Harga dan Model Bathtub Fiber (Fiberglass)

Anda mungkin sudah bosan dengan model kamar lama Anda dan berniat untuk merenovasi agar tampak baru. Satu hal yang jangan sampai dilewatkan adalah menambahkan bathtub pada kamar lama Anda. Selain memberikan kemewahan saat , penggunaan bathtub dapat menjadikan kegiatan sebagai relaksasi. Setelah beraktivitas seharian, menghabiskan waktu dalam bathtub pastinya bisa membantu tubuh melepaskan rasa penat.

Mandi bunga dan berendam dalam bathtub

Mandi bunga dan berendam dalam bathtub

 

Beragamnya model bathtub yang ada kadang membuat kita bingung menentukan pilihan bathtub yang sesuai dengan model kamar mandi di rumah. Bagi Anda yang ingin memasang bathtub pada kamar mandi, ada beberapa desain bathtub untuk berbagai gaya interior kamar mandi yang bisa Anda pilih sesuai dengan bentuk kamar mandi.

Jenis dan Model Bathtub

Quality Drop-In Bathtub

Dengan desain yang sederhana, bathtub jenis ini hanya perlu dibenamkan pada kayu atau keramik. Bagian tepinya yang cukup luas bisa Anda gunakan untuk menaruh aksesoris kamar mandi atau lilin aromaterapi. Pada bagian tepi luar kayu atau keramik bathtub, Anda bisa menambahkan tempat penyimpanan handuk berupa besi panjang.

Corner Bathtub

Siapa bilang kamar mandi yang sempit sebaiknya tidak memakai bathtub? Sesuai namanya, bathtub ini memang ditempatkan di sudut kamar mandi. Misalnya, jika Anda memiliki kamar mandi 1×2 yang mungil, bisa memakai bathtub jenis ini. Kebanyakan corner bathtub terbuat dari akrilik karena lebih gampang dibentuk ketimbang lainnya. Di samping itu, Anda juga bisa memiliki bathtub dengan bentuk yang paling Anda inginkan.

Ergonomics Bathtub

Bagi Anda yang menginginkan gaya interior kamar mandi yang modern, maka ergonomic bathtub dapat menjadi penguat kesan tersebut. Bathtub jenis ini yang lebih canggih dilengkapi oleh built-in speaker sehingga Anda bisa mendengarkan musik sambil memanjakan diri.

Baca juga  Update Harga Tiket Masuk Zoo Melaka & Night Safari Malaysia

Sit Bathtub

Kamar mandi bertema oriental bisa dilengkapi dengan sit bathtub. Jenis bathtub satu ini merupakan inovasi dari Jepang dalam menciptakan bathtub yang tak memakan tempat, namun menonjolkan karakter etnik mereka. Walau bathtub ini tidak bisa membuat Anda berselonjor, tapi tetap cukup nyaman dipakai berjongkok atau bersila.

Model sit bathtub

Model sit bathtub

Freestanding Bathtub

Anda yang menggemari desain kamar mandi , mungkin akan jatuh hati pada freestanding bathtub. Jenis bathtub yang disukai sejak era Victoria ini dipasang begitu saja sehingga kaki-kakinya langsung menjejak lantai. Freestanding bathtub ini biasanya tidak diletakkan merapat ke agar dapat menjadi aksen yang menonjol. Kamar mandi yang menggunakan cermin pada salah satu sisi bisa tampil lebih elok dengan bathtub jenis ini.

Whirlpool Bathtub

Whirlpool bathtub lebih kita kenal dengan nama Jacuzzi. Jenis bathtub yang biasanya dipakai untuk spa ini umumnya terbuat dari bahan porselen dan kaca pada bagian dindingnya. Bagian dasarnya memiliki lubang-lubang yang memancarkan uap-uap air bertekanan tinggi, berguna untuk menenangkan saraf. Whirlpool bathtub ini cocok untuk kamar mandi mewah dan berkelas.

Claw-foot Bathtub

Kamar mandi bergaya vintage pas sekali berpadu dengan Claw-foot Bathtub. Meski begitu, bathtub jenis ini sebenarnya cocok untuk semua gaya interior kamar mandi. Empat buah kaki bathtub yang stylish juga bisa menonjolkan kemewahan modern. Claw-foot Bathtub juga bisa dipasang di sudut, menghadap jendela, atau berseberangan dengan dinding.

Baca juga  Harga Terupdate Madu Kesuburan Eury X Asli

Stone Bathtub

Kamar mandi bernuansa alam dengan dinding kayu atau bambu makin komplit oleh adanya bathtub yang terbuat dari batu. Bentuk bathtub yang unik dan tidak beraturan justru membuatnya tampak menawan. Kekokohan bathtub jenis ini jelas tak perlu diragukan. Ditopang oleh lantai kayu atau dasar bebatuan menjadi paduan yang luar biasa.

Jenis Bathtub

Nah setelah mengetahui jenis-jenisnya, bathtub juga diproduksi dengan bahan atau material yang beragam. Mulai dari akrilik, cast polymer, cultured marble, enameled cast iron, enameled steel, solid surface, dan fiberglass.

Model bathtub dan jenis material pembuatannya

Model bathtub dan jenis material pembuatannya

Akrilik

Lembaran akrilik yang dipanaskan, dibentuk dalam cetakan, dan diperkuat dengan fiberglass. Biasanya diberi penguat berupa kayu atau logam. Bathtub berbahan akrilik ini menawarkan berbagai pilihan gaya dan bentuk, warnanya awet, tahan benturan, mudah gores, ringan, tahan panas jika posisinya terisolasi, dan relatif lebih murah. Harganya Rp1,5 juta – Rp7 juta.

Cast Polymer

Dengan warna yang padat khas bahan polimer, bathtub ini mirip onyx atau granit. Meski tampilannya seperti batu, namun lebih fleksibel ala bahan sintetis. Selain tebal, bahan ini juga mempertahankan panas dengan baik, cocok jika Anda ingin berendam . Namun, jika dibandingkan dengan akrilik, bahan cast polymer yang berlapis gel ini kurang tahan lama. Kisaran harganya Rp6 juta – Rp12 juta.

Cultured Marble

Ini bahan yang dibuat secara manual (dengan tangan manusia) yang terdiri dari batu kapur yang dihancurkan, dicampur dengan resin poliester, serta dengan finishing lapisan gel. Kelebihan bahan ini adalah pilihan warna dan pola yang beragam, serta lebih ramping dan stylish. Kekurangannya, yakni sedikit rapuh, mudah tergores, membutuhkan perawatan lebih, serta lebih mahal. Harganya di kisaran Rp2 juta – Rp12 juta.

Baca juga  Review & Harga Sabun Lervia Batang dan Cair

Enameled Cast Iron

Besi cor dibentuk menjadi bentuk bathtub dan di-finishing dengan enamel. Umumnya lebih tebal dari bahan lainnya. Kelebihannya, antara lain tahan lama dan padat, tersedia dalam berbagai warna, mempertahankan panas dengan baik, keras, dan berat. Harganya kisaran Rp4 juta – Rp12 juta.

Enameled Steel

Bathtub jenis ini terbuat dari bahan yang mirip besi cor yang diproduksi dengan menyemprotkan enamel pada baja cetak. Lalu, tub ini pun dipanaskan dalam suhu tinggi. Harganya memang lebih murah dari cast iron, namun pilihan warnanya lebih sedikit dan akan terdengar bising saat kran airnya dibuka. Harganya rata-rata di atas Rp15 juta.

Solid Surface

Bahan bathtub yang satu ini dibuat dari akrilik dan atau resin poliester yang kemudian dipanggang jadi lembaran-lembaran. Resin akan membuat bahan ini lebih fleksibel, sementara poliester membuatnya menghasilkan warna-warna yang dramatis. Tak heran jika bahan ini tetap awet warna dan teksturnya, mampu mempertahankan panas dengan baik, tersedia dalam aneka warna, serta anti noda. Rentang harganya Rp6,7 juta –  Rp18 juta.

Fiber (Fiberglass)

Untuk finishing material ini, digunakan polyester gel. Penguat berupa kayu dan logam pun kerap ditambahkan. Kelebihannya adalah ekonomis (harga paling murah), pilihan gaya dan bentuk yang beragam, tahan karat, ringan, namun tidak bisa mempertahankan panas dengan baik. Harganya Rp1 jutaan.

loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Harga dan Model Bathtub Fiber (Fiberglass)"