Harga Rolling Door Aluminium Baru dan Bekas

No comment5913 views

Untuk mengamankan isi di dalam ruangan, sebuah bangunan memang wajib memiliki pintu atau gerbang. Nah, khusus untuk toko, perkantoran, atau gudang, selain memakai folding gate, banyak juga yang mengaplikasikan rolling door, yang biasanya dapat digulung ke atas, baik secara manual maupun otomatis. Di pasaran sendiri, rolling door kebanyakan terbuat dari bahan besi, aluminium, atau galvalum, yang rata-rata ditawarkan dengan harga berkisar ratusan ribu rupiah per meter, baik dalam kondisi maupun bekas.

Ilustrasi: Rolling Door (credit: Tokopedia)

Ilustrasi: Rolling Door (credit: Tokopedia)

Rolling door, dilansir dari berbagai referensi, adalah pintu dengan sistem buka tutup vertikal, yaitu pintu tergulung ke atas untuk membuka dan tergulung ke bawah untuk menutup. Fungsinya adalah sebagai alat pengaman sebuah bangunan beserta isinya dari hal-hal yang mengancam seperti pembobolan, pencurian, maupun penerobosan, sehingga barang-barang tetap aman.

Pintu ini biasanya diaplikasikan sebagai pintu penutup toko, ruko, garasi, kawasan industri, serta tempat-tempat aktivitas komersial lainnya. Rolling door dapat disatukan dengan folding gate pada area pertokoan untuk memberi keamanan ekstra. Contohnya, apabila memakai bahan solid sebagai pintu paling depan, maka folding gate harmonika yang transparan bisa ditempatkan sebagai pada bagian belakang. Sebaliknya, apabila folding gate dengan material solid dipakai sebagai pintu paling depan, maka bahan semi-perforated bisa Anda letakkan pada bagian belakang.

Baca juga  Harga Handle Pintu Dekson (Dekkson) Berbagai Tipe

Tidak hanya untuk area komersial serta industri, rolling door juga dapat Anda gunakan untuk garasi mobil di rumah. Untuk pintu garasi, produk ini dikatakan sangat praktis dipakai sebagai alternatif karena tidak membutuhkan ruang yang besar sehingga bisa menghemat penggunaan ruangan Anda. Hal ini sangat cocok apabila Anda memiliki lahan yang sempit dan terbatas.

Jenis Rolling Door

Ilustrasi: Salah Satu Jenis Rolling Door (credit: automaticgatesmarbella)

Ilustrasi: Salah Satu Jenis Rolling Door (credit: automaticgatesmarbella)

  • Rolling door one sheet, punya daun pintu secara menyeluruh, yang merupakan satu kesatuan lembar plat. Kelebihan pintu ini adalah lebih lentur, lebih , dan tidak bising pada saat dioperasikan. Model ini dapat dibagi menjadi tiga jenis lagi, yaitu one sheet rapat, one sheet perforated, serta one sheet kombinasi.
  • Rolling door ST6, menggunakan pitch slat pintu berukuran 6 cm. Terbagi menjadi tiga, yakni rapat, perforated, dan kombinasi, varian ini secara umum punya karakteristik mirip dengan rolling door one sheet, yakni ringan, fleksibel, dan tidak berisik ketika dioperasikan.
  • Rolling door ST aluminium, memiliki slat aluminium. Pitch slat pintu ini berukuran sekitar 5 cm. Kelebihan rolling door ST aluminium, selain lebih ringan, juga tahan terhadap karat.
  • Rolling door tipe industry, memiliki kapasitas opening yang dapat jauh lebih lebar dan tinggi, dengan maksimum berat daun pintu hingga 2.300 kg dan dapat digerakkan mesin elektrik atau manual (chain block/takel). Pintu ini cocok untuk pergudangan, pabrik, bengkel, workshop, hypermarket, dll.
  • Rolling door fire shutter, merupakan model yang dikembangkan dengan teknologi untuk mengamankan area tertentu dari api dan asap yang dapat berisiko menyebar ke area lainnya. Pintu jenis ini cocok diaplikasikan pada area parkir dan ramp gedung tinggi.
Baca juga  Info Terbaru Harga Plastik Wrapping MakananĀ 

Selain itu, rolling door juga dapat dibedakan berdasarkan bahan pembuatnya. Secara umum, ada tiga jenis tipe yang paling banyak beredar di pasaran, yakni besi atau stainless steel, aluminium, dan galvalum. Masing-masing tipe memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun, apabila Anda menginginkan produk yang tidak cuma ringan, tetapi juga tahan lama, rolling door berbahan aluminium dapat menjadi referensi yang menarik.

Harga Rolling Door Aluminium

Saat ini, tidak sulit mendapatkan rolling door berbahan aluminium. Pasalnya, sudah banyak toko material bangunan yang menawarkan perangkat ini, baik di toko offline maupun lewat situs jual beli online. Untuk produk baru, rata-rata ditawarkan dengan harga Rp330 ribu sampai Rp472 ribuan per meter. Namun, ada pula yang menjualnya dengan harga Rp500 ribu sampai Rp720 ribuan per meter. Sementara, apabila sudah dalam kondisi bekas, harganya sekitar Rp4 jutaan untuk panjang 5 meter dan tinggi 2,5 meter, sedangkan harga per meter berkisar Rp300 ribuan.

Baca juga  Update Biaya Hidup di Jakarta Sesuai KHL (Kebutuhan Hidup Layak)
Ilustrasi: Harga Rolling Door Aluminium (credit: sta.hogsportstalk)

Ilustrasi: Harga Rolling Door Aluminium (credit: sta.hogsportstalk)

Harga Rolling Door Standar

Bahan Rolling DoorHarga
Rolling Door Besi 03Rp230.000 per meter
Rolling Door Besi 04Rp250.000 per meter
Rolling Door Galvalum 03Rp280.000 per meter
Rolling Door Galvalum 04Rp300.000 per meter
Rolling Door AluminiumRp410.000 per meter

Harga rolling door tersebut kami rangkum dari salah satu toko material bangunan. Perlu dicatat bahwa harga rolling di atas tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga pintu ini juga kemungkinan bisa berbeda-beda di masing-masing tempat. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung mendatangi toko bahan bangunan terdekat di sekitar rumah Anda.

Selain varian manual, sekarang juga sudah banyak dikembangkan rolling door yang dapat dibuka dan ditutup secara otomatis. Salah satu studi menyebutkan, rolling door otomatis dapat dibuat dengan memakai rangkaian sistem microcontroller ATMega8 yang diprogramkan menggunakan bahasa Basic Compiler (BASCOM).[1] Namun, agar dapat berkembang, diperlukan rangkaian modul Bluetooth HC-05 sebagai jembatan antara smartphone Android untuk mengendalikan secara otomatis.

[1] Sudarto, Ferry, Jawahir, Ryan Satria. 2015. Sistem Kontrol Rolling Door Menggunakan Smartphone Berbasis Android OS pada PT. Indonesia Stanley Electric. Creative Communication and Innovative Technology Journal Universitas Raharja, Vol. 9(1): 44-50.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Rolling Door Aluminium Baru dan Bekas"