Biaya Pendaftaran Tes SNMPTN dan SBMPTN Tahun Ajaran 2015/2016

Tes TPA SBMPTNSeleksi penerimaan calon mahasiswa baru untuk tahun ajaran /2016 mulai dibuka. Seperti tahun-tahun sebelumnya, seluruh perguruan tinggi (PTN) di Indonesia secara serentak mengadakan saringan tes nasional melalui jalur dan . Kedua jalur ini sama-sama bersifat nasional dan disubsidi oleh pemerintah.

SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) merupakan jalur seleksi prestasi yang biaya pendaftarannya sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah alias gratis. Prestasi yang disyaratkan adalah berupa prestasi akademik yang diperlihatkan pada grafik nilai raport saat menempuh di SMA/sekolah sederajat.
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M. Nasir, menyatakan bahwa biaya pendaftaran masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN adalah gratis karena sepenuhnya ditanggung sepenuhnya oleh negara. Nantinya, kuota mahasiswa yang ditampung di PTN melalui jalur SNMPTN adalah sebanyak 50% dari seluruh mahasiswa yang diterima. Sedangkan untuk jalur SBMPTN adalah sebanyak 30%, dan sisanya melalui jalur UM (Ujian Mandiri) sebanyak 20%.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Kursus Bahasa Inggris di English First (EF) Jakarta 2018

SBMPTN

Ujian tulis lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk tahun ini rencananya akan dilangsungkan pada tanggal 9 hingga 11 Juni 2015 serentak di seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia. Pendaftarannya sendiri sudah dibuka sejak kemarin (11/5) pada pukul 08.00 hingga ditutup pada tanggal 29 Mei 2015 ini jam 22.00 malam.

Biaya pendaftaran untuk semua jurusan baik “Sains dan Teknologi”, “Sosial dan Humaniora”, serta “Campuran”, dan “ujian keterampilan” dihargai sama, yaitu Rp 100 ribu untuk tiap peserta. Pembayaran biaya pendaftaran SBMPTN ini bisa dilakukan di dua bank yaitu Bank Mandiri (via transfer) dan Bank BNI (via teller dan transfer). Biaya ini disebutkan sebagiannya sudah dikurangi oleh subsidi dari pemerintah pula.

SBMPTN boleh diikuti oleh semua siswa lulusan pendidikan menengah (SMA/ MA/ SMK/ MAK) dan sekolah sederajat, termasuk Paket C yang lulus ditahun 2013, 2014, dan 2015. Soal ujian tulis SBMPTN telah dirancang sedemikian rupa untuk mengukur kemampuan dasar sehingga dapat memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di semua ranah studi. Khusus untuk calon mahasiswa yang memilih studi Ilmu Seni atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan, selain tetap mengikuti ujian tertulis tersebut.

Baca juga  Update Syarat dan Biaya Masuk AKPOL (Akademi Kepolisian)
loading...
author
Gadis rumahan yang gak terlalu suka jalan-jalan, kecuali buat window shopping memantau perkembangan harga-harga :) Pernah tercatat sebagai mahasiswi di satu PTN ternama di Malang.

Leave a reply "Biaya Pendaftaran Tes SNMPTN dan SBMPTN Tahun Ajaran 2015/2016"