Update Biaya Pasang Jaringan Wifi.id

Di era yang serba digital ini, internet seolah telah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama di lingkungan perkotaan. Untuk memenuhi kebutuhan internet, selain dengan paket kuota, para konsumen juga kerap memanfaatkan jaringan wireless atau Wi-Fi. Nah, untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut, PT Telkom pun telah meluncurkan jaringan Wifi.id dengan pemasangan mulai ratusan ribu rupiah untuk akses point saja.

Ilustrasi: pengguna internet di area publik
Ilustrasi: pengguna internet di area publik

Seperti yang kita ketahui, selain pangan, sandang, dan papan, internet saat ini telah menjadi kebutuhan utama banyak orang. Pasalnya, internet memang memberikan banyak keuntungan untuk hampir semua bidang, termasuk bisnis, akademis (pendidikan), pemerintahan, organisasi, dan lain sebagainya. Beberapa manfaat yang diperoleh dari penggunaan internet ini antara lain komunikasi interaktif, akses ke pakar, akses ke perpustakaan, membantu penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, pertukaran data, hingga kolaborasi.[1]

Bacaan Lainnya

Jika dulunya sambungan internet harus menggunakan kabel telepon dan kabel LAN, saat ini untuk mengakses internet sudah bisa memakai teknologi Wireless Fidelity atau biasa disingkat Wi-Fi. Wi-Fi adalah media penghantar komunikasi data tanpa kabel yang bisa digunakan untuk komunikasi atau mentransfer program dan data dengan kemampuan yang diklaim sangat cepat.[2]

Review Wifi.id

Saat ini, sudah banyak perusahaan yang menyediakan jaringan Wi-Fi untuk kebutuhan berselancar di internet, baik untuk kebutuhan rumah, kantor, tempat publik, maupun sekolah. Nah, salah satu yang cukup populer adalah jaringan Wifi.id.  Jaringan Wifi.id sendiri merupakan jaringan internet publik yang berbasis wireless atau hotspot yang disediakan oleh Telkom Group atau operator yang bekerja sama dengan PT Telkom. Dengan dukungan infrastruktur jaringan PT Telkom, jaringan Wifi.id telah tersebar di seluruh wilayah dan memiliki akses terluas, setidaknya hingga detik ini.

Baca juga  Info Tarif Nelpon dan SMS Indosat Ooredoo Hutchison Terkini

Ada beberapa produk @Wifi.id yang disediakan oleh PT Telkom. Wifi.id Basic misalnya, adalah suatu layanan yang menyediakan akses internet melalui akses point dan venue owner atau pelanggan tidak dikenai berlangganan atas layanan Wi-Fi Telkom tersebut. Untuk mengakses layanan Wifi.id Basic ini, pelanggan dapat menggunakan berbagai alat bayar.

Kemudian, ada juga Wifi.id Manage Service, yang merupakan layanan dengan menyediakan akses poin dan layanan konektivitas internet dan VAS/content sebagai satu bundle yang dibayar secara periode tertentu oleh owner atau pelanggan tanpa perlu mereka sendiri melakukan investasi perangkat Wi-Fi. Layanan ini sendiri hadir dalam tiga paket yang berbeda, yaitu Paket Silver, Paket Gold, dan Paket Platinum.

Produk lainnya adalah Wifi.id Seamless, yang merupakan layanan khusus bagi pelanggan agar bisa terkoneksi secara otomatis dengan akses internet Wi-Fi ke jaringan @Wifi.id di seluruh Indonesia. Setelah registrasi dan menerima username dan password melalui email dan SMS, pelanggan hanya perlu melakukan LOGIN satu kali di awal. Dengan menggunakan username dan password tersebut, lalu akan tersambung secara otomatis ketika gadget menemukan jaringan @Wifi.id.

Baca juga  Keunggulan dan Update Tarif Pos Express Domestik

Di samping itu, ada juga Flashzone Seamless, yang merupakan layanan Wi-Fi dari Telkomsel yang memudahkan pelanggan untuk terkoneksi dengan mudah dan seamless ketika berada di jaringan ini. Flashzone Seamless merupakan layanan yang memungkinkan pelanggan melakukan perpindahan koneksi jaringan dari 2G/3G ke Wi-Fi secara otomatis (auto connect) untuk memperoleh akses data dengan kecepatan tinggi tanpa perlu memasukkan username dan password.

Lalu, ada pula Wi-Fi Corner, yang merupakan fasilitas publik inovasi dari Telkom berupa tempat yang menyediakan akses internet dengan kecepatan tinggi up to 100 Mbps. Terakhir, ada IndiSchool (kependekan dari Digital School), yang merupakan layanan akses Wi-Fi di lokasi zona edukasi sebagai bagian dari layanan @Wifi.id. Program ini disesuaikan untuk mendapatkan akses internet cepat dan khusus anak sekolah dan guru.

Jaringan Wifi.id hingga artikel ini dicetak masih diperuntukkan di area publik, termasuk usaha milik masyarakat seperti restoran atau warung, dan bukan untuk konsumsi pribadi. Berikut rincian pemasangan layanan Wifi Station, yakni layanan internet Wifi dedicated dengan value added service untuk para pelaku bisnis, yang diselenggarakan oleh Telkom dengan skema berlangganan secara tetap.

Ilustrasi: router wifi (sumber: allconnect.com)
Ilustrasi: router wifi (sumber: allconnect.com)

Biaya Wifi.id

Paket Keterangan
Silver Pasang : Rp500.000 Speed 20 Mbps
Langganan : Rp470.000
Gold Pasang : Rp500.000 Speed 50 Mbps
Langganan : Rp950.000
Platinum Pasang : Rp500.000 Speed 100 Mbps
Langganan : Rp1.500.000
Baca juga  Cara Registrasi dan Update Harga Paket Internet AXIS

pemasangan Wifi.id di atas kami kutip dari salah satu penyedia layanan Wifi.id dan masih relatif sama dari tahun sebelumnya. Terkadang, pihak provider juga menawarkan harga promo untuk menarik lebih banyak pelanggan. Tahun lalu misalnya, ada diskon biaya berlangganan untuk Paket Silver dari Rp470 ribu menjadi Rp329 ribu per bulan, Paket Gold dari Rp950 ribu menjadi Rp665 ribu per bulan, dan paket Platinum dari Rp1,5 juta menjadi Rp1,05 juta per bulan.

Harga Wifi.id Managed Service

Pilihan Paket Harga
WMS 20 Mbps Rp470.000
WMS 50 Mbps Rp950.000
WMS 100 Mbps Rp1.500.000

Harga paket Wifi.id Managed Service di atas kami rangkum dari salah satu penyedia layanan Wifi.id. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, harganya sebenarnya relatif stabil. Paket 20 Mbps misalnya, semula ditawarkan Rp450 ribu dan sekarang sedikit naik menjadi Rp470 ribuan. Namun, harga tersebut belum termasuk biaya administrasi atau registrasi sebesar Rp50.000 (dibayar pada bulan yang akan datang). Jika memerlukan info lebih detail, Anda bisa menghubungi langsung Plasa Telkom atau kontak 147.

[1] Setiyani, Rediana. 2010. Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, Vol. V(2): 117-133.

[2] Karim, Rahmatia, Stevi S. Sumendap, F .V .I. A Koagouw. 2016. Pentingnya Penggunaan Jaringan Wi-Fi dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Pemustaka pada Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tidore Kepulauan. E-Journal Acta Diurna, Vol. V(2).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

1 Komentar