Biaya Ketok Magic, ‘Sihir’ Bodi Mobil Penyok

No comment912 views

Bagi para pemilik roda empat, pasti sudah tidak asing lagi dengan jasa ketok magic. Dengan yang secara keseluruhan lebih murah jika dibandingkan repair resmi milik dealer atau APM (agen pemegang ), ketok magic diklaim dapat membuat mobil yang sudah penyok menjadi ke bentuk semula seperti baru dalam waktu sekejap.

Biaya, ketok magic, jasa, reparasi, mobil, bengkel, APM, merek, kerusakan, resmi, kendaraan, majalah, modern, harga, rusak, panel, kerangka

Bodi penyok menjadi normal kembali (sumber: piercebodyworks.com.au)

Ketok magic sendiri bisa dikatakan sebagai jasa mereparasi plat bodi kendaraan roda empat. Bengkel ini menjadi salah satu solusi termudah dan termurah untuk memperbaiki mobil yang penyok akibat bersenggolan atau mengalami kecelakaan yang parah. Biasanya, hanya membutuhkan waktu dua hingga tiga jam untuk membereskan bodi mobil yang penyok menjadi seperti semula, bergantung tingkat kerusakan.

Selain harga yang cukup bersaing dan ‘keunikan’ cara kerjanya, kata ‘magic’ yang tersemat pada layanan ini pun tidak luput dari perhatian masyarakat awam. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa kata ‘magic’ dicantumkan karena layanan ini menerima bantuan mistis atau gaib dalam mereparasi bodi mobil. yang selalu dikaitkan dengan bilangan ganjil serta proses pengerjaan yang dilakukan di dalam ruangan tertutup juga membuat kesan ‘magic’ semakin terasa.

Ketok magic sendiri sebenarnya hanya berdasarkan kemampuan seseorang untuk memperbaiki bodi mobil yang penyok dengan keahliannya menggunakan alat sederhana. Perkakas seperti palu, lamak, dan teter menjadi senjata andalan dalam ketok magic. Lamak berfungsi sebagai penahan ketukan di bagian dalam atau belakang plat mobil, sedangkan teter berfungsi sebagai penahan ketukan dari depan plat mobil. Pengerjaan ketok magic terdiri dari 22 lamak dalam beragam bentuk yang disesuaikan dengan bentuk bodi mobil, dua buah teter, dan satu palu.

Baca juga  Info Terbaru Biaya Perawatan 3D CNC Clinic

Proses pengerjaan ketok magic juga sangat sederhana. Tidak ada unsur ‘sihir’ sama sekali dalam pengerjaan. Baut-baut, mur, dan bumper yang bermasalah disingkirkan dari kerangka depan mobil. Dengan hati-hati, teknisi akan memulai ‘sihir’ mereka agar kerangka bumper mobil tersebut kembali seperti sedia kala. Dengan senjata palu dan tongkat besi panjang, teknisi akan memukul-mukul ujung tongkat ke titik yang akan diperbaiki.

Jangan berpikir jika yang dipukul dengan palu adalah bagian bodi yang rusak. Ternyata, yang dipukul adalah kerangka tempat bodi yang rusak. Sederhananya, jika bagian mobil yang rusak, maka asumsi pengguna mobil pasti tertuju pada bagian yang penyok. Padahal, justru bagian kerangka yang harus diperbaiki. Bagian bodi yang penyok hanya dilas seperti biasa, didempul, lalu dicat ulang.

Biaya, ketok magic, jasa, reparasi, mobil, bengkel, APM, merek, kerusakan, resmi, kendaraan, majalah, modern, harga, rusak, panel, kerangka

Proses mobil di bengkel (instagram: @automtwo_lampung)

Hingga saat ini, seperti dilansir Good News From Indonesia, para mekanik bengkel ketok magic percaya bahwa kualitas teter dan lamak yang paling baik berasal dari Blitar. Adalah Mbah Tumirin, seorang pandai besi sejak tahun 1979, yang membuat teter dan lamak di dapurnya yang terletak di Nglegok, Blitar. Kunci utama untuk memproduksi lamak dan teter yang berkualitas terletak pada bahan baku dan kerapian bentuk. Bahan baku teter dan lamak produksi Mbah Tumirin terbuat dari besi baja bekas shock breaker , sehingga menghasilkan ‘benda pamungkas’ yang kuat.

Baca juga  Jadwal Pameran (Event/Show) dan Harga Tiket Masuk ICE BSD City Tangerang 2018

Sementara, sebelum istilah ‘ketok magic’ populer, kenteng teter merupakan nama yang lebih dikenal masyarakat untuk menyebut jasa reparasi bodi mobil ini. Keahlian kenteng teter sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Ahmad Kalsan atau biasa dipanggil Mbah Turut oleh warga Desa Bangsri, Blitar. Sebelum menjadi ahli teter, Mbah Turut merupakan tukang patri keliling hingga suatu ketika ia dipercaya oleh seorang pelanggan untuk mereparasi mobilnya yang penyok.

Mbah Turut menerima permintaan pelanggannya dengan syarat untuk ditinggal sendiri di garasi yang tertutup, serta dengan kondisi mobil tertutup dengan terpal. Tidak butuh waktu lama, mobil itu pun selesai diperbaiki dengan kondisi mulus kembali. Dari keberhasilan Mbah Turut, tersebarlah dari desa ke desa keahlian meneter di Blitar. Mbah Turut pun memiliki murid yang membantunya dalam mereparasi kendaraan pelanggannya yang kian hari kian banyak.

Historia melansir dari majalah mobil dan motor M&M No. 15/XVII/Februari 1988, Kusmandi, pria kelahiran Blitar pada tahun 1959, merupakan murid Mbah Turut yang pertama. Ketekunan dan keuletannya saat belajar meneter pada Mbah Turut membuahkan keterampilan yang membawanya melanglang buana ke luar daerah. Di Yogyakarta tempat ia merantau, Kusmandi membuka kenteng teter bersama kawan-kawannya dan menjadi daya tarik warga Gudeg untuk mereparasi bodi mobil yang penyok.

Baca juga  Harga Daun Bungkus Papua Asli

Kehadiran bengkel ketok magic di tengah era modern ini semakin membuatnya berkembang pesat.  Dengan kemampuannya mengembalikan mobil penyok seperti semula, membuat banyak pemilik mobil senang. semacam ini membuat pelanggan tidak beralih ke bengkel modern. Meskipun banyak bengkel-bengkel mobil dengan alat-alat yang lebih modern, tidak membuat bengkel ketok magic sepi. Justru semakin ramai saja, mengingat jumlah mobil setiap hari semakin banyak.

Biaya Ketok Magic

Biaya, ketok magic, jasa, reparasi, mobil, bengkel, APM, merek, kerusakan, resmi, kendaraan, majalah, modern, harga, rusak, panel, kerangka

Ilustrasi: penawaran bengkel ketok magic (sumber: Pinterest)

Lalu, berapa besaran biaya yang harus dibutuhkan ketika pemilik kendaraan ingin memperbaiki bodi mobil yang penyok di jasa ketok magic? Biaya jasa untuk mereparasi bodi mobil di ketok magic bervariasi, tergantung kebijakan masing-masing bengkel dan tingkat kerusakan. Salah satu bengkel ketok magic di Jalan Pramuka, Jakarta mematok biaya sekitar Rp100 ribu sampai Rp500 ribuan per panel, belum termasuk jasa untuk cat ulang.

Biaya ini bisa lebih mahal jika kondisi penyok pada mobil besar dan memerlukan banyak cat. Jika terjadi banyak penyok dan membutuhkan cat ulang di hampir seluruh bodi mobil, pelanggan perlu menyiapkan biaya minimal Rp6 juta sampai Rp7 jutaan. Biaya yang lebih besar diperlukan jika mobil mengalami kecelakaan sampai terguling-guling.

Sementara itu, bengkel ketok magic Turangga di Duren Sawit, Jakarta Timur, mematok biaya perbaikan bodi mobil di angka Rp300 ribu sampai Rp400 ribuan per panel. Jika pelanggan ingin melakukan pengecatan ulang, biayanya bisa membengkak Rp400 ribu sampai Rp600 ribuan per panel, tergantung cat yang digunakan.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Biaya Ketok Magic, ‘Sihir’ Bodi Mobil Penyok"