Harga Traktor Mini Kubota (Semua Varian)

No comment402 views

Traktor untuk membajak sawah umumnya adalah sebuah besar yang digerakkan oleh mesin dan dibekali dengan empat roda, selain ada juga dengan dua roda. Traktor sendiri dapat dibedakan lagi menjadi beberapa tipe berdasarkan tenaga yang dihasilkan, yakni traktor mini, traktor sedang, dan traktor besar. Jika Anda membutuhkan traktor mini, banyak pabrikan yang sudah merilis varian ini, salah satunya Kubota, dengan harga mulai puluhan juta rupiah.

Traktor mini (sumber: ctmltd.co.uk)

Traktor mini (sumber: ctmltd.co.uk)

Dikutip dari Wikipedia, traktor dapat dikatakan sebagai kendaraan yang didesain secara spesifik untuk keperluan traksi tinggi pada kecepatan rendah, atau untuk menarik trailer atau implemen yang digunakan dalam pertanian atau konstruksi. Istilah ini umum digunakan untuk mendefinisikan suatu jenis kendaraan untuk pertanian. Instrumen pertanian umumnya digerakkan dengan menggunakan kendaraan ini, ditarik ataupun didorong, dan menjadi sumber utama mekanisasi pertanian. Istilah umum lainnya, ‘ traktor’, yang mendefinisikan kendaraan truk semi-trailer.

Secara umum, traktor dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu traktor 4 roda dan traktor 2 roda. Selain dari jumlah roda yang digunakan, sistem pengoperasian kedua jenis traktor ini sedikit berbeda, meski sama-sama dipakai untuk mengolah tanah. Berikut penjelasan singkat mengenai kedua jenis traktor tersebut.

Pengertian Traktor 4 Roda

Traktor ini merupakan traktor empat roda dengan daya berkisar 12 hingga 15 HP. Dalam mengoperasikannya atau mengendarai, sama dengan mengendarai mobil yang dilengkapi dengan setir kemudi sebagai pengendali arah dengan operator duduk, berbeda dengan traktor tangan karena operator ikut berjalan dengan memegang handle stang.

Jenis ini memiliki tenaga yang cukup besar sehingga cocok digunakan pada daerah atau area pertanian yang luas, misalnya pada area persawahan. Jika area persawahan yang akan diolah memiliki tanah yang cukup dalam, maka traktor ini bisa memakai roda apung, yang dapat mempermudah pekerjaan karena kemungkinan roda untuk slip sangat sedikit.

Mengoperasikan traktor ini sebenarnya cukup mudah, tetapi memang perlu kehati-hatian. Untuk langkah awal, Anda bisa menyalakan mesin traktor, kemudian posisi gear digeser sedikit lebih besar dari posisi idle dan tuas rem parkir dilepas, lalu menginjak penuh pedal kopling. Tuas persneling cepat lambat dapat dipindah ke posisi ‘cepat’ atau ‘lambat’, sedangkan tuas persneling utama dipindah ke posisi jalan (1, 2, 3, atau R). Pedal kopling utama dilepas pelan-pelan agar traktor tidak meloncat ketika berjalan.

Jika ingin menghentikan traktor, gas dikecilkan pada posisi idle terlebih dahulu untuk mengurangi kecepatan. Setelah itu, Anda bisa menginjak pedal kopling sehingga posisi transmisi terlepas. Kemudian, injak pedal rem dan traktor akan otomatis berhenti. Persneling utama dan persneling ‘cepat lambat’ kemudian dapat dinetralkan.

Pengertian Traktor 2 Roda

Traktor 2 roda (sumber: vidmixz.com)

Traktor 2 roda (sumber: vidmixz.com)

Untuk tipe kedua, biasa disebut dengan traktor tangan atau hand tractor. Jenis ini biasanya memiliki motor satu silinder bertenaga 5 hingga 15 HP, dengan bakar solar (ada juga yang bensin). Motor penggerak dipasang pada kerangka dengan 4 buah baut pengencang. Motor dapat digeser ke arah depan dan belakang untuk memperoleh keseimbangan traktor. Untuk menyalakan traktor ini, digunakan engkol.

Kerangka pada traktor tangan berperan sebagai tempat dudukan motor penggerak, unit transmisi, dan bagian traktor lainnya. Daya pada motor penggerak disalurkan melalui putaran poros engkol ke kopling utama melalui sabuk V. Kopling utama lantas meneruskan daya tersebut ke susunan roda gigi transmisi untuk menggerakkan poros roda dan poros rotary. Di samping untuk menyalurkan daya, unit transmisi juga berfungsi untuk mengatur kecepatan traktor.

Traktor tangan sendiri umumnya digunakan pada lahan yang sempit dan banyak digunakan petani di Indonesia, karena dapat berputar dengan tajam atau lintasan berputar yang sempit jika dibandingkan dengan mini tractor. Traktor tangan dengan daya yang kecil dapat digunakan pada kebun yang kecil (garden traktor), seperti untuk kebun sayuran organik dengan sistem kelambu.

Untuk mengoperasikan traktor tangan, pertama-tama adalah menggeser posisi gear sedikit lebih besar dari posisi idle. Setelah itu, gigi persneling dapat dipindah ke posisi jalan (1, 2, 3 atau R). Untuk menarik implemen, jangan menggunakan gear tinggi agar operator tidak perlu berlari-lari. Sementara, untuk menarik trailer, posisi stang kemudi bisa diturunkan agar tidak terjadi hentakan ke bawah pada saat traktor mulai berjalan.

Selain dari sisi penggunaan roda, traktor juga dapat dibagi lagi menjadi beberapa tipe dilihat dari tenaga yang dihasilkan. Untuk traktor dengan daya kurang dari 25 HP, bisa disebut traktor mini, sedangkan untuk jenis dengan power 25 HP hingga 50 HP bisa dikatakan traktor sedang. Nah, untuk varian dengan tenaga lebih dari 50 HP, merupakan traktor besar.

Traktor Kubota

Di Indonesia, salah satu perusahaan yang fokus untuk memproduksi traktor serta alat-alat pertanian skala berat lainnya adalah Kubota. Ini adalah produsen traktor dan alat berat yang berbasis di Osaka, Jepang. Didirikan pada tahun 1890 silam, salah satu pencapaian terbesar yang telah dilakukan perusahaan ini adalah konstruksi Solar Ark.

Traktor Kubota (sumber: kubota.com)

Traktor Kubota (sumber: kubota.com)

Ada banyak varian traktor yang telah dirilis Kubota dan salah satu tipe yang cukup digemari adalah Kubota L5018. Kendaraan ini diklaim sempurna untuk segala medan, dirancang untuk bekerja di lahan sawah maupun kering, dengan sistem penggerak 4 roda atau 4WD untuk mencegah traktor tenggelam atau selip di sawah. Traktor ini sendiri juga dilengkapi tenaga 50 HP sehingga dikatakan mampu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan ekonomis.

Harga Traktor Mini Kubota

Tipe Traktor KubotaHarga
Kubota KRT 140 (4 Roda)Rp95.000.000
Kubota B2420 (4 Roda)Rp98.000.000
Kubota M9540 (4 Roda)Rp245.000.000
Kubota L3608 (4 Roda)Rp250.000.000
Quick Impala (2 Roda)Rp21.000.000
Quick G1000 Boxer (2 Roda)Rp26.500.000
Quick G3000 ZEVA (2 Roda)Rp27.750.000
Quick Zena (2 Roda)Rp36.500.000

Harga traktor mini Kubota di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online dalam negeri dan luar negeri. Harga traktor mini Kubota tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing . Untuk lebih lengkap, Anda bisa langsung datang mengunjungi peralatan pertanian terdekat di daerah Anda.

Baca juga  Harga Ikan Bandeng per Kg di Pasaran
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Traktor Mini Kubota (Semua Varian)"