Pendaftaran & Biaya Pesantren Darul Falah Subang TA 2020/2021

Pesantren Darul Falah merupakan lembaga pendidikan berbasis agama Islam yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Menyelenggarakan pendidikan untuk jenjang SMP dan , pondok pesantren ini menerapkan sistem Islamic & Cultural Boarding School dan mematok tarif pendidikan yang terbilang cukup terjangkau.

Pondok Pesantren Darul Falah - smpnudarulfalahsubang.blogspot.co.id

Pondok Pesantren Darul Falah - smpnudarulfalahsubang.blogspot.co.id

Profil Pondok Pesantren Darul Falah

Dikutip dari situs resminya, Pondok Pesantren Darul Falah beralamat di Jalan Patrol Panyeredan, Kampung Patrol, Desa Cimanggu, Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Lembaga ini menyelenggarakan program pendidikan untuk jenjang SMP dan SMA (tepatnya SMK) yang telah memiliki Akreditasi B.

SMP dan SMK Darul Falah, yang berdiri pada tahun 2008 lalu, dikatakan sebagai sekolah berbasis pesantren yang menggunakan prinsip dasar kepesantrenan yang dengan mazhab Imam Syafi’i. Berbasis pondok pesantren atau dikenal dengan Islamic & Cultural Boarding School, lembaga ini memiliki moto ‘Cerdas dan Berakhlak Karimah’.

SMP-SMK Darul Falah menerapkan system pendidikan terpadu antara kepesantrenan Salafiyah berbasis ke-NU-an dan sistem pendidikan modern di dalam dan di luar kelas yang mengandung pendidikan karakter dan leadership. Sekolah ini mengadopsi kurikulum pendidikan nasional untuk mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, IPA, matematika, IPS, informasi, dan pendidikan olahraga. Sementara, untuk pelajaran baca tulis Al Quran, tahfidhul Al Quran, hadis, kuning, bahasa Arab, nabawiyah, dan sejarah kebudayaan Islam, mengadopsi kurikulum pesantren.

Tujuan akhir pembelajaran yang diharapkan di Pesantren Darul Falah di antaranya:

  • Siswa atau memiliki pemahaman agama secara fiqih dan aqidah yang bisa dipraktikkan, terutama ilmu-ilmu Islam dalam rukun Islam, Rukun Iman dan nilai-nilai ihsan.
  • Siswa atau santri memiliki komitmen keagamaan yang kuat dan tegas pembelaan terhadap agama serta menjaga persatuan di negara Republik Indonesia.
  • Siswa atau santri memiliki kesalehan dan kecerdasan sosial
  • Siswa atau santri cerdas memiliki kemampuan akademis.
  • Siswa atau santri memiliki Kemampuan di bidang Al Quran (Tahsin Tilawah, ), Tajwidul Qu’an,  Tahfidhul Qur’an, dan terjemahannya (SMP 6 Juz dan SMA 12 Juz).
  • Siswa atau santri mengetahui dasar-dasar Ulumul Quran.
  • Siswa atau santri memiliki kemampuan di bidang kitab kuning (kitab kuning dasar Jurumiyah, Imriti, Kaelani, dan Taqrib untuk SMP, dan kitab kuning dasar Jurumiyah, Imriti, Kaelani, Taqrib, Tafisr Jalalain, Riyadhus Sholihin, dan Fiqih Ibadah untuk SMA).
  • Siswa atau santri memiliki kemampuan dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris.
  • Siswa atau santri memiliki leadership yang tangguh, yang mencakup mentalitas dalam memimpin, berpengetahuan luas, memiliki rasa empati, dan peka (cepat tanggap dan penuh perhatian).
Aktivitas upacara para siswa Pondok Pesantren Darul Falah Subang (sumber: Ridwan Hartiwan)

Aktivitas upacara para siswa Pondok Pesantren Darul Falah Subang (sumber: Ridwan Hartiwan)

Pondok Pesantren Darul Falah

Untuk menunjang proses kegiatan belajar dan mengajar, Pondok Pesantren Darul Falah juga telah didukung dengan fasilitas yang memadai. Di sekolah ini, sudah terdapat ruang kelas belajar yang representatif, laboratorium komputer, laboratorium IPA, perpustakaan, kantin sekolah, santri, layanan laundry, sarana olahraga, hingga masjid.

Tidak mau kalah dengan sekolah ‘konvensional’ pada umumnya, Pondok Pesantren Darul Falah pun menyelenggarakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh siswa atau santri untuk menyalurkan bakat dan minat mereka. Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah ini antara lain, kegiatan outbound, pentas seni budaya, latihan dasar kepemimpinan, English Club, pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), Gerakan Cinta Masjid (GCM), OSIS, Paskibra, dan latihan dasar ke-taruna-an. Selain itu, pondok ini juga mengadakan kegiatan belajar bahasa Inggris di Kampung Pare, Kabupaten Kediri.

Layaknya pondok pesantren pada umumnya, Pondok Pesantren Darul Falah juga mengadakan kegiatan harian yang wajib diikuti oleh para santri. Berikut kegiatan harian di pondok ini.

WaktuKegiatan
04.00 WIBQiyamul Lail/Tahrim
05.00 WIBSalat Subuh
06.00 WIBBTQ/ifdz/Bahasa/Tasrif
06.45 WIBTandzif, Persiapan Sekolah, Sarapan
07.00 WIBMasuk Sekolah
12.00 WIBSalat Zuhur, Makan Siang
13.10 WIBKBM, Ekstrakurikuler
15.30 WIBSalat Ashar & Aurad
16.00 WIBOlahraga, Seni
17.00 WIBMandi, Makan Malam, Salat Magrib, Salat Isya, dll
20.00 WIBTa’allum Muwajjah
21.30 WIBPersiapan Sekolah Besok

Masih dilansir dari situs resminya, sekolah di Pondok Pesantren Darul Falah ternyata sangat terjangkau. Pihak pondok pesantren sendiri menarik untuk dana pembangunan, makan, dan lain-lain. Berikut kami sajikan informasi Pondok Pesantren Darul Falah tahun ajaran sebelumnya yang bisa Anda jadikan referensi.

Aktivitas para siswa Pondok Pesantren Darul Falah Subang (sumber: Ridwan Hartiwan)

Aktivitas para siswa Pondok Pesantren Darul Falah Subang (sumber: Ridwan Hartiwan)

Biaya Pondok Pesantren Darul Falah

KomponenBiaya
PendaftaranRp200.000
Infak pembangunan, kasur, lemari, perlengkapan mandi dan makan, buku-buku pondokRp5.000.000
Biaya pendidikan + makan 3 kali sehari (per bulan)Rp900.000

Untuk sementara ini Pondok Pesantren Darul Falah baru mengumumkan informasi biaya pendidikan untuk tingkat SMP Boarding School.

Syarat Pendaftaran Pondok Pesantren Darul Falah

  • Mengisi formulir pendaftaran.
  • Membayar biaya pendaftaran.
  • Menyerahkan fotokopi Akte Kelahiran, fotokopi rapor, fotokopi KTP orang tua (ayah dan ibu atau wali).
  • Menyerahkan fotokopi ijazah terakhir dan NISN.
  • Menyerahkan pasfoto berwarna ukuran 2 x 3 cm, 3 x 4 cm, dan 4 x 6 cm masing-masing sebanyak 4 lembar.
  • Mengikuti dan lulus tes potensi dan penelusuran minat dan bakat, wawancara, dan baca-tulis Al Quran.
  • Menyerahkan surat pindah (jika siswa pindahan).

Jadwal Pendaftaran Pesantren Darul Falah

Untuk tahun akademik 2020/2021, Pondok Pesantren Darul Falah sudah membuka penerimaan siswa atau santri baru untuk jenjang SMP mulai 5 Januari 2020 lalu. Pendaftaran siswa baru dibatasi sebanyak 40 calon santri baru dan akan ditutup jika kuota sudah terpenuhi. Jumlah ini terbilang berkurang dibanding tahun 2019 lalu yang mencapai 50 orang. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke lokasi, menghubungi nomor ponsel 0812 3999 2724.

[Update: Dian]

Baca juga  Info Terbaru Biaya Sekolah Al Jabr Islamic School TA 2020/2021
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Pendaftaran & Biaya Pesantren Darul Falah Subang TA 2020/2021"