Pendaftaran dan Biaya Pesantren Al-Hassan Bekasi TA 2021/2022

dan Pondok Pesantren Al-Hassan Bekasi TA 2021/2022

Pondok Pesantren Al-Hassan yang terletak di Jalan Jambu Ujung, Jatimakmur, Pondok Gede, Bekasi, adalah sebuah pendidikan berbasis Islam dengan sistem modern dalam menyiapkan bibit ulama dan pemimpin. Tempat ini menyelenggarakan Program Tahfidz 30 juz dan mempunyai program pengajaran bahasa Arab secara integral, dengan biaya yang terdiri dari biaya tahunan dan biaya bulanan.

Profil Pondok Pesantren Al-Hassan

Biaya, masuk, pendidikan, Islam, ponpes, pondok, pesantren, Al Hassan, Bekasi, Pondok Gede, Jatimakmur, pendaftaran, jadwal, informasi, syarat, 2018, gelombang, santri, spp, infaq, administrasi, bulanan,

Kegiatan pramuka di Pondok Pesantren Al Hassan (instagram: @ppm_alhassan)

Pesantren Al-Hassan memiliki terpadu untuk melatih kepemimpinan mulai dari sistem organisasi di setiap kamar, kelas, klub khitobah, klub olahraga, pramuka, dan lain-lain. Pada semester 2 dan seterusnya, semua mata pelajaran disampaikan dengan bahasa Arab. Oleh karena itu, semua pengajar di Pesantren Al-Hassan harus bisa berbahasa Arab.

Program pendidikan diintegrasikan dengan sistem pesantren, santri hidup di dalam asrama yang berdisiplin selama 24 jam penuh, dengan bimbingan para guru dan kyai. Karena itu, kurikulum pesantren tidak terbatas pada pelajaran di kelas saja, melainkan keseluruhan kegiatan di dalam dan di luar kelas merupakan proses pendidikan yang tak terpisahkan.

Pesantren Al-Hassan juga peduli dengan lingkungan hidup dan melaksanakan banyak program untuk lingkungan seperti membuat ratusan biopori, banyak sumur resapan, hingga daur ulang sampah. Pondok Pesantren Al-Hassan adalah pesantren modern yang mengajarkan kesederhanaan dalam hidup para santrinya. Kesederhanaan bukanlah suatu karakter yang mudah didapat melainkan dengan perjuangan karena tidak semua orang bisa hidup sederhana.

Mazhab yang dianut oleh Pondok Pesantren Al-Hassan adalah Ahlusunnah waljama’ah. Artinya, menerima semua santri dari semua kalangan seperti NU, Muhammadiyah, PERSIS, dan lain-lain. Namun, Pesantren Al-Hassan tidak memperkenankan segala atribut partai untuk masuk ke dalam lingkungan pesantren karena tujuannya adalah membentuk kader dai yang mampu menjadi perekat semua umat Islam dari semua golongan.

Untuk mendukung potensi santri, Ponpes Al-Hassan juga memberikan program ekstrakurikuler yang dapat dipilih santri sesuai dengan bakat dan minat. Program ekstrakurikuler dilaksanakan di luar sekolah oleh pengurus organisasi santri, di bawah bimbingan guru dan santri senior. Kegiatan ekstrakurikuler tersebut meliputi, latihan dan praktik berorganisasi (kepemimpinan dan manajemen), -kursus dan latihan-latihan (Pramuka, keterampilan, kesenian, kesehatan, olahraga, perkoperasian, kewiraswastaan, sadar lingkungan, bahasa, jurnalistik, retorika, dan lain-lain), dinamika kelompok santri (baik kelompok-kelompok wajib, ataupun kelompok-kelompok minat), pembekalan calon alumni, dan penugasan alumni yang berkompeten untuk mengabdi di PPM Al-Hassan.

Ilustrasi: Komplek Pondok Pesantren Al-Hassan Bekasi (credit: Facebook/Pondok Pesantren Al-Hassan)

Ilustrasi: Komplek Pondok Pesantren Al-Hassan Bekasi (credit: Facebook/Pondok Pesantren Al-Hassan)

Pondok Pesantren Al-Hassan

Pondok Pesantren Al-Hassan bukanlah pesantren yang secara instan berdiri megah, tetapi sarana dan prasarana yang ada di Pesantren Al-Hassan tumbuh seiring waktu. Bermula dari masjid, lalu tumbuh menjadi seperti saat ini, dan pembangunan masih berlangsung sedikit demi sedikit. Berikut sarana dan fasilitas Pondok Pesantren Al-Hassan.

  • Masjid.
  • Gedung Asrama tiga lantai.
  • Kelas 10 lokal.
  • Ruang kantor dan tamu 4 lokal.
  • Laboratorium komputer 1 lokal.
  • PSB dan Perpustakaan 1 lokal.
  • Kamar santri sementara 1 lokal.
  • Asrama Santri Aliyah.
  • Asrama santri baru.
  • Dapur.
  • Tempat makan.
  • Kantin.
  • Koperasi.
  • Lapangan basket.
  • Lapangan futsal.
  • Green house.
  • Kolam ikan lele.

Rincian biaya yang diterapkan di Ponpes Al-Hassan meliputi saat ini meliputi biaya pendaftaran, biaya masuk, serta SPP yang dibayarkan bulanan. Tahun sebelumnya, pesantren ini juga mengenakan biaya daftar ulang yang dibayarkan setiap kenaikan kelas, yakni untuk kegiatan pesantren selama satu tahun, seperti ujian semester, buku pegangan, ekstrakurikuler, tahfidz dan tahsin Al Quran, kesehatan, dan lain-lain.

Ilustrasi: Kegiatan Belajar di Pondok Pesantren (credit: pintek.id)

Ilustrasi: Kegiatan Belajar di Pondok Pesantren (credit: pintek.id)

Biaya Pondok Pesantren Al-Hassan TA 2021/2022

KomponenBiaya
Biaya PendaftaranRp400.000
Biaya MasukRp23.000.000
SPP BulananRp2.200.000

Biaya Pondok Pesantren Al-Hassan di atas kami rangkum dari situs resmi lembaga pendidikan yang bersangkutan. Jika dibandingkan pada tahun sebelumnya, biaya pendidikan di tempat ini memang mengalami kenaikan. Pada tahun 2020/2021 lalu, total biaya masuk yang perlu dibayarkan sebesar Rp20,95 juta.

Syarat Pendaftaran Pondok Pesantren Al-Hassan TA 2021/2022

  • Membayar uang pendaftaran sebesar Rp400.000.
  • Fotokopi Akte Kelahiran.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Surat Keterangan Sekolah Asal.
  • Pas foto ukuran 3 x 4.

Pendaftaran Pondok Pesantren Al-Hassan 2021/2022

KegiatanJadwal
Pendaftaran13 Januari – 27 Maret 2021
Ujian Masuk28 Maret 2021
Pengumuman Kelulusan1 April 2021
Daftar Ulang2 – 12 April 2021

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung datang ke lokasi pondok pesantren di Jalan Jambu Ujung RT 03 RW 011, Kel. Jatimakmur, Pondok Gede, Bekasi, atau via nomor telepon (021) 84975774 dan 84999568. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi nomor ponsel 0857 7034 4424 (pendaftaran santri baru) dan 0812 8264 8556 (info kepesantrenan).

[Update: Panca]

Baca juga  Info Terbaru Biaya Kursus Bahasa Jerman di Sejumlah Lembaga di Indonesia
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Pendaftaran dan Biaya Pesantren Al-Hassan Bekasi TA 2021/2022"