Info Terbaru Biaya Kuliah ESQ Business School

No comment11148 views

Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Ilmu Komputer ESQ (STIMIK ESQ), atau lebih dikenal dengan nama ESQ Business (ESQ BS), merupakan sebuah perguruan tinggi yang berlokasi di Jakarta, tepatnya di lantai 18 dan 19, Gedung Menara 165, Jl. TB Simatupang Kav.1, Jakarta Selatan. Untuk bisa mengecap pendidikan di kampus ini, biaya yang perlu dikeluarkan memang tidak murah,

ESQ Business School adalah kampus yang didesain untuk mempersiapkan calon pemimpin berkarakter dan berkelas dunia yang menciptakan perubahan, unggul, dan berkualitas di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kampus ini hadir dalam menghadapi tantangan global yang kian kompetitif, memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual, tetapi juga kecerdasan emosi (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ).

Ilustrasi: para pebisnis sukses

Ilustrasi: para pebisnis sukses

ESQ Business School menyelenggarakan pendidikan jenjang Sarjana () dengan dua studi yaitu Manajemen dan Sistem Informasi Bisnis, dan juga Sarjana (S1) Ilmu Komputer. Untuk lulusan program studi Manajemen Bisnis, gelar yang diberikan adalah S.Mn, sedangkan untuk lulusan program studi Sistem Informasi Bisnis adalah S.Kom.

Kuliah di ESQ Business School dirancang untuk ditempuh selama 8 (4 tahun). Untuk program Studi Manajemen Bisnis total SKS-nya adalah 149 SKS, sedangkan bagi Program Studi Informasi Bisnis totalnya 150 SKS. Selama semester 1 s/d 4, bahasa pengantar yang digunakan adalah Bahasa Indonesia, dan mulai semester 5 s/d 8, bahasa pengantar yang digunakan adalah Bahasa Inggris.

Kurikulum yang digunakan di ESQ Business School mengacu pada kurikulum standar yang ditetapkan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional yang diperkuat oleh mata kuliah pendidikan karakter. Selain itu, metode pembelajaran dan interaksi yang dibentuk di dalam civitas akademika ESQ Business School mendukung proses pembangunan karakter tersebut. ESQ Business School juga memperkuat kurikulumnya dengan keterampilan praktis sehingga para lulusan siap untuk bekerja sebagai profesional atau wirausahawan.

Di ESQ Business School, terdapat tiga komponen biaya kuliah yang harus dibayarkan. Salah satunya adalah Biaya Pengembangan Pendidikan (BPP) sebesar Rp30.000.000 yang dibayar 1 kali selama kuliah di sini. Sayangnya, belum ada informasi resmi terkait biaya pendidikan tahun 2020/2021. Sebagai referensi, berikut kami sajikan biaya kuliah di ESQ Business School tahun sebelumnya.

Biaya Kuliah ESQ Business School 

Komponen BiayaBesaran NominalKeterangan
Biaya Pengembangan Pendidikan (BPP)Rp30.000.000Dibayarkan 1 kali
Biaya Operasional Pendidikan (BOP)Rp8.000.000Dibayarkan per semester
Biaya SKSRp400.000Semester 1 = 20 SKS

Setelah dinyatakan lulus, maka mahasiswa wajib segera membayar BOP dan Biaya SKS. Sementara, untuk BPP, dapat dibayarkan langsung secara keseluruhan atau melalui pengajuan cicilan selama 4 bulan.

Sekolah Bisnis - (Sumber: ie.edu)

Sekolah Bisnis - (Sumber: ie.edu)

Untuk dapat masuk ke dalam kampus ini, calon mahasiswa dapat memilih berbagai masuk, di antaranya Jalur Reguler, Jalur PMDK, dan Jalur Beasiswa Generasi Emas. Masing-masing jalur memiliki persyaratan yang harus dipenuhi. Persyaratan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

Persyaratan Pendaftaran ESQ Business School TA 2020/2021

Jalur Reguler

  • Siswa SMA sederajat kelas 12 maksimal lulusan 3 (tiga) tahun terakhir.
  • Membayar biaya registrasi Rp300.000 atau transfer via bank yang ditunjuk.
  • Mengisi form pendaftaran di kampus/cabang ESQ seluruh Indonesia, atau daftar online melalui website ESQ Business School di laman Admission.
  • Mengikuti Rangkaian Tes Seleksi Masuk (Tes Potensi Akademik, Bahasa Inggris, Psikotes, dan wawancara) dan membawa fotokopi kartu identitas (KTP/Kartu Pelajar/SIM/Paspor), fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi raport semester 1-5, foto berwarna terbaru ukuran 4×6, dan salinan bukti pelunasan biaya ujian masuk saat tes.
  • Fotokopi Kartu Keluarga 1 lembar.

Jalur PMDK

  • Rata-rata nilai raport semester 1-5 minimal 7,5.
  • Mengikuti Psikotes dan Tes Wawancara.
  • Membayar biaya registrasi Rp300.000.
  • Fotokopi Kartu Keluarga 1 lembar.
  • Foto berwarna terbaru ukuran 4×6.

Jalur Beasiswa Generasi Emas

  • Rata-rata nilai raport semester 1-5 minimal 8.
  • Aktif berorganisasi selama sekolah.
  • Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain.
  • Lulus tes seleksi Beasiswa Generasi Emas.
  • Membayar biaya registrasi Rp300.000.
  • Fotokopi Kartu Keluarga 1 lembar.
  • Foto berwarna terbaru ukuran 4×6.

Pendaftaran ESQ Business School 

Jadwal tes seleksi masuk setiap hari (Senin-Sabtu) pukul 08.00-13.00 WIB. Pendaftaran bisa dilakukan di kampus ESQ Business School, Menara 165 Lantai 19. Jl TB Simatupang Kav.1 Cilandak Jakarta Selatan, cabang ESQ yang berada di daerah atau melalui pendaftaran online. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi telp: 021–2940 6999, HP 0819 11000165, dab email: [email protected]

Ilustrasi: aktivitas perkuliahan di ESQ Business School (sumber: esqbs.ac.id)

Ilustrasi: aktivitas perkuliahan di ESQ Business School (sumber: esqbs.ac.id)

[Almasshabur]

Baca juga  Biaya Pondok Pesantren Daarut Tauhid Bandung 2020/2021 (Semua Jenjang)
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Info Terbaru Biaya Kuliah ESQ Business School"