Update Biaya Pasang & Berlangganan Speedy (IndiHome) Unlimited

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan Speedy. Ini adalah layanan internet dari PT Telkom yang menggunakan teknologi akses asymmetric subscriber line (ADSL) dan gigabit passive optical network (GPON), via jaringan fiber optik hingga ke rumah. Namun, pada tahun 2015, perusahaan memutuskan menghentikan layanan ini dan menggantinya dengan . Konsumen yang sudah menggunakan telepon rumah dapat langsung berlangganan internet dan UseeTV dengan berbagai paket IndiHome, dengan biaya pemasangan dan berlangganan yang relatif terjangkau.

Personel teknisi Indihome (sumber: tribunnews.com)
Personel teknisi Indihome (sumber: tribunnews.com)

Seperti yang kita ketahui, selain pangan, sandang, dan papan, internet saat ini telah menjadi kebutuhan utama banyak orang. Pasalnya, internet memang memberikan banyak untuk hampir semua bidang, termasuk bisnis, akademis (pendidikan), pemerintahan, organisasi, dan lain sebagainya. Beberapa manfaat yang diperoleh dari penggunaan internet ini antara lain komunikasi interaktif, akses ke pakar, akses ke perpustakaan, membantu penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, pertukaran data, hingga kolaborasi[1]

Bacaan Lainnya

Jika dulunya sambungan internet harus menggunakan kabel telepon dan kabel LAN, saat ini untuk mengakses internet sudah bisa memakai teknologi Wireless Fidelity atau biasa disingkat Wifi. Wifi adalah media penghantar komunikasi data tanpa kabel yang bisa digunakan untuk komunikasi atau mentransfer program dan data dengan kemampuan yang diklaim sangat cepat.[2]

Ada banyak keuntungan yang ditawarkan Wifi, terutama untuk mendukung kegiatan manusia. Jaringan wireless lebih bersifat , memungkinkan Anda mengakses resource dari mana saja dan dapat dilakukan secara berpindah-pindah, sehingga terhindar dari masalah yang ditimbulkan kabel.[3] Perangkat Wifi sekarang juga sudah relatif murah dan cepat, sehingga bisa mengimbangi atau menyaingi kemampuan teknologi kabel.

Saat ini, sudah ada banyak perusahaan yang menawarkan paket Wifi untuk penggunaan di rumah maupun kantor, salah satunya PT Telkom Indonesia. Awalnya, paket internet atau Wifi Telkom dinamakan Speedy, menggunakan jaringan fiber optik sampai ke rumah atau fiber to the home (FTTH). Namun, sejak tahun 2015, layanan tersebut ditutup dan digantikan oleh IndiHome. Selain menyediakan layanan internet melalui jaringan FTTH, IndiHome juga menyediakan layanan IPTV dan menyatukan saluran telepon melalui perangkatnya.

Dilansir dari situs resminya, untuk paket reguler, IndiHome saat ini setidaknya menyediakan tiga paket, yakni Paket 3P, Paket 2P, Paket 1P, dan Paket Gamer. Paket 3P adalah layanan internet plus TV dan telepon, Paket 2P adalah layanan internet plus TV atau internet dan phone, sedangkan layanan 1P cuma menyediakan paket internet. Berikut info terbaru tarif atau biaya langganan paket IndiHome saat ini.

Ilustrasi: Aktivitas di Gerai Indihome (credit: Kompas)
Ilustrasi: Aktivitas di Gerai Indihome (credit: Kompas)

Biaya Paket IndiHome

PaketBiaya
Paket 3P 30 MbpsRp385.000 per
Paket 3P 50 MbpsRp615.000 per bulan
Paket 3P 100 MbpsRp965.000 per bulan
Paket 2P (Internet + TV) 30 MbpsRp370.000 per bulan
Paket 2P (Internet + TV) 50 MbpsRp595.000 per bulan
Paket 2P (Internet + TV) 100 MbpsRp945.000 per bulan
Paket 2P (Internet + Phone) 20 MbpsRp275.000 per bulan
Paket 2P (Internet + Phone) 30 MbpsRp315.000 per bulan
Paket 2P (Internet + Phone) 50 MbpsRp445.000 per bulan
Paket 2P (Internet + Phone) 100 MbpsRp795.000 per bulan
Paket 1 P 30 MbpsRp330.000 per bulan
Paket 1P 50 MbpsRp470.000 per bulan
Paket Gamer 30 MbpsRp375.000 per bulan
Paket Gamer 50 MbpsRp545.000 per bulan
Paket Gamer 100 MbpsRp895.000 per bulan

Daftar biaya berlangganan paket IndiHome di atas kami rangkum langsung dari resminya. Jika dibandingkan ketentuan sebelumnya, harga paket berlangganan IndiHome saat ini terpantau fluktuatif. Harga Paket 3P 30 Mbps misalnya, awalnya Rp450 ribu per bulan dan sekarang turun menjadi Rp385 ribu per bulan. Sebaliknya, biaya langganan Paket 3P 50 Mbps naik dari Rp590 ribu menjadi Rp615 ribu per bulan.

Pasang & Berlangganan Internet Unlimited - (Karya: ilkercelik)
Pasang & Berlangganan Internet Unlimited – (Karya: ilkercelik)

Cara daftar IndiHome pun cukup mudah, karena Anda bisa melakukan pendaftaran secara maupun offline. Untuk metode online, Anda bisa langsung mengakses situs resmi IndiHome. Sementara itu, untuk metode offline, Anda tinggal datang ke Plasa Telkom terdekat, kemudian mengisi formulir di counter yang telah disediakan dengan data yang lengkap. Biaya pemasangan layanan ini sekarang sebesar Rp500.000 sebelum PPN.

(Panca)

[1] Setiyani, Rediana. 2010. Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, Vol. V(2): 117-133.

[2] Karim, Rahmatia, Stevi S. Sumendap, F .V .I. A Koagouw. . Pentingnya Penggunaan Jaringan Wi-Fi dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Pemustaka pada Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tidore Kepulauan. E-Journal Acta Diurna, Vol. V(2).

[3] Arifin, Z. 2008. Sistem Pengamanan Wireless LAN Berbasis pada Protokol 802.IX & Sertifikat. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

22 Komentar

    1. Silakan hubungi telkom melalui nomor telepon 147 untuk mengajukan aplikasi pemasangan baru dan informasi terbaru.

  1. Cara bayar Perbulanya gimana??
    Dan jika saya sudah pasang wifi speedynya apa saya harus beli paketannya ??apa udah ada dari sananya paketannya ???

  2. tolong di jawab perlu . nomer telepon telkom yang 147 tidak bisa di telpon mohon di kasih tau nomer telepon yang asli

    1. bila menghubungi melalui ponsel, dahului dengan kode area setempat – misalnya 021147

  3. Knapa beberapa hari ini speedy gak connect ya ? Coba hubungi telkom di suruh ke 147 hubungi 147 sibuk nya luar biasa

  4. Mbak/mas saya mau pasang wifi & mau buka warkop.
    Tpi bisa gak ya untuk daerah rumah saya di lumajang candipuro desa wonosari ( desa saya plosok mbak.
    Mohon untuk infonya.

  5. Saya di pulau MENGARE Gresik mau pasang Indihome apakah bisa, sedangkan di daerah saya belum ada jaringan kabel optik..