Update Terbaru Biaya Service AC (Cuci, Bongkar, Pasang, Tambah/Isi Ulang Freon)

AC atau merupakan salah satu peralatan yang makin banyak digunakan, baik di rumah, terlebih di kantor. Layaknya alat lainnya, AC pun tidak luput dari masalah dan kerusakan. Namun, dibandingkan dengan membeli model baru dengan harga mahal, service AC dengan biaya yang lebih murah bisa menjadi alternatif yang menarik.

Teknisi servis mengutak-atik AC (sumber: abcrnews.com)

Teknisi servis mengutak-atik AC (sumber: abcrnews.com)

AC atau penyejuk udara adalah sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu area (yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu). Umumnya, perangkat ini menggunakan siklus refrigerator, tetapi kadang-kadang juga menggunakan penguapan, biasanya untuk kenyamanan pendingin di gedung-gedung dan bermotor.

Pendingin udara modern muncul dari kemajuan dalam ilmu kimia selama abad ke-19, dan pendingin udara skala besar pertama ditemukan serta digunakan pada tahun 1902 oleh Willis Haviland Carrier. Lalu, seiring dengan perkembangan zaman, perusahaan-perusahaan elektronik mulai membuat AC dengan teknologi yang dapat membunuh virus dan bakteri juga menghemat biaya , yaitu plasma-cluster untuk membunuh bakteri dan inverter yang dapat menghemat energi lebih dari 10 persen.

Ada empat atau jenis AC yang umum dipasarkan , yaitu AC Split, AC Window, AC Floor Standing, dan AC Central. Berikut uraian singkat mengenai jenis-jenis atau pendingin udara.

Jenis-Jenis AC

  • AC Split; dilihat dari bentuknya, AC ini memiliki dua bagian, yaitu indoor dan outdoor, dengan kompresor terletak di bagian luar serta memiliki kipas sebagai alat untuk mengurangi panas yang terletak di pipa kondensor. Sementara, di bagian dalam, terdapat pipa evaporator dan motor listrik yang berfungsi memutar blower dan kemudian dikeluarkan di ruangan telah ditentukan sehingga udaranya menjadi dingin.
  • AC Window; perangkat ini memiliki bentuk yang berbeda dibandingkan model lainnya, yaitu antara indoor dan outdoor memiliki tempat yang sama (menyatu) sehingga tidak memerlukan pipa antara kedua ruangan tersebut. Untuk memasang AC Window ini, Anda harus melubangi tembok ruangan, dengan tembok pembatas berfungsi agar udara panas di luar ruangan tidak masuk ke bagian indoor.
  • AC Floor Standing; perangkat ini memiliki bentuk yang besar, baik pada bagian indoor-nya maupun pada bagian outdoor. Untuk , bagian indoor diletakkan di dasar lantai ruangan yang dilengkapi dengan dudukan, dengan ruangan yang cukup lapang agar sirkulasi udara pada AC Floor Standing tersebut tidak terganggu. AC Floor Standing ini mampu mencapai temperatur terendah hingga kurang lebih 10 derajat celsius.
  • AC Central; perangkat ini memiliki ukuran yang mirip dengan AC Floor Standing. Perbedaannya adalah sisi indoor AC Central dipasang atau diletakkan pada bagian atas dekat plafon. Selain itu, AC jenis ini juga kebanyakan dipasang dalam keadaan tergantung. AC Central sendiri memiliki dua buah blower yang digunakan untuk mengisap suhu dingin dari evaporator dan mengeluarkan ke ruangan yang telah ditentukan.
Ilustrasi: servis ac (sumber: dynamicelectronics.in)

Ilustrasi: servis ac (sumber: dynamicelectronics.in)

Seperti disampaikan di atas, sebagai perangkat elektronik, AC juga memiliki risiko mengalami kerusakan, terutama jika pengguna tidak melakukan dengan baik. Ada berbagai jenis kerusakan AC yang umum terjadi antara lain sebagai berikut.

Macam-Macam Kerusakan Umum pada AC

  • AC tak kunjung menyala. Penyebab AC yang tak mau menyala meskipun tidak ada kerusakan pada remote, kemungkinan besar diakibatkan oleh masalah pada koneksi power. Periksa tombol power AC Anda atau sekring kontak, apakah ada gangguan atau tidak. Bila tidak ada gangguan yang terdeteksi, Anda harus memanggil teknisi untuk memperbaiki AC Anda t.
  • Keluar es ukuran kecil. Munculnya es-es kecil dari AC dibagi menjadi dua persoalan, yang pertama adalah jika es keluar dari pipa besar, maka Anda harus memanggil jasa teknisi AC karena evaporator AC Anda sudah terlalu kotor. Sementara, jika es yang keluar berasal pipa kecil, itu berarti AC Anda kekurangan gas freon. Segera panggil jasa teknisi AC dan jangan menyalakan AC Anda sebelum freon diganti karena dapat mengakibatkan kompresor AC ikutan rusak.
  • AC tidak dapat dioperasikan menggunakan remote. Ada dua kemungkinan penyebab, yang pertama adalah kerusakan pada remote controller dan yang kedua adalah kerusakan pada sensor AC. Apabila yang rusak adalah remote AC, Anda hanya perlu mengganti baterai atau membeli remote baru di toko elektronik. Namun, apabila yang rusak adalah sensor AC, Anda harus memanggil teknisi AC untuk memperbaikinya.
  • AC tidak dingin. Sudah mengutak-atik suhu dan power AC ke tingkat paling dingin, tetapi suhu ruangan tak kunjung dingin? Hal ini disebabkan oleh freon AC yang bocor. Freon yang bocor pada umumnya disebabkan oleh sambungan pipa yang kendur. Atasi hal ini dengan cara mengencangkannya menggunakan sekrup.
  • AC berisik. Tidur Anda terganggu karena saat dinyalakan, AC mengeluarkan suara yang berisik dan berderit? Hindari hal ini dengan cara rutin melakukan pengecekan dan pastikan pipa serta cover AC Anda tidak bersentuhan satu sama lain sehingga suara derit yang mengganggu pun tak terdengar lagi.

Jika memiliki pengetahuan yang cukup seputar elektronik, tidak ada salahnya memperbaiki AC secara mandiri. Namun, apabila Anda takut AC Anda bakal semakin rusak, menghubungi tukang service AC adalah pilihan yang terbaik. Berikut kami sajikan informasi terbaru kisaran biaya servis AC di tukang service AC.

Ilustrasi: servis ac (sumber: jainservice.com)

Ilustrasi: servis ac (sumber: jainservice.com)

Biaya Service AC

Jasa Service ACBiaya
Cuci AC Split1/2-1 PK : Rp65.000 per unit
1,5-2 PK : Rp70.000 per unit
Cuci AC CassetteRp75.000 per PK
Cuci AC StandingRp75.000 per PK
Harga Tambah Freon R22 0.5 – 1 PKRp150.000
Harga Tambah Freon R22 1.5 – 2 PKRp200.000
Harga Tambah Freon R32/R410 0.5 – 1 PKRp200.000
Harga Tambah Freon R32/R410 1.5 – 2 PKRp250.000
Harga Isi Freon R22 0.5 – 1 PKRp250.000
Harga Isi Freon R22 1.5 – 2 PKRp350.000
Harga Isi Freon R32/R410 0.5 – 1 PKRp350.000
Harga Isi Freon R32/R410 1.5 -2 PKRp450.000
Bongkar AC Split1/2-1 PK : Rp200.000 per unit
AC Split1/2-1 PK : Rp325.000 per unit
Bongkar-Pasang AC Split1/2-1 PK : Rp350.000 per unit
1,5-2 PK : Rp425.000 per unit

Biaya servis AC pada tahun 2020 ini mengalami penurunan dibanding tahun 2019 lalu. Misalnya saja untuk cleaning atau cuci AC 1/2-1 PK yang sebelumnya Rp75 ribu kini berkisar Rp65 ribu saja, dan untuk 1,5-2 PK juga turun dari Rp75 ribu jadi Rp70 ribu.

Biaya service AC di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa tukang service AC. Biaya service AC tersebut tidak mengikat dan bisa berbeda-beda, tergantung wilayah dan kebijakan tukang service. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa langsung menghubungi tukang service AC terdekat di daerah Anda.

[Update: Dian]

Baca juga  Info Terbaru Harga Sewa Excavator PC 200 di Berbagai Lokasi
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Terbaru Biaya Service AC (Cuci, Bongkar, Pasang, Tambah/Isi Ulang Freon)"