Info Terbaru Biaya Membersihkan Telinga ke Dokter Spesialis THT

Telinga termasuk organ paling penting yang dimiliki manusia. Dengan telinga, kita semua dapat mendengarkan suara hingga lantunan lagu-lagu yang indah. Sayangnya, seiring berjalannya waktu lapisan saluran telinga akan menghasilkan kotoran secara alami yang disebut serumen.

Ilustrasi: dokter spesialis THT membersihkan telinga

Ilustrasi: dokter spesialis THT membersihkan telinga

Kotoran telinga itu pada dasarnya berfungsi untuk melindungi telinga dari sekaligus menangkap dan membersihkan kotoran yang masuk. Jika jumlah kotoran telinga Anda masih dalam taraf normal pastinya tak akan menimbulkan masalah. Bahkan jika telinga Anda sehat biasanya Anda justru akan hampir lupa jika memiliki telinga.

Namun, jika Anda mulai sering mengalami yang memicu Anda untuk mengorek telinga, maka sudah dapat dipastikan jika telinga Anda bermasalah. Sebagian besar orang biasanya akan menggunakan cotton bud membersihkan telinga bagian dalam. Padahal cotton bud tersebut justru akan menimbulkan lecet pada bagian dalam telinga dan juga mendorong kotoran telinga menjadi semakin masuk ke dalam.

Menggunakan cotton bud sendiri sebenarnya tidak dilarang. Namun cotton bud bukan untuk digunakan membersihkan bagian dalam telinga, melainkan hanya untuk membersihkan lipatan luar telinga. Bahkan jika Anda mendorong bagian dalam telinga terlalu keras dengan cotton bud akan berpotensi untuk merusak gendang telinga.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan telinga sendiri di rumah, yakni dengan membiarkan air hangat masuk ke telinga ketika mandi, kemudian miringkan kepala untuk membuang airnya. Namun bila kotoran telinga Anda tergolong kering terutama keras, maka gunakanlah earwax remover. ini dapat membantu untuk melunakkan kotoran telinga supaya lebih gampang untuk dibersihkan.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba memiringkan kepala ke satu sisi ketika mandi dan meneteskan sedikit mineral atau baby oil ke dalam telinga, kemudian tunggu selama 1-2 detik untuk melarutkan kotoran. Setelah itu Anda dapat memiringkan kepala ke sisi sebaliknya agar kotoran bisa keluar dari telinga.

Membersihkan Telinga ke Dokter Spesialis THT - sisli.bel.tr

Membersihkan Telinga ke Dokter Spesialis THT - sisli.bel.t

Namun bila semua cara itu tidak membantu, maka jalan terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan pergi ke dokter spesialis THT. Sang dokter THT dapat membantu Anda untuk membersihkan kotoran yang bersarang dalam telinga Anda. Cara satu ini lebih aman dan direkomendasikan karena telinga Anda memperoleh penanganan langsung dari ahlinya serta meminimalisir terjadinya infeksi.

atau untuk membersihkan telinga di dokter spesialis THT ini pun sangat bervariasi. Sebagai rekomendasi, di (RS) Al Islam Bandung dikenai biaya sekitar Rp88.500, untuk membersihkan kotoran telinga, naik dari tahun 2019 lalu sebesar Rp75 ribu. Sedangkan biaya pendaftaran dan konsultasi di klinik THT dikenai Rp155 ribu (sebelumnya Rp130 ribuan), jadi total biaya yang Anda keluarkan untuk membersihkan kotoran telinga di RS Al Islam berkisar Rp243 ribuan.

Lalu di RSUD Pasar Minggu biayanya berkisar Rp100 ribuan. Ada pula yang menyebutkan di RS THT Prof. Nizar kawasan Gambir, Jakarta Pusat biaya prosedur membersihkan kotoran telinga bisa mencapai lebih dari Rp500 ribuan per . Di Siloam Hospitals antara Rp122 ribuan hingga Rp250 ribuan. Sementara itu di RS Khusus THT Ciranjang total biayanya cukup mahal, bisa mencapai Rp655 ribu. Jika ingin lebih murah, Anda juga bisa membersihkan telinga ke Puskesmas terdekat.

[Update: Dian]

Baca juga  Kandungan & Harga Terbaru Obat Ultrasiline Salep
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Biaya Membersihkan Telinga ke Dokter Spesialis THT"