Info Terbaru Pengertian dan Contoh Penghitungan Biaya Peluang

Masalah yang dihadapi oleh manusia mendorong mereka untuk selalu bersikap rasional dalam menentukan berbagai pilihan, agar sumber daya yang dimilikinya dapat digunakan untuk memuaskan kebutuhan hidup dengan semaksimal mungkin. Atas dasar tersebut, muncul istilah peluang (opportunity ).

Pengertian Biaya Peluang

Untuk pengertian biaya peluang, terdapat beberapa pendapat. Menurut N. Gregory Mankiw, biaya peluang adalah segala sesuatu yang harus Anda korbankan untuk memperoleh sesuatu. Dalam hal ini, biaya peluang harus memperhitungkan biaya nyata-nyata yang Anda korbankan dan biaya tidak nyata yang dikorbankan.

ekonomi, perusahaan, masyarakat, biaya, peluang, ciri, penghitungan, pilihan, faktor, kombinasi, istilah, opportunity, cost, uang, jumlah, alternatif, sumber, daya, opsi, sesuatu, korbankan

Update Biaya Peluang: Pengertian, Ciri, dan Cara Menghitung (investor.bg)

Sementara, menurut Robert B. Ekelund, Jr. dan Robert D. Tollison, biaya peluang adalah biaya dari penggunaan sumber daya ekonomi untuk tujuan tertentu, yang diukur dalam yang tidak jadi didapat karena tidak memilih alternatif itu dibandingkan dengan yang didapat sebagai gantinya karena memilih suatu alternatif.

Berdasarkan pendapat-pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa biaya peluang adalah biaya yang dikeluarkan ketika memilih suatu kegiatan. Biaya peluang juga dapat diartikan sebagai biaya yang dikorbankan untuk menggunakan sumber daya bagi tujuan tertentu, yang diukur dengan manfaat yang dilepasnya karena tidak digunakan untuk tujuan lain. Dengan kata lain, biaya peluang adalah biaya yang dikorbankan untuk tujuan yang ditargetkan

Biaya peluang muncul karena adanya pilihan-pilihan yang dilakukan individu, , dan masyarakat akan kelangkaan yang dihadapi. Seperti diketahui, sumber daya ekonomi yang tersedia sangat terbatas sehingga mendorong manusia untuk melakukan pilihan dalam hidupnya. Biaya peluang ini sendiri berbeda dengan biaya sehari-hari, karena muncul dari kegiatan alternatif yang tidak bisa dilakukan.

Ada sejumlah faktor yang memengaruhi besaran biaya peluang seseorang. Pertama, apa yang dikorbankan demi mendapatkan suatu pilihan yang diambil. Kedua, bagaimana seseorang bisa menentukan pilihannya dan menolak pilihan yang lain. Ketiga, untuk siapa pilihan itu diambil dan bagaimana efeknya untuk orang lain.

Ciri Biaya Peluang

  • Perhitungan yang tidak selalu berhubungan dengan uang.
  • Memiliki banyak kemungkinan penggunaan.
  • Pengambilan kebutuhan biaya peluang tergantung pada tujuan dan situasi individu.

Sebagai contoh, ketika seseorang dihadapkan pada pilihan membeli sebuah TV atau berlibur ke Bali. Jika ia memilih membeli TV, maka kesempatannya untuk berlibur ke Bali hilang, begitu pula sebaliknya. Karena itu, dalam biaya peluang, yang perlu lebih dipikirkan adalah seberapa manfaat yang bisa diambil ketika Anda memutuskan untuk menentukan suatu alternatif pilihan.

Ada beragam contoh untuk menghitung biaya peluang. Misalnya, A memiliki uang sebesar Rp150.000. Ia lantas ingin membeli kaos dan kemeja. Jika kaos per potong adalah Rp25.000, sedangkan kemeja per potong sebesar Rp50.000, maka ada beberapa opsi dari kombinasi pembelian kaos dan kemeja tersebut.

Penghitungan Biaya Peluang - www.azernews.az

Penghitungan Biaya Peluang - www.azernews.az

Penghitungan Biaya Peluang

KombinasiJumlah KausJumlah KemejaUang yang Dikeluarkan
A13Rp175.000
B12Rp125.000
C22Rp150.000
D31Rp125.000
E41Rp150.000
F6-Rp150.000

Kombinasi A tidak dipilih Rini, karena uangnya tidak cukup. Seandainya Rini memilih kombinasi A, ia harus menambah Rp25.000. Pada kombinasi B, ia mendapatkan 1 kemeja dan 2 kaos, tetapi uangnya masih lebih. Sementara, pada kombinasi C, ia mendapat 2 kemeja dan 2 kaos. Karena ingin mendapat kaus lebih banyak dan memaksimalkan uangnya, Rini memutuskan memilih kombinasi E, karena ia akan mendapatkan 2 tambahan kaos dengan mengorbankan 1 kemeja.

Contoh lainnya, B lulusan perguruan tinggi dan ia ingin mencari pekerjaan. Ia diwawancarai di beberapa tempat, yakni di perusahaan motor dengan gaji Rp3.000.000 per bulan dan perusahaan elektronik dengan bayaran Rp2.250.000 per bulan. Jika B memutuskan bekerja di perusahaan elektronik, maka biaya peluangnya sebesar Rp3.000.000.

(Panca)

Baca juga  Harga Timbangan Gantung 100 Kg (Analog dan Digital)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Pengertian dan Contoh Penghitungan Biaya Peluang"