Update Biaya Pendaftaran & Bulanan Pondok Pesantren Daarul Mughni Al-Maaliki

Pondok Pesantren (ponpes) Daarul Mughni merupakan salah satu ponpes yang berlokasi di Bogor. Lokasi tepatnya ada di Jalan Klapanunggal, Desa Cikahuripan, Kp. Cibeber II, Kec. Klapanunggal (Cileungsi), Bogor.

Diberi nama Ponpes Daarul Mughni Al-Maaliki, awalnya dirintis pada pertengahan Juli 1999 dengan membeli tanah pribadi oleh H. Mustopa, M.A, seluas kurang lebih 3.000 meter, ditambah lagi dengan lahan seluas 7.400 meter.

Lalu, pada bulan April 2008, Ponpes Daarul Mughni ditambah namanya dengan Al Maaliki oleh Sayyid Abbas bin Alwi Al Maaliki Al Hasani. Ponpes ini berakidah Ahlusunah Wal Jama’ah bermadzhab Syafi’i.

Pondok Pesantren Daarul Mughni Al-Maaliki - www.daarulmughni.sch.id

Pondok Pesantren Daarul Mughni Al-Maaliki - www.daarulmughni.sch.id

Ponpes tersebut menganut perpaduan, antara ponpes modern dan ponpes salafiah (tradisional) dengan jenjang terpadu selama 6 tahun (tingkatan MTs/SMPI dan ‘Aliyah/SMAI dengan negara terakreditasi).

Selain itu, masih ada beberapa sistem yang diterapkan di Ponpes Daarul Mughni, yaitu:

  • Bahasa Arab dan Bahasa Inggris menjadi bahasa wajib berkomunikasi antar sehari-hari dan menjadi bahasa pengantar pelajaran agama kecuali kelas I ( baru).
  • Seluruh santri terikat dengan peraturan dan disiplin yang berlaku di pesantren. Selain itu, wali santri dan santri harus menerima dan patuh terhadap keputusan apapun dalam penegakan disiplin tersebut dengan ketentuan bahwa semua santri yang masuk dianggap sudah menerima aturan tersebut.
  • Ponpes Daarul Mughni Al Maaliki beraqidah Ahlussunnah wal jama’ah (asy’ari dan fiqih mazhab Iman Syafi’i.
  • Ponpes Daarul Mughni Al Maaliki tidak berafiliasi ke partai politik manapun.

Di samping sistem yang berlaku, santri juga diberi kewajiban untuk berbahasa, antara lain:

  • Setelah 6 bulan kemudian atau setelah semester pertama, santri baru mulai didorong atau dipacu untuk mempraktikkan mufrodat-mufrodat yang telah mereka dapatkan selama 6 bulan pertama.
  • Setelah genap satu tahun, mereka akan berada di pondok atau menaiki kelas 2, maka mulai diwajibkan mutlak untuk berbicara dengan bahasa resmi dan akan dikenakan sanksi jika melanggar.
  • Santri baru tidak boleh berbahasa daerah.
  • Bagi santri yang melanggar bahasa dengan batas pelanggaran terus menerus atau disebut pelanggaran berat, serta menghina bahasa santri lain, maka dapat dikeluarkan atau dikembalikan kepada orang tua.

Santri-santri di ponpes tersebut selain akan mengikuti sistem perpaduan antara pesantren salafi dan pesantren modern dengan jenjang pendidikan selama 6 tahun, diwajibkan menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris selama berkomunikasi dan mengikuti kegiatan -mengajar, mereka juga akan mendapatkan pelatihan kepemimpinan untuk meningkatkan kemampuan santri dalam manajemen dan kepemimpinan melalui organisasi santri (Permadana-Permadani).

Santri juga bisa mengikuti beberapa kegiatan ekstra yang disediakan ponpes antara lain olahraga futsal, voli, pencak silat, tenis meja, badminton, marawis, hadrah, kasidah, jamiatul quro, salawat, tahfidz , menjahit, tata boga, dan lainnya.

Di tahun 2019 ini, Pondok Pesantren Daarul Mughni membuka pendaftaran santri baru. Untuk informasi lebih lanjut, akan diuraikan berikut ini.

Tata Cara Pendaftaran

Bagi calon santri, wajib mengikuti tata cara pendaftaran yang diberlakukan oleh ponpes. Tata cara pendaftarannya yaitu wali santri atau calon santri harus hadir ketika pendaftaran untuk mengikuti tes masuk, dan hasil langsung diberikan. Materi test yang diujikan adalah membaca Al Quran, menulis Arab dan latin. Kemudian, juga ada psikotes atau wawancara.

Lalu, bagi calon santri yang lulus akan diberikan dan syarat-syarat pendaftaran, namun belum dinyatakan secara resmi sebagai santri baru sebelum mendapatkan nomor urut.

Pondok Pesantren Daarul Mughni Al-Maaliki - www.daarulmughni.sch.id

Pondok Pesantren Daarul Mughni Al-Maaliki - www.daarulmughni.sch.id

Untuk mendapatkan nomor urut santri, maka calon santri atau wali santri wajib membayar uang (biaya) masuk pesantren di bank yang ditunjuk, dan menyerahkan bukti pembayaran atau slip yang asli, fotokopi, dan formulir ke panitia santri baru. Setelah selesai mengikuti prosedur ini, santri akan mendapatkan nomor urut, dan dinyatakan secara resmi atau sah menjadi santri.

Bagi calon santri yang tidak mendapatkan nomor urut, baik karena tidak lulus, terlambat daftar, atau di luar kuota, dan telah membayar uang masuk, maka uang akan dikembalikan 100%. Dan, untuk tahun pelajaran 2019/2020, kuota yang akan diterima sebanyak 800 santri. Jika kuota telah terpenuhi, maka pendaftaran akan ditutup.

Syarat Pendaftaran

  • Menyerahkan formulir yang telah diisi lengkap.
  • Menyerahkan fotokopi ijazah/STTB SD/Mi yang telah dilegalisir masing-masing 4 lembar.
  • Fotokopi kartu NISN 2 lembar.
  • Fotokopi SKHUN yang telah dilegalisir 4 lembar.
  • Fotokopi Akta Kelahiran 2 lembar
  • Fotokopi KTP orang tua 2 lembar.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK) 2 lembar.
  • Fotokopi Sertifikat NPSN (Nomor Pokok Nasional) dari asal.
  • Menyerahkan pas foto terbaru 3x4 dan 2x3 masing-masing 4 lembar berwarna.
  • Bagi santri pindahan melampirkan rapor terakhir, surat pindah dari sekolah asal yang telah diketahui oleh Dinas/Kemenag, keterangan kelakukan baik.
  • Berkelakuan baik dan tidak merokok atau terlibat narkoba, miras, dll.
  • Berbadan sehat (tidak mengidap penyakit menular, penyakit berat, epilepsi, dll).
  • Keikhlasan dan persetujuan orang tua dan menerima segala peraturan dan disiplin pondok bagi anaknya.
  • Sanggup tinggal di asrama dan menaati segala peraturan pondok.
  • Calon santri harus hadir ketika pendaftaran untuk mengikuti wawancara langsung dan tes masuk.

Biaya Pendaftaran

Jenis BiayaNominal (Rp)
Pendaftaran, formulir, dan pengurusan admin1.200.000
Uang pangkal2.000.000
Kasur200.000
Lemari/kotak450.000
Kaos olahraga100.000
Buku paket kelas I (Agama, kecuali LKS, Kamus, dan pelajaran umum)550.000
Total4.500.000

Biaya Bulanan

Jenis BiayaNominal (Rp)
Uang sekolah100.000
Uang asrama100.000
Uang makan450.000

Keterangan:

  • Pakaian seragam sekolah dan pramuka dibeli sendiri atau dibeli di koperasi pondok pesantren (baju putih lengan panjang, celana panjang/rok putih dan biru dongker, seragam pramuka, gamis putra/putri).
  • Alat makan dan mencuci (piring, gelas, ember, gayung, sikat cuci, gantungan baju) dapat dibeli di luar atau di pesantren).

Jadwal Pendaftaran Santri Baru

Di tahun pelajaran 2019/2020 ini, Pondok Pesantren Daarul Mughni membuka pendaftaran santri baru tingkat MTS/SMP-I dan Aliyah/SMAI. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 Februari 2019 sampai kuota terpenuhi, sebanyak kurang lebih 800 santri. Pendaftaran dibuka setiap hari mulai dari Hari Senin sampai Minggu (pukul 08.00-16.00 WIB).

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih jelas dan lengkap, bisa menghubungi:

Pondok Pesantren Modern Perpaduan Daarul Mughni Al Maaliki

Alamat: Jalan Klapanunggal, Ds. Cikahuripan, Kp. Cibeber II, Kec. Klapanunggal (Cileungsi), Bogor
Nomor telepon: (021) 29219667-29219600
WhatsApp (WA):
0878 7056 1400 (Ustaz [ustad] M. Sholeh.S. Pd. I)
0838 9138 3907 (Ustaz [ustad] Yatno)
0877 2190 2018 (Ustaz [ustad] Ihsan)
Website: www.daarulmughni.sch.id

[Dian]

Baca juga  Info Terbaru Kisaran Biaya Homeschooling (Jenjang TK, SD, SMP, & SMA)
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Biaya Pendaftaran & Bulanan Pondok Pesantren Daarul Mughni Al-Maaliki"