Komponen Biaya Implan Gigi dan Prosedurnya

No comment4530 views

pada dasarnya adalah penggantian dengan melibatkan penanaman implant beserta crown (mahkota gigi) ke dalam gusi dan tulang rahang. Implan gigi bisa dilakukan pada siapa saja yang mengalami kehilangan gigi paska kecelakaan, gigi berlubang, atau adanya permasalahan pada gusi. Metode ini dikenal jauh lebih baik daripada gigi palsu. Meski begitu banyak orang yang awalnya berniat melakukan implant gigi namun mundur teratur kemudian. Kebanyakan Alasannya adalah pada yang dirasa amat memberatkan. Bahkan ada yang bilang membutuhkan uang puluhan juta hanya untuk memasang sebuah implan gigi.

langkah implan gigi

Anda pasti bertanya-tanya, jenis seperti apa dan prosedur serumit apa yang perlu dilakukan hingga menghabiskan biaya semahal itu? Untuk mengetahuinya, mari kita bahas satu persatu. Pada prinsipnya pemasangan implan gigi terbagi menjadi beberapa tahap yaitu pemasangan akar implant, tahap menunggu kesiapan akar implan, pemasangan penyangga gigi, hingga tahap yang paling akhir yaitu pemasangan replica gigi pada abutment (penyangga gigi).

Baca juga  Harga Genteng Metal Lapis Pasir (Multiroof, Sakura Roof, Surya Roof, dll)
  • Tahap Persiapan

Tahap ini terdiri dari pemeriksaan pasien, pengambilan foto rontgen, dan pembuatan mal.

  • Tahap 1 : Pemasangan Fixtura (akar implan)

Pemasangan ini dilakukan pada tulang rahang dengan cara membedah atau merobek gusi, lalu menyelipkan akar fistura ke bawah gusi dan menjahit kembali luka bedah tadi hingga tertutup sempurna. Prosedur ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit, dan Anda akan dipersilakan pulang.

  • Tahap 2 : Menunggu Fixtura menyatu dengan tulang rahang (osteointegrasi)

Proses ini membutuhkan waktu sekitar 1,5 bulan hingga 3 bulan. Periode ini diperlukan agar implan dapat menyatu secara sempurna dan stabil.

  • Tahap 3 : Pemasangan abutment

Abutment ini adalah semacam penyangga yang berfungsi juga sebagai tempat dimana gigi replica nantinya akan dipasang.

  • Tahap 4 : Memasang gigi replika pada abutment.

Semua proses tersebut membutuhkan waktu yang bervariasi pada setiap individu, rata-rata sekitar 4 hingga 9 bulan sampai semua prosedur selesai dan berfungsi normal.

Baca juga  Info Terbaru Pengertian, Objek, dan Tarif Bea Materai

Jika Anda tertarik mengetahui berapa total biaya dan bagaimana rinciannya, berikut kami tampilkan Estimasi biaya implant gigi di sebuah klinik swasta di Jakarta sebagai gambaran,

Komponen biaya

Pemasangan ImplanUSD 1.500 (setara Rp 19,7 juta)
Pemasangan Crown (mahkota gigi tiruan)Rp 4 juta / gigi
Pemasangan Bone Graft (optional jika diperlukan)USD 95 (setara Rp 1,25 juta)
Pemasangan MembranRp 1 juta
Biaya Kontrol, Pemerikasaan X-ray, dan obat-obatanRp 500.000

 

loading...
author
Gadis rumahan yang gak terlalu suka jalan-jalan, kecuali buat window shopping memantau perkembangan harga-harga :) Pernah tercatat sebagai mahasiswi di satu PTN ternama di Malang.

Leave a reply "Komponen Biaya Implan Gigi dan Prosedurnya"