Update Biaya Operasi Cabut Gigi Bungsu (Odontectomy) di Rumah Sakit

Selain berlubang, rupanya ada banyak permasalahan yang mungkin dialami oleh sepanjang hidup Anda. Jika Anda kini sudah mulai menginjak umur 18 tahun, maka Anda harus bersiap-siap untuk menghadapi nyeri ketika tumbuh. Beberapa orang ada yang beruntung karena mereka tumbuh secara alami dan tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, beberapa yang lain harus sedikit sengsara lantaran pertumbuhan mereka menimbulkan nyeri yang cukup mengganggu.

Ilustrasi: prosedur operasi gigi bungsu

Ilustrasi: prosedur operasi gigi bungsu

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan gigi bungsu? Gigi bungsu alias Impacted Teeth merupakan sebutan untuk gigi geraham ketiga yang tumbuh usai seluruh gigi orang dewasa terbentuk secara sempurna. Karena itu, gigi ini dijuluki gigi bungsu karena tumbuhnya memang paling terakhir dari sekian gigi yang menghiasi rongga mulut Anda. Gigi bungsu umumnya tumbuh ketika seseorang menginjak usia antara 18 tahun sampai 30 tahun. Namun, bila pada rentang umur tersebut gigi geraham bungsu Anda tidak juga tumbuh, maka biasanya gigi geraham bungsu tersebut memang tidak akan pernah muncul.

Karena munculnya paling terakhir, pertumbuhan gigi bungsu seringkali kurang sempurna dan menimbulkan berbagai permasalahan pada seseorang. Gigi bungsu pada beberapa orang ada yang tumbuh dan mendesak ruang gigi lainnya sehingga menimbulkan rasa nyeri pada gusi, bahkan menyebabkan gusi bengkak. Ada pula yang tumbuh dalam posisi tertidur sehingga sulit untuk muncul ke permukaan. Jika mengalami masalah dengan gigi geraham bungsu, biasanya seseorang akan dianjurkan untuk melakukan tindakan operasi alias pencabutan gigi bungsu (odontectomy).

Odontectomy atau operasi gigi bungsu adalah suatu tindakan bedah sederhana yang dilakukan untuk mengeluarkan gigi bungsu yang impaksi (tumbuh pada posisi yang tidak tepat). Kriteria gigi bungsu yang termasuk impaksi adalah gigi bungsu yang tidak dapat keluar sama sekali atau tidak dapat keluar secara sempurna pada rongga mulut. Impaksi pada gigi bungsu umumnya disebabkan posisi gigi dan ruang pada lengkung rahang tidak memenuhi agar gigi bungsu tersebut bisa tumbuh secara sempurna.

Namun, jangan khawatir, sebab tidak semua gigi geraham bungsu perlu dicabut. Jika gigi bungsu Anda tumbuh lurus sempurna dan tidak mengganggu gigi yang berada di dekatnya, maka gigi bungsu tersebut tidak perlu dicabut. Ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda untuk mencabut gigi bungsu, antara lain bila gigi bungsu Anda hanya muncul sebagian, tidak ada gigi lawan, bila posisi gigi bungsu Anda miring, serta bila posisi gigi bungsu Anda terlalu di belakang dan menyulitkan Anda untuk menyikat gigi.

Lalu, berapa yang harus dikeluarkan untuk operasi pencabutan gigi geraham bungsu? Rupanya, operasi gigi bungsu memang menghabiskan yang cukup mahal. Untuk operasinya saja, berkisar mulai Rp1,8 jutaan hingga Rp3 jutaan per satu gigi, tergantung dari tingkat kesulitannya. Jika semakin sulit posisi gigi geraham bungsu Anda, maka yang dibutuhkan untuk operasi pencabutan gigi bungsu pun bisa lebih mahal. tersebut masih belum termasuk foto rontgen panoramic yang berkisar sekitar Rp150 ribuan dan juga untuk menebus obat yang bisa mencapai Rp250 ribuan.

Biaya Operasi Cabut Gigi Bungsu (Odontectomy)

Odontectomy, operasi, biaya, cabut, geraham, bungsu, rumah sakit, pemerintah, dokter, nyeri, sakit, rahang, demam, konsultasi, rontgen, panoramic, spesialis

ahli melaksanakan operasi

Jenis Tindakan OperasiKisaran Biaya (Rp)
Odontectomy Kelas I (Ringan)1.800.000
Odontectomy Kelas II (Sedang)2.550.000
Odontectomy Kelas III (Berat)3.050.000 – 5.000.000

Biaya operasi gigi geraham bungsu memang bisa sangat bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing atau klinik yang bersangkutan. Menurut Peraturan Daerah Kabupaten Bogor Tahun 2016 tentang Tarif Pelayanan Kesehatan Kelas III pada Umum Daerah di Kabupaten Bogor, biaya operasi odontectomy kelas I sebesar Rp500.000, kelas II sebesar Rp750.000, dan kelas III sebesar Rp1.000.000, sudah termasuk jasa sarana dan jasa pelayanan. Sementara, bagi para peserta BPJS, biaya operasi ini bisa menjadi gratis.

Apabila Anda memiliki masalah dengan gigi geraham bungsu, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan, di antaranya:

  • Memeriksakan gigi ke terdekat untuk mengetahui penyebab gigi geraham bungsu Anda terasa nyeri. Biasanya, saat kontrol pertama kali, Anda akan diberi resep obat yang perlu diminum sebelum Anda menjalani operasi.
  • Biasanya dokter gigi juga akan merekomendasikan Anda untuk melakukan foto rontgen panoramic sebelum melakukan pembedahan.
  • Apabila Anda mempunyai riwayat seperti sakit jantung, diabetes, kelainan darah, hepatitis, dan sebagainya, maka Anda juga akan dirujuk ke dokter spesialis bersangkutan untuk mempersiapkan kondisi Anda sebelum operasi dilakukan.
  • Buat janji dengan dokter gigi spesialis bedah mulut untuk menjalani tindakan operasi gigi bungsu.
  • Saat jadwal operasi tiba, jangan lupa membawa foto rontgen panoramic serta makan dan istirahat yang cukup sebelum operasi. Pasalnya, setelah operasi dilangsungkan, Anda tidak diizinkan makan selama beberapa jam.
  • Kontrol setelah operasi dan membuka benang jahitan biasanya dilakukan seminggu usai operasi.

Setelah menjalani operasi gigi bungsu, umumnya pipi Anda akan terlihat membengkak lantaran mengalami inflamasi. Biasanya, pembengkakan ini disertai dengan demam serta kemerahan pada area rahang dan pipi. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir, sebab efek samping dari operasi pencabutan gigi geraham bungsu ini ternyata hanya berlangsung selama 4 hari dan akan perlahan-lahan menghilang setelah menginjak kurun waktu 1 minggu. Apabila Anda masih mengalami perdarahan usai 24 jam setelah operasi atau bengkak tidak kunjung hilang setelah 1 minggu, maka sebaiknya Anda kembali berkonsultasi ke dokter gigi.

[Update: Dian]

Baca juga  Daftar Harga Obat Simvastatin dalam Berbagai Merek Dagang
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Biaya Operasi Cabut Gigi Bungsu (Odontectomy) di Rumah Sakit"