Info Terbaru Syarat & Biaya Pesantren Daarul Mughni Al-Maaliki

Pondok Pesantren Daarul Mughni Al-Maaliki merupakan salah satu lembaga pendidikan berbasis Islam yang berlokasi di Desa Cikahuripan, Kabupaten Bogor. Untuk mereka yang ingin melanjutkan pendidikan di tempat ini, pondok pesantren yang sudah dirintis sejak tahun 1999 silam tersebut sekarang menetapkan biaya pendidikan di kisaran Rp750 ribuan per bulan, belum termasuk biaya pendaftaran dan lain-lain.

Pondok Pesantren Daarul Mughni Al-Maaliki (youtube: Daarul Mughni Official)

Pondok Pesantren Daarul Mughni Al-Maaliki (youtube: Daarul Mughni Official)

Profil Pesantren Daarul Mughni Al-Maaliki

Seperti diutarakan sebelumnya, pondok pesantren ini dirintis pada pertengahan Juli 1999 silam dengan membeli tanah seluas kurang lebih 3.000 meter persegi secara tunai, ditambah 7.400 meter persegi secara angsuran. Peletakan batu pertama pembangunan pesantren dimulai setahun kemudian, yang bertujuan mampu menampung santri sebanyak 38 orang. Pada tahun 2008, nama Daarul Mughni kemudian ditambah dengan Al Maaliki oleh Sayyid Abbas bin Alwi Al Maaliki Al Hasani.

Layaknya pondok pesantren modern lainnya, Pesantren Daarul Mughni Al-Maaliki menggunakan sistem pendidikan perpaduan antara pesantren modern dan pesantren tradisional, dengan jenjang pendidikan terpadu selama enam tahun, yaitu tingkatan MTs atau SMPI dan Aliyah atau SMAI dengan ujian negara (terakreditasi). Bahasa Arab dan Inggris menjadi bahasa wajib berkomunikasi antar-santri sehari-hari dan menjadi bahasa pengantar pelajaran agama, kecuali kelas 1 atau santri baru.

Setelah enam bulan atau pertama, santri baru mulai didorong atau dipacu untuk mempraktikkan mufrodat-mufrodat yang telah mereka peroleh di enam bulan pertama. Lalu, setelah genap satu tahun para santri ini di pondok atau lanjut ke jenjang kelas 2, mereka mulai diwajibkan berbicara dengan bahasa resmi dan akan dikenakan sanksi jika melanggar. Selain itu, yang menjadi catatan, santri baru tidak diperbolehkan menggunakan bahasa daerah dalam berkomunikasi.

Selain wajib menggunakan bahasa Arab dan Inggris untuk berkomunikasi, ada kegiatan lain yang harus diikuti oleh para santri. Selepas salah Subuh dan Magrib, para santi wajib melakukan pembacaan rotib Al Athos, Al Hadad, dan lain-lain. Selain itu, setelah salat Magrib sampai menjelang Isya, ada kegiatan tadarus Al Quran bagi seluruh santri dan zikir bersama.

Saat malam Jumat, setelah Magrib, para santri diwajibkan mengikuti pembacaan maulid Nabi Muhammad SAW diiringi hadrah, yang dilanjutkan dengan salah Isya berjamaah. Lalu, setiap Sabtu siang, ada kegiatan muhadoroh 1, yang mencakup latihan pidato dengan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, pramuka, kursus-kursus, dan lain-lain. Sementara, pada Minggu malam, ada pembacaan Surat Yasin, tahlil, dan latihan muhadoroh 2.

Di samping itu, layaknya sekolah konvensional pada umumnya, Pesantren Daarul Mughni Al-Maaliki juga menyelenggarakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler untuk mewadahi minat dan bakat para santri. Kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan di pondok pesantren ini antara lain olahraga (futsal, bola voli, pencak silat), marawis, hadrah, qasidah, jami’atul quro, salawat, tahfidz Al Quran, menjahit, tata boga, pramuka, paskibra, UKS, penyuluhan kesehatan, hingga laptopisasi (untuk MA).

Kegiatan santri Pondok Pesantren Daarul Mughni (sumber: daarulmughni.sch.id)

Kegiatan santri Pondok Pesantren Daarul Mughni (sumber: daarulmughni.sch.id)

Secara umum, biaya pendidikan di Pesantren Daarul Mughni Al-Maaliki terdiri dari biaya formulir pendaftaran dan pengurusan administrasi, uang pangkal, iuran bulanan, peralatan di asrama (ranjang, lemari), uang kaos olahraga, dan buku paket kelas 1 (kecuali LKS dan buku pelajaran umum). Berikut kami sampaikan informasi lengkap biaya studi di pesantren ini untuk tahun ajaran 20/2022.

Biaya Pesantren Daarul Mughni Al-Maaliki 2021/2022

Komponen BiayaBesaran Biaya
Formulir Pendaftaran dan Pengurusan AdministrasiRp2.500.000
Uang PangkalRp2.000.000
Iuran Bulanan (uang sekolah, uang asrama, uang listrik, uang makan)Rp750.000
KasurRp300.000
LemariRp450.000
Uang Kaos OlahragaRp150.000
Buku Paket Kelas 1 (kecuali LSK, kamus, dan Buku Pelajaran Umum)Rp600.000

Sebagai bahan perbandingan, tahun 2019/2020 biaya pendidikan di pondok pesantren ini memang mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Pada tahun akademik sebelumnya (2018/2019), total biaya studi sebesar Rp3,95 jutaan, kemudian pada tahun 2020/2021 total biaya Rp6 jutaan. Besaran biaya masuk pada tahun 2021/2022 ini rupanya masih sama seperti tahun lalu, dengan total biaya masuk Rp6 juta dan biaya bulanan Rp750 ribu.

Jika santri ingin membeli kelengkapan santri seperti buku paket umum, seragam, dan lain-lain, dapat membeli di pondok dengan biaya Rp1,15 juta untuk putra dan Rp1,425 juta (naik dari biaya sebelumnya sebesar Rp1,25 juta) untuk putri.

Syarat Pendaftaran Pesantren Daarul Mughni Al-Maaliki

Pesantren Daarul Mughni Al-Maaliki - Sonygraph

Pesantren Daarul Mughni Al-Maaliki - Sonygraph

  • Melunasi dan mengisi formulir pendaftaran.
  • Menyerahkan fotokopi ijazah SD/MI yang telah dilegalisasi sebanyak 4 lembar.
  • Menyerahkan fotokopi Akta Kelahiran sebanyak 2 lembar.
  • Menyerahkan fotokopi Kartu Keluarga sebanyak 2 lembar.
  • Menyerahkan fotokopi KTP orang tua sebanyak 2 lembar.
  • Menyerahkan fotokopi Kartu NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dari sekolah sebanyak 2 lembar.
  • Menyerahkan fotokopi sertifikat NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) dari sekolah asal.
  • Menyerahkan pasfoto terbaru berwarna ukuran 2 x 3 dan 3 x 4 masing-masing 4 lembar.
  • Melampirkan rapor terakhir, surat pindah dari sekolah asal, dan keterangan kelakuan baik bagi santri pindahan.
  • Berbadan sehat.
  • Sanggup tinggal di asrama dan menaati segala peraturan pondok,
  • Lulus tes membaca Al Quran, menulis Arab dan Latin, serta psikotes dan wawancara.

Jika persyaratan belum dilengkapi, maka calon santri belum bisa mendapatkan nomor urut pendaftaran. Calon santri yang tidak mendapatkan nomor urut, baik karena tidak lulus atau di luar kuota, namun telah membayar uang masuk di bank, maka uang tersebut akan dikembalikan seluruhnya kecuali uang formulir atau administrasi pendaftaran.

Calon santri yang mendapatkan nomor urut masuk, maka dinyatakan resmi atau sah menjadi santri. Untuk dokumen yang lain, seperti fotokopi ijazah, SKHUN, dan rapor diserahkan menyusul ketika kedatangan santri di pesantren. Kuota santri baru di Pesantren Daarul Mughni Al-Maaliki tahun akademik 2021/2022 sebanyak 800 santri, sama seperti kuota tahun 2020/2021.

Jadwal Pendaftaran Pesantren Daarul Mughni Al-Maaliki 2021/2022

Menurut brosur resmi Pondok Pesantren Pendaftaran Daarul Mughni Al-Maaliki, pendaftaran santri baru sudah dibuka pada tanggal 1 Januari 2021. Pendaftaran akan ditutup jika kuota sudah terpenuhi. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, dapat datang langsung ke Kantor Sekretariat Penerimaan Santri Baru di Kampung Cibeber II, Desa Cikahuripan, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor. Selain itu, Anda bisa menghubungi nomor telepon (021) 2921 9666, 2921 9667, atau email di alamat [email protected]

[Update: Dian]

Baca juga  Biaya Kuliah Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) TA 2021/2022
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Syarat & Biaya Pesantren Daarul Mughni Al-Maaliki"