Info Terbaru Biaya Kursus Public Speaking di Indonesia

Kita tentu sudah tidak asing lagi ketika menemui orang dengan kemampuan akademik yang luar biasa. Namun, bagaimana dengan kemampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain? Kenyataannya, masih banyak orang, yang meski punya prestasi akademik di atas rata-rata, tidak memiliki kemampuan berkomunikasi yang mumpuni. Padahal, kemampuan ini sangat penting guna mengeluarkan ide-ide yang terendap di dalam kepala.

Ilustrasi: pembicara di depan publik

Ilustrasi: pembicara di depan publik

Public speaking bisa diterjemahkan sebagai suatu bentuk komunikasi kepada sekelompok orang di depan umum (biasanya dalam bentuk ceramah atau pidato) dengan tujuan memberikan informasi, memengaruhi, atau menghibur. Public speaking ini merupakan  rumpun keluarga ilmu komunikasi yang mencakup kemampuan seseorang untuk dapat berbicara di depan publik, kelompok, maupun perorangan, dengan menggunakan strategi dan teknik yang tepat.

Dalam public speaking, pendengar (audience) lebih sering memperhatikan kepada ekspresi dan bahasa tubuh (55 persen), baru kemudian tekanan suara atau teknik vokal (38 persen), dibandingkan dengan apa yang Anda ucapkan atau verbal yang hanya mencapai 7 persen. Hal ini menunjukkan bagaimana pentingnya cara seorang public speaker dalam menyampaikan ide, meskipun yang akan disampaikan juga sebenarnya tidak kalah pentingnya.

Dengan alasan tersebut, public speaking sebaiknya disampaikan dalam kalimat dan pesan yang terstruktur yang disampaikan dengan metode yang sistematis agar memudahkan para pendengar dalam memahami materi yang disampaikan oleh public speaker. Public speaking pun hendaknya disampaikan dalam bahasa formal yang jelas, meski ada beberapa keadaan yang menuntut public speaking disampaikan dengan bahasa informal.

Saat ini, masih banyak orang yang takut menjadi public speaker atau berbicara di depan umum. Ada banyak alasan mengapa hal ini bisa terjadi. Pertama, karena orang tersebut tidak familiar dengan suatu keadaan atau para pendengar yang bakal dihadapi, yang dapat memicu rasa kurang percaya diri. Selain itu, faktor lain yang menyebabkan orang gugup berbicara di depan orang banyak adalah karena perasaan keterasingan, ketakutan, hingga tidak menguasai materi yang bakal diutarakan.

Kemampuan seseorang dalam melakukan public speaking sebenarnya dapat ditingkatkan melalui latihan di depan banyak orang. Selain bisa dilatih seiring dengan kebiasaan, teknik public speaking juga bisa dipelajari melalui lembaga-lembaga kursus yang kini sudah marak bertebaran di berbagai daerah di Indonesia. Biaya kursusnya bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing lembaga. Berikut beberapa lembaga kursus public speaking di Indonesia dan kisaran biaya kursusnya.

Biaya DJ Arie School

Siswa DJ Arie School (sumber: klikalamat.com)

DJ Arie School (sumber: klikalamat.com)

Lembaga kursus ini pertama kali didirikan pada tahun 2006 lalu di Bandung. Saat ini, public speaking yang diselenggarakan DJ Arie School mencakup radio announcing skill, presentation skill, MC, elevator pitch, TV presenter, hingga voice over-ads. 

DJ Arie School menyediakan beberapa paket reguler dan paket hemat, dengan biaya mulai Rp850 ribuan untuk pilihan IHT, Rp800.000 untuk public speaking class, dan Rp3.500.000 untuk pilihan reguler. Untuk informasi lebih lanjut, dapat melakukan SMS atau WhatsApp di nomor 085860788868 atau 085659707226. 

Biaya Merry Riana School of Public Speaking

Merry Riana School of Public Speaking - lifestyle.liputan6.com

Merry Riana School of Public Speaking - lifestyle.liputan6.com

Lembaga ini didirikan oleh motivator sekaligus pebisnis, Merry Riana. Merry Riana School of Public Speaking memberikan kesempatan kepada anak-anak dan remaja usia 11-19 tahun untuk lebih percaya diri dan mampu berkomunikasi. Biaya untuk mengikuti kursus di lembaga ini dipatok mulai Rp1 jutaan. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi website merryriana.com. 

Biaya Tantowi Yahya Public Speaking School (TYPSS)

Tantowi Yahya, pendiri TYPSS (sumber: swa.co.id)

Tantowi Yahya, pendiri TYPSS (sumber: swa.co.id)

Sesuai namanya, lembaga ini didirikan oleh Tantowi Yahya, seorang pembawa acara terkenal, pernah menjadi anggota parlemen, sekaligus musisi country. Memiliki kantor pusat di Jakarta, TYPSS didukung dengan para pengajar berkualitas dan memiliki kurikulum yang selalu disesuaikan dengan perkembangan zaman. Biaya kursus di tempat ini mulai Rp3.500.000 untuk kelas reguler. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi di nomor 021 5705335 atau mengunjungi website di typss.dev.koumic.com. 

Biaya Colour Models Management Yogyakarta

Colour Model Management Yogyakarta (sumber: deskgram.net)

Colour Model Management Yogyakarta (sumber: deskgram.net)

Colour Models Management selama ini memang dikenal sebagai lembaga informal yang mencetak model . Namun, selain menyelenggarakan kelas modelling, lembaga ini ternyata juga menyediakan kelas public speaking. Untuk bisa mengikuti kelas public speaking di Colour Models Management, calon siswa wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp100.000, sedangkan biaya kursus dipatok Rp2.000.000 untuk 10 kali pertemuan (1 pertemuan berdurasi 90 menit) dengan jam atau waktu yang bisa menyesuaikan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi WA 082137999384. 

Biaya Ganesha Public Speaking

Ganesha Public Speaking (sumber: medium.com)

Ganesha Public Speaking (sumber: medium.com)

Di Ganesha ini, Anda bisa memilih program public speaking, mulai dari Basic Public Speaking 158, Advanced Public Speaking , dan Basic Public Speaking 150. Untuk Kelas Basic, dibanderol biaya Rp2.500.000, dengan promo early bird Rp1.850.000. Lalu, Kelas Advanced dibanderol biaya Rp4.500.000, dengan promo early bird Rp3.500.000. 

Biaya promo tersebut berlaku hingga 2 minggu sebelum training dimulai. Biaya promo bisa dicicil jika bisa diperkirakan lunas dalam waktu 2 minggu sebelum training dimulai. Biaya normal juga bisa dicicil dan siswa masuk kelas. Minimal pembayaran 50 persen, dan sisanya dibayar selambatnya 1 bulan setelah training selesai. 

Biaya Public Speaking Academy

Public Speaking Academy (sumber: publicspeakingbandung.com)

Public Speaking Academy (sumber: publicspeakingbandung.com)

Public Speaking Academy merupakan sekolah Public Speaking yang tersebar di 9 provinsi di Indonesia, antara lain Jakarta, Surabaya, Semarang, Bandung, Yogyakarta, Medan, Manado, Makassar, dan . Founder dari sekolah ini adalah Ongky Hojanto, seorang public speaker berpengalaman kurang lebih 10 tahun yang menangani 7 Kementerian Republik Indonesia (RI) dan puluhan perusahaan nasional dan internasional.

Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftar di Public Speaking Academy, bisa mengikuti Exclusive Workshop Certified Public Speaking (terbatas untuk maksimal 12 orang) selama 2 hari dengan biaya atau harga Rp5.000.000. Untuk 8 orang pendaftar pertama, bisa mendapatkannya dengan harga Rp3.750.000. Anda akan diajarkan teknik mengatasi rasa takut, teknik pembukaan presentasi yang menarik perhatian audiens, dan lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi nomor 081 1344 0909, atau mengunjungi websitenya di publicspeakingacademy.co.id. 

Biaya Public Speaking Semarang

Public Speaking Semarang (sumber: motivator-indonesia.com)

Public Speaking Semarang (sumber: motivator-indonesia.com)

Public Speaking Semarang merupakan tempat bagi Anda yang ingin belajar bagaimana caranya berbicara di depan publik atau audiens. Anda tidak hanya diajari berbicara dalam berpidato, tetapi juga sebagai pembicara profesional. 

Bagi Anda yang tertarik, bisa mengikuti kelas-kelas yang disediakan, mulai dari Executive Class yang dibanderol Rp5.000.000 untuk 12 kali pertemuan, Executive Class 8 kali pertemuan dengan biayaRp 3.500.000, Reguler Class untuk 12 kali pertemuan dengan biaya Rp1.200.000, Reguler Class 8 kali pertemuan dengan biaya Rp850.000, dan 2 hari Workshop Public Speaking dengan biaya mulai dari Rp1.500.000. 

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan jelas, Anda bisa menghubungi di nomor 081 2293 9928 atau bisa dengan mengunjungi website rudysugiono.com. Atau, bagi Anda yang berdomisili di Kota Semarang, bisa mengunjungi kantornya di Jl. MT. Haryono No. 522, Semarang. 

[Update: Galih Conainthata]

Baca juga  Update Biaya Kuliah STIE BI (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Biaya Kursus Public Speaking di Indonesia"