakum sinar katoda. Ketika elektron menabrak target logam, maka sinar-X akan terpancar dari permukaan logam tersebut yang dikenal dengan sinar-X Bremsstrahlung.[3]

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Metode yang satu ini dianggap paling umum dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya retak atau patah tulang karena kecelakaan atau terbentur benda keras. Seperti dikutip dari Alodokter, selain ampuh mendeteksi masalah kesehatan pada tubuh, foto rontgen juga bisa untuk mengamati perkembangan penyakit, mengetahui kemajuan pengobatan, dan menjadi pedoman untuk melakukan prosedur tertentu.

Dalam praktiknya, ada banyak jenis rontgen dan biasanya digunakan untuk memeriksa bagian dada seperti tulang dada, tulang rusuk, atau tulang selangka. Sementara itu, rontgen untuk tulang belakang dipakai untuk menemukan penyakit atau cedera pada tulang belakang, sendi, dan sebagainya. Selain itu, ada pula rontgen untuk anggota gerak seperti tangan, pergelangan tangan, kaki, lutut, tungkai, pergelangan kaki dan pinggul. Lalu, berapa biaya untuk rontgen pada kaki?

Biaya Rontgen Tulang Kaki

Rontgen Tulang Kaki (sumber: mobilityduo.com)
Rontgen Tulang Kaki (sumber: mobilityduo.com)
Nama Rumah Sakit/Klinik Biaya
RS H. Adam Malik Rp65.000 per sisi
RSUD Kota Banjar Rp75.000 per sisi
RSUD Bari Palembang Rp140.000 per sisi
Klinik Kimia Farma Rp190.000 per sisi
Laboratorium Klinik Prodia Rp200.000 per sisi
Laboratorium Pramita Rp200.000 per sisi

Daftar biaya rontgen tulang kaki di atas sudah kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk keterangan resmi pihak rumah sakit atau klinik kesehatan yang bersangkutan. Perlu Anda catat bahwa biaya rontgen tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Selain itu, tarif rontgen tulang kaki di setiap institusi kesehatan bisa berbeda, tergantung kebijakan masing-masing lembaga.

Baca juga  Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Sebagai informasi tambahan, setelah prosedur, Anda dapat kembali ke rumah dan melanjutkan rutinitas normal. Jika menggunakan cahaya atau kontras, pasien disarankan untuk meminum banyak air putih guna membantu mengeluarkan zat kontras dari tubuh. Dokter spesialis radiologi akan memeriksa lebih lanjut hasil pemeriksaan, tetapi gambar akan dikirim atau diberikan pada pasien segera setelah dicetak.

[1] Rodiah, Sarifuddin Madenda, Dewi Agushinta Rahayu. 2012. Analisis Pendeteksian Nodul Citra Sinar-X Paru. Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2012) Universitas Gunadarma.

[2] Martina, D., Susilo, Sunarno. 2015. Uji Kolimator pada Pesawat Sinar-X Merk/Type Mednif/SF-100BY di Laboratorium Fisika Medik Menggunakan Unit RMI. Jurnal MIPA, Vol. 38(2): 121-126.

[3] Bushberg, J. T. et al. 2013. The Essential Physics of Medical Imaging 2nd ed. New York: William & Wilkins.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *