Info Terkini Biaya Homeschooling di Ganesha Academy

Selain menempuh pendidikan di sekolah formal, masih ada banyak metode pembelajaran lain yang bisa dipilih orang tua untuk anaknya, misalnya parenting ataupun homeschooling. Dua metode belajar tersebut dikatakan legal, sesuai Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003. Nah, salah satu penyedia metode belajar homeschooling yang menawarkan cukup terjangkau adalah Homeschooling Ganesha Academy.

Ilustrasi: Homeschooling (sumber: pexels.com)
Ilustrasi: Homeschooling (sumber: pexels.com)

Homeschooling sendiri merupakan model alternatif belajar selain di sekolah formal. Tidak ada sebuah definisi tunggal mengenai homeschooling. Selain homeschooling, ada lain seperti ‘home education’ atau ‘home-based learning’ yang digunakan untuk maksud yang kurang lebih sama. Beberapa orang juga ada yang menggunakan istilah ‘sekolah rumah’.

Bacaan Lainnya

Meski demikian, jika ditarik menjadi sebuah pengertian umum, homeschooling adalah keputusan sebuah keluarga yang memilih untuk bertanggung jawab sendiri atas pendidikan anak-anak dan mendidik anaknya dengan berbasis rumah. Ketika memilih homeschooling, maka orang tua bertanggung jawab sepenuhnya atas proses pendidikan anak. Sementara, jika menempuh pendidikan sekolah reguler, maka tanggung jawab tersebut didelegasikan kepada guru dan sistem yang diterapkan oleh sekolah.

Baca juga  Jenis Layanan & Update Tarif (Ongkos Kirim) JNE Trucking

Walau orang tua menjadi penanggung jawab utama homeschooling, tetapi pendidikan homeschooling tidak hanya dan tidak harus dilakukan oleh orang tua. Selain dengan mengajar sendiri, orang tua juga dapat mengundang guru privat, mendaftarkan anak pada kursus, melibatkan anak-anak pada proses magang (internship), dan sebagainya.

Saat ini, cukup mudah menemukan lembaga yang menyediakan jasa homeschooling, terutama di kota-kota besar seperti di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, atau Bandung. Nah, lembaga pendidikan yang cukup terkenal dengan program homeschoolingnya adalah Ganesha Academy atau HSGA yang berlokasi di daerah Cikajang, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Lalu, berapa yang harus dikeluarkan apabila orang tua memutuskan untuk sang anak belajar melalui metode homeschooling?

Ilustrasi: homeschooling (sumber: timeslive.co.za)
Ilustrasi: homeschooling (sumber: timeslive.co.za)

Ganesha Academy

Jika dilihat dari website resmi Homeschooling Ganesha Academy (HSGA), memang tidak ada info secara rinci berapa besaran yang dipatok untuk pendidikan homeschooling di sana. Namun, menurut beberapa informasi, biaya homeschooling Ganesha berkisar Rp8 juta hingga Rp10 jutaan untuk uang pangkal, sedangkan uang SPP dipatok sekitar Rp800 ribuan hingga Rp1,3 jutaan per bulan.

Baca juga  Update Biaya Administrasi Transaksi PayPal

Sampai dengan tahun 2022 homeschooling Ganesha tampaknya belum banyak berubah dari tahun 2020 dan 2021. Untuk mendapatkan informasi biaya secara lebih jelas, Anda dapat langsung menghubungi pihak Homeschooling Ganesha. Biaya homeschooling di Ganesha tersebut tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun 2019, biaya menempuh pendidikan di tempat ini berkisar Rp7,5 juta hingga Rp10 jutaan untuk uang pangkal dan SPP Rp1,2 jutaan per bulan.

Sebelum Anda memutuskan memilih metode sekolah ini, sebaiknya terlebih dahulu mengetahui bahwa model pembelajaran homeschooling dinilai mengakomodasi kondisi khusus yang dialami oleh para siswanya. Contohnya siswa yang menderita sakit dan harus dirawat, ataupun ada berbagai masalah tertentu yang membuat anak-anak harus menjalani pendidikan secara homeschooling.

[Update: Dian]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *